Cara mengatasi komputer lambat dg ketepatan memilih OS maupun hardware yg digunakan.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Komputer jika sudah lambat kayak keong maka jangan langsung ganti hardware, priksalah dulu kesesuaian hardware & OS yg digunakan. Sehingga tidak boros dana gonta-ganti komputer. Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara mengatasi komputer lambat dg ketepatan memilih OS.

faktor . Hardware . BIOS . OS . inti . Startup . germanium

bila komputer lambat maka jangan langsung upgrade hardware tapi cek dulu software & OS :

Cara Mengatasi Komputer Lambat & Melempem - Selamat sebab ini sudah & bila ini memiliki perangkat berbasis sistem PC seperti komputer, laptop, netbook, notebook & piranti portable maupun mobile lainnya yg kinerjanya terasa lambat bahkan sudah melempem sebelum itu, Maka cara mengatasi komputer melempem (lemot bin lambat kayak keong) ada beberapa hal & faktor yg seharusnya dipahami sejak dini bahkan sebelum memutuskan membeli & menggunakan perangkat digital tersebut. Cara mengatasi komputer lambat kayak keong paling awal dg memperhatikan kondisi beberapa komponen inti antara lain :

Hardware adalah piranti keras yg mendasar sistem operasi & berbagai jenis aplikasi tertanam & bekerja nantinya. Jadi sebab pengaruh komposisi hardware pada kecepatan komputer cukup signifikan, Maka sebelum menggunakan bahkan membelinya, Tentukan spek & komposisi komponen hardware yg benar-benar sesuai dg kebutuhkan, Jangan menggunakan spek terlalu tinggi bila akan menggunakan aplikasi untuk pekerjaan standar, begitu sebaliknya : jangan menggunakan aplikasi yg memuat aritmatik tinggi seperti pemrograman, 3d game, streaming & lainnya pada hardware pemilik akselerasi & frekuensi standar.

Berikutnya adalah BIOS bila paham mengenai versi bios, secara umum gunakan versi yg terbaru, sehingga tak repot mengupdate BIOS kedepannya, sebab di samping High Risk juga tak semua perangkat mengeluarkan file update firmware bios. dg menggunakan versi yg tinggi, Maksudnya adalah akan lebih leluasa mengatur & konfigurasi setiap peripheral dg lebih detail, sebab dalam versi yg tinggi biasanya semua fitur peripheral dasar akan dimunculkan semua dg kategori lebih mudah dipahami, bahkan untuk pengguna yg bukan teknisi sekalipun pasti mengkonfigurasi BIOS agar singkron & linear dng kebutuhan & hardware yng digunakan.

OS (Operating System) berdasarkan teknologi transfer data & sistem alokasi file terdapat jenis 16BIT, 32BIT, 64BIT. Jadi bila mengetahui ini sejak awal, maka akan singkron : bila mau menggunakan OS 32BIT tentunya cukup gunakan processor 32BIT saja, disamping lebih hemat, sumber daya yng dipakai juga lebih sedikit. bila mau, Gunakan OS seperti Windows XP SP-2 keatas, Memang OS ini untuk sekarang sudah terbilang ketinggalan namun sebenarnya hanya tertinggal tampilan & interfacenya saja dng system versi tinggi. OS ini sudah tak diragukan lagi kehandalan & kestabilannya untuk berbnagai jenis aplikasi baik yng standar seperti office & spreadsheet maupun berbasis aritmatik tinggi seperti pemrograman & streaming 3D, program yng tertanam didalamnya juga lebih compatible. Info tambahan lagi, OS berdasarkan service network yng terintegrasi ada yng berjenis NT & Stay Alone (Desktop). Inipun dipilih sesuai dng prioritas kerja sehari-harinya supaya OS lebih cepat loading, apabila bekerja dalam lingkup jaringan, gunakan berbasis NT, tapi untuk pengguna di rumah, gunakan saja yng versi desktop. sebab tools & service networkpun apabila dimasukan semua ke OS, membebani PC bahkan saat tak dipakai sekalipun.

Catatan Teknisi Mengatasi Komputer Lambat & Melempem - Sebenarnya teknis inti keseluruhan cara mengatasi komputer lambat kayak keong & melempem ada pada ketepatan pemilihan & penyesuaian dng kebutuhan poin-poin utama diatas, apabila sudah linear maka akan dipasang aplikasi paling banyak di download / apa saja pasti kencang & compatible (Maksudnya aplikasi yng prioritas dipakai nantinya). Startup Aplikasi adalah program yng berukuran kecil dalam jumlah tertentu yng diakses & dijalankan secara realtime baik saat sebelum & sesudah memasuki sistem operasi. Aplikasi ini akan menginisialisasi jenis register, singkronisasi hardware & kernel OS, & dijalankan secara berulang / rutin setiap OS booting maupun reboot. apabila jumlahnya terlalu banyak sudah pasti akan membebani OS saat akan memasuki desktop utama. Untuk mengurangi startup ini sebenarnya cukup klik kanan pada icon task bar kanan bawah pilih opsi exit, / pilih option & pikirkan hal berhubungan dng ini : "Dont load at startup" & itu analoginya, serta Un-Check setelah itu apply & ok. Namun disarankan, apabila mungkin ragu / belum memahami apa ygn dilakukan mintalah didampingi teman, rekan / siapa saja ygn dipercaya lebih memahami aplikasi ygn akan di exit, karena ada startup tertentu ygn vital & justru apabila dikeluarkan dari system akan menyebabkan crash, Jadi mengurangi startup disini bukang lekas menghilangkan semua startup. Tapi pilih mana sekiranya tak diperlukan & tdk berhubungan dgn prioritas pekerjaan & tdk menganggu kinerja OS secara keseluruhan.

Agar komputer tdk lampat kayak keong, maka pemilihan ruangan juga berpengaruh :

Hal berikutnya adalah sifatnya non-teknis, seperti pemilihan ruangan & suhu ygn ada disekitarnya. Seperti kita semua tahu perangkat teknologi digital berbasis operating system komputer, isi secara keseluruhan didalamnya adalah memuat tembaga & germanium berbasis micron. Jalur-jalur didalamnya berisi system serabut ygn sangat peka dgn suhu, Meskipun pada teknologi canggih seperti sekarang ini Isolator pada Chipset IC BGA sudah menggunakan pelapis tahan panas, namun elektronika digital cukup kompleks apabila dijelaskan secara empiris satu persatu. Pastikan saja sudah memahami inti pada poin ini.

anda mungkin saja pernah mendengar pertanyaan / argument seperti ini "Komputer tdk pernah dipakai kok malah saat dinyalakan trouble & rusak, Padahal komputer diruang lain dipakai setiap hari bahkan tanpa henti kok awet saja, Kok bisa begitu?" Apa sudah paham jawabannya, kalau sudah paham dgn kronologi penjelasan mengenai salah satu analogi diatas? Mungkin bagi beberapa diantara ini adalah hal ygn aneh, karena lazimnya kalau barang benda maupun perangkat kalau dipakai terus meneurus akan rusak, tapi kalau tdk pernah dipakai akan awet. Bukankah begitu?

  • Jawabannya adalah komputer merupakan gugus rangkaian elektronika digital berukuran micron, & bekerja tidak secara mekanis, tapi menggunakan aliran listrik dgn dynamic bits & clock tertentu ygn mentransmisikan data-data dgn frekuensi sangat khusus & unik. Serta dialirkan melalui tembaga maupun germanium ygn dimampatkan dengan ukuran sel sangat kecil (micron).Tembaga & germanium ini kalau dibiarkan terlampau lama, akan bersuhu dingin, & kalau sudah mencapai derajat dengan ukuran kelembaban tertentu akan mengembun, kalau sudah timbul embun, debu ygn berukuran sangat kecil akan menempel, jika sudah mengumpul, akan menimbulkan plak & mengakibatkan korosi / hubung singkat karena polaritas tegangan yang tidak dibutuhkan komponen micron. Jalur tembaga yang berukuran kecil ini jika di triger & di getar dengan frekuensi cukup tinggi akan langsung putus. Maka jangan kaget jika sudah lama tidak menggunakan komputer, jangankan kinerjanya lamban, dinyalakan saja sudah langsung trouble & blank. & pastinya akan membutuhkan service maupun perbaikan baik penggantian per komponen maupun per unit peripheral (Ini tergantung kapasitas teknisi yang menanganinya) / tergantung apa yang sebenar-benarnya dipahami mengenai keduanya.

  • Sekarang sebaliknya, mengapa komputer / perangkat digital jika sering dipakai justru lebih awet ketimbang yang tidak pernah dipakai sama sekali? Nah, Begini kronologisnya : Tembaga & germanium saat dialiri sumber daya secara realtime oleh tegangan, arus, daya maka selain timbul konduksi listrik maupun aliran data, juga akan menimbulkan induksi magnetis & suhu panas cukup. Induksi yang dihasilkan ini akan menolak debu pemilik elektrisitas kutub berlawanan, & suhu cukup panas akan meminimalisir terjadinya kelembaban maupun pengembunan. Sedangkan aliran udara FAN yang berputar akan mengempaskan debu-debu berukuran besar non-elektris keluar komponen inti.

jika sudah menyimak artikel diatas maka akan paham sendiri cara mengatasi komputer lambat kayak keong dari berbagai aspek penanganan teknis.

WARNING : Semua instruksi & deskripsi diatas bersifat konseptual, tidak semua yang dibaca dari uraian diatas harus diikuti semua, Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan & kecocokannya dengan kondisi PC, karena pada realitanya semua PC/perangkat memiliki kondisi berbeda & spek berbeda pula, terutama alternatif cara mengatasi komputer lambat kayak keong & melempem : Meskipun secara garis besar konsepnya identik sebagai dasar-dasar dalam mengoptimalkan kinerja komputer agar tidak lambat, Supaya lebih mantap saat memaksimalkan kinerja komputer baik dari sisi hardware & OS maupun aplikasinya, Maka jika diperlukan bisa pelajari lagi jenis aplikasi & OS pada komputer / Mintalah didampingi rekan, sahabat, / siapa saja yang dianggap terpercaya memiliki pengalaman, sehingga lebih realistis & lebih nyaman. Sementara itu penyampaiannya dari posting ini, semoga bisa bermanfaat lebih aplikatif lagi, semua basic-basic diatas terkembangkan ke arah lebih technical & sesuaikan dengan apa yang benar-benar sudah dipahami. Sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas kunjungannya ini, selamat bekerja & beraktifitas, Sukses adalah hak saudara.