Cara kerja teknologi DLNA dan perkembangan perangkat yang sudah support DLNA dengan system koneksi perangkat yang universal dan berlainan jenis.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 22 artikel masuk dalam Kategori Jaringan. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara Kerja Jaringan DLNA dan Perkembangan Perangkat Mobile.

Universal Poin Teknologi Baru DLNA
(Digital Living Network Alliance)

Wifi . Teknologi DLNA . Cara Kerja DLNA . Contoh Perangkat Dengan Teknologi DLNA

Untuk memahami teknologi DLNA secara menyeluruh dengan pemahaman sederhana dan lebih mudah, Maka dalam artikle ini, Akan dijelaskan secara universal poin dari teknologi DLNA (Digital Living Network Aliance)

Sebelum membahas lebih mengenai DLNA, coba anda perhatikan teknologi Wifi. Bagaimana dengan Wifi? Wifi merupakan mediator yang menghubungkan baik secara direct maupun melalui broadband jaringan baik lokal dan public pada perangkat-perangkat berbasis OS Seperti PC/Komputer dan Perangkat Berbasis Firmware seperti (Gadget, Mobile, Hp, Ponsel, Smartphone, IPhone, Etc).

Apa yang ditansmisikan dalam jaringan tersebut? sudah tentu data, Data yang di transmisikan melalaui perangkat satu dengan lainnya dalam scope dan aturan securitas tertentu. Dalam cakupan ini Data itu bisa berupa data statis dan data dinamis. Data statis yang dimaksud seperti Gambar, Image, content, dan lainnya. Sedangkan data dinamis seperti motions image, film, digital photo animations, dan lainnya. Membuat ini semua bisa berhubungan secara Shareable dan Universal.

OK, semoga dengan pemahaman dasar mengenai konsep dasar wifi diatas sudah ada gambaran mengenai bagaimana konektifitas perangkat digital secara Universal.

Bagaimana dengan Teknologi DLNA?

Teknologi DLNA sebenarnya hampir identik dengan frekuensi yang dihasilkan oleh Wifi,Hanya saja perangkat yang dikoneksikan akan lebih banyak dan lebih universal dalam satu broadband MultiMedia. Perangkat yang sudah support Teknologi DLNA akan ditandai dengan brand "DLNA*Certified",

Cara Kerja DLNA : Jika apapun perangkat digital yang dimiliki oleh pengguna sudah mengadopsi dan Certified DLNA, Maka perangkat tersebut akan dapat berhubungan dengan perangkat lainnya Bahkan untuk yang tidak sejenis sekalipun.

Contoh Teknologi DLNA :

  • Misalkan : Anda memiliki perangkat pemutar music digital yang bersertifikasi DLNA (Certified DLNA), Maka anda tidak hanya dapat mendengarkan music / audio yang anda punya pada perangkat pemutar music tersebut, TETAPI juga bisa mentransformasikannya pada Amplifier/Penguat audio dan memutarnya melalui speaker tweeter dan woofer Pada Radius tertentu baik di sekitar anda maupun diluar radius anda, tentunya harus sama-sama tersertifikasi DLNA.

  • Contoh Lain : Anda memiliki Mobil yang anda gunakan untuk berkendara setiap hari, didalam mobil anda, anda menyimpan file-file lagu/audio, Maka anda tidak hanya akan mendengarkannya sendirian saja di mobil anda, TETAPI lebih dari itu jika dalam radius tertentu ada mobil rekan anda misalnya, terdeteksi sudah mendukung teknologi DLNA, maka audio yang anda miliki juga akan bisa ditansfer saat itu juga Ke SPEAKER mobil rekan anda. tentunya DLNA Certified.

  • Contoh Lagi : Anda memiliki IPhone/Smartphone/Lainnya yang berbasis OS Mobile, Anda memiliki vodeo hasil anda bekerja dalam kantor, atau video yang berisi aktifitas penting anda dalam presentasi dikantor, Maka anda bisa memperlihatkan Video anda tersebut langsung pada TV LCD anda dirumah, dan bisa ditansformasikan saat itu juga. Transformasi motions image dari Iphone langsung ke TV LCD.

  • Contoh lagi supaya lebih sederhana lagi : Anda memiliki console game 3D dirumah anda, dan sudah Certified DLNA, dan Anda memiliki Game Favorit Di PC anda, Nah... anda pun bisa mentransfer secara langsung dalam radius dekat langsung ke console game anda, dan memainkannya di TV LCD anda.

Itu adalah gambaran sederhana bagaimana Teknologi DLNA terkoneksi/interkoneksi secara universal, baik pada perangkat digital yang sama maupun perangkat digital yang berbeda asalkan sudah ter Certified DLNA.

Dalam radius dekat Teknologi komunikasi Multi Media DLNA ini, akan mampu berhubungan secara direct / peer-to-peer connections, Sedangkan dalam radius jauh konektifitas DLNA akan membutuhkan Multi Media Service sebagai Repeater, dalam hal ini jaringan broadband multimedia isp yang sudah mendukung teknologi ini.

Teknologi DLNA ini sebenarnya sudah direlease pada perangkat perangkat digital baik berbasis OS, Firmware, BiOS, dll. Tetapi masih pada perangkat-perangkat premium tertentu saja, dan belum diproduksi secara masal, karena memang teknologi ini masih sangat mahal dan saat ini masih diaplikasikan pada segmen corporate premium editions. Semoga saja teknologi DLNA ini bisa diproduksi secara masal dan lebih terjangkau secara umum.

Semoga Artikel singkat dan sederhana ini bisa menambah wawasan mengenai Teknologi Komunikasi DLNA. Terima Kasih atas Kunjungan dan Kepercayaan Anda. Selamat Bekerja dan Beraktifitas.