Jenis komputer berdasarkan kelas komponen dan penggunaannya untuk berbagai kebutuhan aplikasi baik yang mendasar atau value sampai dengan yang kompleks (Performance) untuk 3D.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Jenis komputer berdasarkan kebutuhan dan penggunaannya.

Jenis komputer berdasarkan kelas komponen & penggunaannya untuk berbagai kebutuhan aplikasi baik yang mendasar / value sampai dengan yang kompleks (Performance) untuk 3D.

Jenis . Performance . Mainstream . Value . Komponen

Dari segi komponen komputer memiliki jenis & variasi yang banyak namun dibawah ini akan di jelaskan lebih spesifik jenis PC berdasarkan penggunaanya, dimana nanti referensi ini juga akan bisa anda gunakan saat anda mungkin akan membeli komputer, sehingga nanti bisa disesuaikan dengan budget & kebutuhan anda.

Berikut jenis & kelas komputer berdasarkan penggunaannya :

Kelas Performance (High End) adalah komputer dengan spesifikasi hardware yang spesial & tergolong tinggi, PC ini memang memiliki performa yg bisa diandalkan. Processor yg digunakan biasanya dari golongan Intel Core, AMD 64 FX maupun X2, biasanya PC ini digunakan untuk jenis aplikasi komputer kelas berat baik dari sisi grafis maupun standar artimatisnya :

  • Streaming Video Editing & Efek Animasi 3D (Professional)

  • Entertaiment Game 3D

  • Programming visual yang membutuhkan script animasi.

  • Pembuatan project maupun aplikasi multimedia (Multimedia Maker)

Kelas Mainstream (Midle End) adalah komputer dengan spesifikasi kelas menengah, komputer ini biasanya menggunakan processor Intel D / 4, AMD Athlon 64, Komputer kelas ini biasanya digunakan untuk jenis aplikasi komputer yg juga versi menengah :

  • Video editing sekedar untuk hoby.

  • Pemrograman GUI database & jaringan PC.

  • Kebutuhan office & spreadsheet kelas menengah, menggunakan formulasi & penggunaan setingkat lebih kompleks dari versi value.

Kelas Value (Low End) adalah komputer dengan komposisi spek paling hemat & hanya standar untuk kebutuhan komputer biasa, PC ini paling dominan menggunakan processor jenis Intel Celeron maupun AMD Sempron, Komputer ini biasanya digunakan untuk :

  • Kebutuhan standar untuk mengetik yg paling umum adalah Ms-Office.

  • Kebutuhan standar untuk perhitungan dasar menggunakan spreadsheet.

  • Pemrograman non GUI seperti DOS, Pascal, Basic, Assembly

Kelas & identifikasi hardware pc dari level & fungsinya diatas bisa menjadi referensi & gambaran spesifik bagaimana perbedaan aplikasi komputer jaman dulu & sekarang yang sudah berkembang pesat & saling melengkapi baik dari sisi perangkat keras & lunaknya.

Inti dari penjelasan diatas adalah jika anda membutuhkan komputer maka beli komponen rakitan maupun unitan yg sudah jadi sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan anda memiliki dana lebih tapi kebutuhan anda hanya untuk kebutuhan dasar office maupun mengetik maka jangan menggunakan komputer mainstream maupun kelas performance, supaya lebih hemat & fitur extra yg ada pada komponen tersebut bisa diganti untuk kebutuhan lainnya. Karena aplikasi yang paling banyak dibutuhkan saat ini & paling dasar biasanya masih pada aplikasi yg memuat aktifitas administrasi office & spreadsheet maupun program-program edukasi yg biasa anda temukan di internet.