Cara agar kuota internet tidak cepat habis terutama untuk yang sering menggunakan browser versi tinggi & auto update driver.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara agar kuota internet tidak cepat habis.

Internet . Internal . Eksternal . Kuota . Konfigurasi . Koneksi . Alternatif . Faktor

JIKA KUOTA INTERNET CEPAT HABIS PADAHAL TIDAK DIPAKAI MAKA PASTIKAN TIDAK ADA AUTO UPDATE BROWSER YANG BERJALAN.

Penyebab Kuota Internet Boros Cepat HabisApakah pernah merasakan saat tak ada aktifitas internet alias idle namun posisi koneksi masih terhubung, & tiba-tiba ketika cek bandwidht pemakaian hasil penggunaannya menunjukan volume besar & cepat habis? Nah, bila ya berikut beberapa ulasan analisa & alternatif mengenai kuota internet yg cepat habis tanpa sebab yg jelas hingga akhirnya menemukan cara mengatasinya dg konfigurasi serta penggunaan koneksi tepat. juga bisa pelajari & pahami faktor paling menjadi pemicu ini terjadi sehingga penanganannya nanti bisa tepat & stabil untuk jangka panjang tanpa harus diotak-atik lagi settingannya.

Dunia internet sekarang berkembang cepat & pesat, terutama pada teknologi web browser & juga web server iu sendiri, Yg dimaksud disini dari sisi pengguna adalah browser firefox paling favorit dipakai orang sejagad. Browser seperti firefox juga lainnya sekarang semakin interaktif bila dilihat & semakin banyak auto actions script bila merasakan fasilitas menunya secara internal. Browser ini memiliki fitur auto sync & update. Jadi saat browsing & surfing suatu situs, maka bila di PC / Komputer kok belum ada plugin external yg nempel & dibutuhkan untuk browser mengeksekusi web beserta fitur didalamnya, Maka si browser dg otomatis & kadang tanpa permisi langsung meng-update & meng-autosync dg plugin yg sedang dibutuhkan, aktifitas browser seperti inilah yg biasanya menjadi pemicu utama kuota internet cepat habis, meskipun ada faktor eksternal lain, tapi yg dibahas yg internal di browser & Kompinya dahulu.

FITUR AUTO UPDATE DRIVER ADALAH FAKTOR INTERNAL YANG PALING BIKIN KUOTA INTERNET BOROS :

Berikut adalah faktor internal yg menyebabkan kuota internet cepat habis :

  • OS & Browser masih kosong & baru pertama kali diinstal, maksud kosong disini adalah belum di install plugin browser sebelum internetan, tapi langsung konek, sehingga saat posisi online, seperti yg dijelaskan diatas, akan autosync & auto update sehingga boros bandwidth.

  • tidak menghapuas cache history browser saat akan menginstall browser versi baru.

  • tidak men-disable auto update & autosync, semuanya dibiarkan default.

  • Memasang banyak program pada system try di taskbar kanan bawah.

  • Menggunakan program AV yng juga auto update.

  • Membuka akses auto update pada OS (Operating Sistem).

Kalau yng berikut adalah faktor eksternal saat kuota medadak habis :

  • ISP (Internet Service Provider) - Maksudnya adalah cek jenis paket internet yng dipakai dahulu, pakai paket yng mana? Contoh : dipakai paket 1GB = 1024MB, coba koneksikan internet & akses image / gambar maupun download secara langsung sebuah file berukuran kurang lebih 1MB = 1024Kb, / ukuran berapa saja terserah (Yg penting jangan sampai salah menghitungnya nanti), Setelah selesai akses & berhasil mendownloadnya, disconnect dulu internetnya, setelah itu cek sisa kuota pemakaiannya sesui dg aturan ISP yng dipakai, sesuai dg contoh perhitungan diatas, Maka (1024MB X 1024Kb) - 1024Kb = 1047552Kb, kurang lebihnya begitu hanya untuk cek saja barangkali pengaruh dari faktor eksternal, bila sisa kuota tak jauh dari 1047552Kb, Maka berarti billing kuota ISP normal, tapi bila terlalu jauh berkurangnya, maka ada sesuatu yng bermasalah pada billing ispnya.

Faktor yng dijelaskan diatas hanya untuk memberikan gambaran yng rasional mengenai bagaimana menentukan penyebab kuota internet yng tiba-tiba mendadak cepat habis, walaupun tak ada aktifitas akses saat terkoneksi ke internet. sebab setiap penyebab habisnya kuota secara mendadak juga berbeda penanganannya. & yng dibahas disini adalah faktor internal saja bukan external dari provider, sebab faktor tersebut lebih mudah dianalisa & solusinya sudah pasti kelihatan hasilnya.

LANGKAH PENCEGAHAN SUPAYA KUOTA INTERNET TIDAK CEPAT HABIS.

Solusi untuk mengatasinya supaya kuota internet tak cepat habis & pemakainnya benar-benar sesuai dng kebutuhan :

  • Jangan langsung koneksikan internet, Persiapkan dulu OS & browser yng dipakai sampai benar-benar siap.

  • apabila sudah punya file plugin offline setup, maka perispakan file tersebut pada posisi offline (tidak terkoneksi internet).

  • Siapkan tools bandwidht metter untuk memantau & memonitor kuota pemakaian bandwidth, baik saat aktif berinternet maupun sedang idle, tapi tetap terkoneksi, nanti di tools tersebut akan terlihat, sebenarnya aplikasi mana ygn sedang beraktifitas secara aktif saat idle, apabila melihat hal itu tinggal klik & disable.

  • apabila menggunakan modem USB untuk internetan dng provider / ISP mana saja, Maka pastikan driver modem sudah terinstallasi dng baik, terutama jangan sampai menggunakan auto update driver, pastikan itu tak aktif.

  • apabila koneksi internet menggunakan gateway pada jaringan LAN, maka pastikan konfigurasi dilakukan secara manual dng TCP/IP sesuai topologi fisik saluran ygn dipakai jangan menggunakan mode DHCP dari OS.

  • apabila menggunakan gateway mikrotik, maka pastikan map jaringan beserta filter konfigurasi BW (Bandwidth) sudah masuk semua, sebelum server ygn terhubung langsung dng modem dikoneksikan ke internet.

Setelah mempersiapkan semua itu diatas, sekarang saatnya melakukan setup & konfigurasi serta tetap pada posisi offline terlebih dahulu, jangan dikonek dahulu supaya tdk boros kuota tanpa karena ygn jelas :

  • Pertama adalah dari sisi OS ygn dipakai dahulu. Pastikan mendisable / menonaktifkan semua service OS berhubungan dgn System Restore, Auto Update, Cehck update frequently. System restore itu berhubungan erat dgn autosync, tinggal tergantung ygn di sync ada kompi, apa ada diinternet? apabila diinternet ya sudah jamin kuota bandwidth boros. kalau masih butuh lebih detail lagi silahkan baca cara mengoptimalkan OS supaya cepat bekerja / kalau pengguna windows silahkan simak cara supaya loading windows cepat, Semua literatur itu berhubungan untuk pengoptimalan OS saat offline belum konek ke internet.

  • Setelah OS sudah optimal, sekarang tinggal isntall semua plugin paling dominan dibutuhkan browser firefox misalnya : Flash Player Plugin terbaru, Plugin IDM (Internet Download Manager) kalau disuka download maka install add ons manual untuk file ini : idmmzcc [dot] xpi, kemudian JAVA Plugin / JRE (Java Runtime Environment).

  • kalau migrasi firefox dari versi lama ke versi terbaru, maka clear all cahce history. Hilangkan & hapus semua file berhubungan dgn cache browser & file-file temporer, ini dimaksudkan untuk preventif menghindari sistem autosync milik firefox ygn jelas sangat memboroskan bandwidth, kalau diluar negeri sana mungkin berbeda dibiarkan saja tdk apa-apa, karena selain quota internetnya besar-besar juga sistem billingnya beda dgn ISP lokal, lebih user friendly.

  • kalau menggunakan modem USB cukup ternama seperti D-Link, Pro-Link, Connexant, TP-Link, Link-Sys, Maka pastikan sudah menggunakan driver modem ygn terbaru, supaya tdk auto update driver, / gunakan driver bawaan & setting uncheck / nonaktifkan features auto update driver tersebut.

jika semua hal diatas sudah dipersiapkan & lengkap maka berikutnya bisa coba sambung koneksi internet kemudian jalankan firefox & buka situs ygn ingin dikunjungi untuk coba kuota, Setelah firefox standby silahkan untuk sementara sambil melihat & membaca artikel dari situs yaang and kunjungi tersebut, coba diamkan & idle berapa saat, jika settingan & langkah-langkah diatas sudah dijalankan dgn benar maka, logo network di bagian panel task bar kanan bawah tdk akan berkedip-kedip tanda ada koneksi, / untuk lebih lengkap, klik 2x pada logo network tersebut & lihat apakah ada angka ygn berubah-rubah saat terkoneksi internet, tapi tdk ada aktifitas akses? jika blank & tidak berkedip-kedip maka settingan diatas selesai, & menggunakan internet sesuai dengan kuota & akses pemakaian saja. jika diwaktu kedepan, terulang / kambuh lagi, maka langkah untuk mengatasinya cukup dengan clear semua history browsing dari nol, maka tidak akan ada autosync lagi & akses akan sesuai kuota pemakaian saja.

 

CARA AGAR KUOTA INTERNET TIDAK CEPAT HABIS TERUTAMA YANG MENGGUNAKAN BROWSER VERSI TINGGI.

Selain cara diatas juga ada alternatif supaya akses internet lebih irit & kuota tidak cepat habis :

  • Gunakan OS versi lama saja, ygn tidak terlalu banyak service update fiturnya. Yg penting support & cukup untuk browsing & mendukung IE 6 / Firefox. karena OS yang versinya lebih tinggi & kaya akan fitur biasanya juga membutuhkan update plugin & addons yang realtime.

  • Gunakan bowser juga versi yang lama saja, misalnya firefox versi lama yang belum menggunakan UI (User Interface) modern & tidak banyak fitur atraktif yang juga jarang digunakan, asal bisa untuk browser saat akses web bisa tampil penuh ya cukup.

  • Gunakan add ons & plugin versi lama juga, dari flash player plugin, idmc plugin untuk idm, & JRE untuk Javanya. Tampilkan animasi & popup browser secukupnya saja, asal inti dari web yang akses sudah kelihatan juga sudah cukup.

  • Kalau browser pertama kali dijalankan sudah berat, tersendat & lama loading, jangan lupa clear cache maupun history hingga file-file temporer OS, supaya browser lebih gegas.

Info khusus cara alternatif ini cukup ampuh untuk menghemat kuota akses & bandwidth pemakaian internet supaya tidak cepat habis. Hanya saja, nanti saat browsing pada situs yang sudah menggunakan interface terkini biasanya fitur atraktif tambahan yang ada disana tidak muncul semua, itu saja. Mau menggunakan cara yang mana silahkan fleksibel disesuaikan dengan kebutuhan saja.

PAKAI OS & BROWSER VERSI LAMA JUGA MENCEGAH KUOTA INTERNET CEPAT HABIS.

Sementara itu penyampaiannya, semoga bisa bermanfaat untuk semua & lekas dipraktekkan. Gunakan internet sebaik mungkin sebisa mampu memaksimalkannya, sehingga akan memiliki perspektif internet dengan tepat untuk kebutuhan yang edukatif maupun meningkatkan produktifitas. Selamat berkarya & beraktifitas.