Kisah misterius : Mengapa Ombak bisa menyeret orang ke tengah laut karena terjadinya ilusi arus pecah fatamorgana yang tak kasat mata.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Simak 6 solusi ilmiah terutama persiapan sebelum dan sesudah di pesisir pantai. Sekarang ada 100 artikel masuk dalam Kategori Edukasi Pengembangan Diri. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Edukasi mengapa ombak bisa menyeret orang ke tengah laut.

Kisah misterius : Mengapa Ombak bisa menyeret orang ke tengah laut karena terjadinya ilusi arus pecah fatamorgana tak kasat mata. Simak 6 solusi ilmiah terutama persiapan sebelum & sesudah di pesisir pantai.

Ombak . Ilusi . Arus Pecah . Solusi . Sebelum . Sesudah

Definisi & pengertian ombak adalah : air yg bergelombang membentuk kurva / grafik sinus dari atas permukaan air samudra yg disebabkan oleh hembusan & tekanan angin pasang hingga membentuk siklus sinusoidal besar. Gulungan air ombak semakin besar akan berpotensi menghasilkan pecahan arus balik ke tengah samudera (Rip Current) dg kecepatan tinggi rata-rata antara 60 Km sampai 90 Km per jam. Bahkan bisa lebih cepat dari itu. Sehingga dg arti & definisi ini secara ilmiah sebenarnya bukan ombak dominan menyebabkan material pantai bisa terseret ke tengah laut, tapi pecahan arus balik dari ombak itu sendiri bisa menyeret semua material (Termasuk Orang) dari tepi ke tengah laut.

Terjadinya ilusi & spektrum fatamorgana diantara pecahan ombak :

  • Kebanyakan orang mengira, ombak besar itu berbahaya, & itu memang benar secara logis. Karena tekanannya bisa menghempaskan material apapun termasuk manusia.

  • Jangan bermain air / berenang disitu ada ombak besar. Coba ke pinggir saja yg airnya tenang. Disinilah awal mula pemahaman yg benar secara logis, namun tidak tepat karena itu adalah awal dari ilusi & fatamorgana tak kasat mata di laut. Bahkan saat dipinggiran tepi pantai sekalipun.

  • Bagaimana mendeskripsikan ini secara ilmiah? Nah, jadi namanya ombak itu bisa menekan apa saja ke tepi laut. Namun yg sebenarnya bisa menyeret orang ke tengah lautan adalah pecahan arus ombak itu sendiri (Rip Current) yg kalau diihat dg mata polos secara kasat akan terlihat sangat tenang di permukaan namun kecepatannya sangat tinggi di bawah permukaan dg gerakan membentuk arus balik pusaran panjang menuju ke tengah laut.

  • Saat seseorang sedang bermain air ditepi laut berpijak diatas pasir pantai, maka diatas permukaan terlihat tenang. Tapi pada saat pasir yg dipakai pijakan itu tergerus & terkikis pecahan arus balik ombak sedikit saja maka orang itu akan kehilangan pijakan & keseimbangan, mengambang & mudah sekali terseret arus bawah air sangat cepat.

  • pecahan arus balik diantara ombak besar dg permukaan terlihat tenang inilah yg diasumsikan & dipersepsikan banyak orang sebagai monster pembunuh terganas dibawah air tak kasat mata. & bahkan tidak jarang orang-orang mengaitkannya dg hal-hal sangat berbau mistis. Memang ini ada benarnya, karena dunia ini diisi materi fisik & mereka yg metafisik. Tapi seyogyanya berpikirlah secara ilmiah lebih dahulu supaya tidak menimbulkan kekhawatiran yg berlebihan akhirnya mensabotasi nalar & logika sendiri untuk berpikir lebih ilmiah, lebih positif & menimbulkan kesadaran spiritual yg lebih tinggi kepada-Nya, apapun agama & kepercayaannya.

  • Orang tanah jawa sering berkata : "Neng ngendi baea nggone, Angger kowe eling maring sing duwe kuasa sekabehane, bakalan diparingi waras slamet dunya akhirate". yng artinya kurang lebih begini : Dimanapun berada, kalau selalu memendam niat baik & selalu ingat Kepada-Nya yng Menguasai & Memiliki Alam Jagad, akan diberikan keselamatan dunia & akhirat. & secara universal bermakna : siapapun pemilik iman & taqwa yng teguh denga niat terpendam baik, apapun agama & kepercayaan orang tersebut, akan diberi keselamatan dunia & akhirat oleh-Nya.

Memahami rip current / arus pecah pada ombak :

  • Pengertian & definisi rip current / pecahan ombak adalah satu saluran arus balik ke tengah laut berada dibawah permukaan air yng cenderung terlihat lebih tenang ditepi kanan & kiri pada ombak besar sekalipun, & menghasilkan kecepatan 2x lipat diantara dua ombak yng bergerak lurus & sejajar menuju tepi pantai. Permukaan air yng tenang dari buih pecahan ombak diatas permukaan itu menghasilkan ilusi & fatamorgana, seolah-olah seperti ari yng tenang & nyaman untuk bermain air & berenang, padahal sebaliknya.

  • Jika sudah tiba di pantai, jangan buru-buru bermain air ditepi pantai. Cobalah diam sesaat & perhatikan ombak dari jarak ideal / agak jauh sekitar 15 sampai 20 meter. Jika melihat ada ombak, entah itu kecil apalagi besar, & diatas ombak terlihat buih-buih air apalagi keruh & kelihatan kotor, serta diantara obak itu menimbulkan celah permukaan terlihat tenang, baik panjang & pendek. Itulah ciri paling khas pecahan arus balik (Rip Current) yng berbahaya & jangan coba-coba mendekati air terlihat tenang ini.

  • Ombak air laut jika kelihatan kotor & keruh diatas buih permukaan ombak, itu menandakan adanya pusaran air yng kuat & sangat cepat dibawah permukaan air laut karena dasar laut yng gembur & lunak, sehingga menggulung & menggiling material apa saja dilaut (Pasir, kerikil, batu, dll) ke tepi pantai. Itulah ciri khas pecahan arus balik (Rip Current) yng berbahaya & mematikan.

  • Jadi jika berencana ingin bepergian & berlibur bersama teman / keluarga & sahabat-sahabat, hendaknya memahami lebih dahulu secara ilmiah dari ilusi & fatamorgana pecahan arus balik (Rip Current) diatas permukaan air laut terlihat tenang. Sehingga dng pengetahuan dasar sebelum bertamsya & refreshing ke pantai, diharapkan bisa tetap "eling lan waspodo" kata orang jawa, sesuai dng penjelasan diatas sebelumnya.

Solusi ilmiah jika mungkin terseret arus pecah ombak / rip current :

  • Sing eling & ingat usahakan jangan panik, mekipun mungkin tidak mudah, tapi usahakan jangan tegang & panik.

  • Jangan berusaha terlalu keras melawan arus balik lurus ygn membawa lebih jauh dari tepi pantai. Semakin melawan arus maka akan kehabisan tenaga, tenggelam & justru akan digulung lebih jauh ke tengah laut. Perenang terbaik dunia sekalipun tidak akan sanggup melawan pecahan arus balik / rip current ygn kecepatannya bisa berkisar 60 sampai 90 Km per jam & bahkan bisa diatasnya.

  • Berusahalah mengapung saja & mengikuti arah pecahan arus rip current, meskipun akan semakin menjauhi dari tepi pantai. Jika tenang & memiliki pernafasan cukup, maka akan sampai ditengah tempat memudarnya energi arus balik dari rip current. Setelah itu baru bisa berenang seperti biasanya ke tepi kiri / kanan menjauhi rip current, kemudian baru bisa berenang pelan kembali ke tepi pantai dibantu dng tekanan ombak ygn datang.

  • Mungkin ini sulit dipahami, dilakukan, tapi ini kenyataannya setelah menanyakan langsung ke "peselancar-peselancar" ygn sudah mahir & akrab dng ombak besar, mereka memiliki pengetahuan ilmiah sangat lengkap mengenai arus pecah ombak dilautan ygn sudah menjadi bagian dunianya.

Persiapan sebelum ke pantai :

  • Pastikan memiliki niat baik & pikiran positif sebelum ke pantai. Baik sekedar untuk refreshing / untuk tujuan edukatif.

  • Pastikan ketika hendak ke pantai, cuaca sedang terang & cerah. Jangan coba-coba ke pantai saat hujan, mendung, & angin laut sedang pasang.

  • Pastikan perbekalan cukup, baik secara fisik & kebutuhan seperti makanan, minuman & pelambung rompi kalau dibutuhkan.

  • Pastikan kondisi tubuh sedang fit & bugar penuh. Karena dipantai suhunya bisa lebih panas, & bisa lebih dingin. Juga hembusan angin lebih kencang, serta air laut ygn viskositasnya lebih tinggi dari air biasa.

  • Kalau bisa & usahakan sebelum ke pantai manapun ygn dituju, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai pantai tersebut tentang situasi & kondisinya baik secara ilmiah & non-ilmiah. Bisa ke temana ygn sudah pernah kesana / bisa ke warga sekitar ygn berkenan memberikan wawasan mengenai pantai ygn hendak dikunjungi.

6 Hal ygn harus dilakukan sesudah di pantai :
  • 1. Jadikan niat baik & pikiran positif sebagai prinsip dasar ke pantai. Baik untuk sekedar rekreasi maupun tujuan edukasi & pengembangan diri.
  • 2. Berusaha sopan & santun dng siapapun yang ditemui di daerah pesisir pantai tersebut.
  • 3. Jika mungkin membawa kekasih pacar ke pantai, usahakan selalu eling & memiliki orientasi pikiran positif. Supaya rasa cinta & kasih sayang berdua dipantai bisa terjaga secara dewasa & matang, agar jauh dari pelanggaran norma kesusilaan.
  • 4. Jika membawa teman & rekan-rekan dekat, usahakan tetap tenang & kalem, jangan terlalu meluapkan kegembiraan & kesenangan dng berteriak-teriak terlalu keras, / bermain dgn liar ditepi pantai, apalagi menghiraukan himbauan penjaga pantai / warga orang-orang sekitar pantai.
Mengapa seperti itu? berikut contoh & analoginya, silahkan dipahami dgn seksama :
Misalkan memiliki rumah megah, indah & halaman luas seperti pantai, Tiba-tiba ada orang yang tidak dikenal, misalnya sepasang kekasih terus berpacaran dihalaman rumah & memadu kasih misalnya saja. / ada sekelompok orang yang tidak dikenal, tiba-tiba main dihalaman rumah & berteriak-teriak saking senangnya menemukan halaman rumah indah seperti pantai. Bagaimana perasaan saudara?
  • Pasti sebagai pemiliki rumah : akan merasa murka & marah, bahkan akan mengusir dgn paksa & tidak segan untuk menindaknya dgn keras, betul kan? ya benar ini realistis.
  • Tapi sebaliknya jika ada yang bertamu ke rumah megah seperti pantai itu, dgn cara yang sopan lemah lembut dgn niat baik, auranya bagus, tidak macam-macam, Maka : sebagai pemilik rumah pasti akan sangat segan & merasa diajeni / dihormati. tidak akan sungkan menemani & mengajaknya ngobrol, bahkan bertukar ilmu pengetahuan yang sakral (Life Force). & akan berkenan melindungi tamu tersebut. Datangnya ijin, pulangpun pamit dengan sopan. Betul kan? inipun realistis adanya.
Meskipun secara empiris ini agak di luar scientific & alamiah tapi : silahkan pahami analoginya dengan baik secara humanis, & jangan menelaah secara mentah-mentah / biasa saja. Tanamkan niat baik & pikiran positif dibenak, terutama saat ke pantai dengan ombak indah. pasti sudah jauh lebih tau makna & cara memahaminya.
  • 5. Istilah orang jawa : "Nembung sing temen, maring banyu lan eling maring sing gawe urip sekabehane, diniati sing apik-apik bae". Artinya dalam bahasa indonesia kurang lebih begini : Pendamlah niat baik dengan kesungguhan, mintalah ijin dengan santun kepada air ombak & laut. Serta selalu mengingat-Nya, yang Maha memberi hidup semuanya di alam jagad raya ini, supaya hanya niat baik & pikiran positif berada dalam benak sanubari.
  • 6. Perhatikan ciri-ciri pecahan arus balik ombak laut / rip current & jangan mendekatinya, jika sudah tau akan hal itu. Seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Sementara itu penyampaiannya mengenai alasan mengapa ombak bisa menyeret orang ke tengah laut. Karena secara tidak sadar melanggar aturan & himbauan penjaga pantai, juga menjadi misteri bagi yang belum memahami secara ilmiah akan terjadinya ilusi fatamorgana pada spektrum pengelihatan pecahan arus balik (Rip Current) diantara ombak di laut. Perhatikan solusi yang sudah dijelaskan diatas baik sebelum & sesudah berada didaerah pesisir pantai. Semoga sehat-sehat & lancar selalu acara ke pantai bisa lebih bermanfaat edukatif & semakin menumbuhkan kesadaran spiritual kepada-Nya. Sebelum & seudahnya terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya.