Langkah Mudah : Cara akses sharing printer dari server ke client menggunakan canon MP258 dan OS windows XP secara terpusat, menggunakan jaringan LAN (Kabel dan Wifi)

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 5 artikel masuk dalam Kategori Printer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara Sharing Printer Pada Jaringan LAN Client Server.

Langkah Mudah : Cara akses sharing printer dari server ke client menggunakan canon MP258 & OS windows XP secara terpusat, menggunakan jaringan LAN (Kabel & Wifi)

Pokok . Terpusat . Sharing . Canon . Server . Client . Langkah

Pokok pembahasan kali ini mengenai : cara sharing printer menggunakan jaringan LAN client server pada Win XP & ini nantinya teraplikasikan pada semua pekerjaan berhubungan administrasi, birokrasi, berkas, dokumen laporan & sejenisnya membutuhkan output berbentuk hasil cetak. Bagi yg bekerja pada kantor pasti telah tak asing lagi dg yg namanya cetak-mencetak ini. Kalau komputer pada kantor jumlahnya 12 buah, & printernya juga 12 buah, mungkin tdk masalah. Namun biasanya printer pada kantor itu satu tapi komputernya banyak, bisa sampai 20 unit & diatasnya.

Untuk efektifitas kerja secara terpusat pastinya semua komputer itu dihubungkan dg jaringan LAN (Local Area Network). Bisa menggunakan kabel, wireless, maupun wifi & modem. bila komputer-komputer pada kantor telah terhubung satu sama lain secara client server, maka telah siap tinggal cara setting untuk sharing printer agar semua orang pada kantor yg terhubung menggunakan printer pada server.

Untuk sharing printer maka sebelumnya harus memastikan & menyipkan hal-hal berikut telah fix & siap :

  • 1. Pastikan komputer telah ON / Standby, juga telah terhubung secara fisik baik menggunakan saluran kabel maupun menggunakan wifi.

  • 2. Pastikan komputer sdh dikonfigurasi dng benar koneksi & konektifitas jaringan LAN. Terutama pembagian IP setiap komputer. bila belum paham cara sharing jaringan LAN silahkan baca dihalaman tersebut.

  • 3. Pastikan semua komputer yg terhubung ke jaringan LAN berada dalam satu workgroup supaya lebih mudah lagi settingannya nanti.

  • 4. Pastikan printer sdh ON & nyala, disini dipakai contoh menggunakan printer canon mp258.

  • 6. Pastikan kabel data printer sdh pada tancap ke USB port, bila pakai dot matrik ya ke LPT port.

  • 7. Pastikan driver printer sdh di instal dng benar sesuai seri yng dimaksud. contohnya disini pakai mp258.

Untuk sample kali ini menggunakan printer canon mp258 yng tidak beresiko sebab ini printer murah, komplit sdh ada scannernya, hasil cetakannya juga lebut & bagus, diisi sembarang tinta ya boleh apabila diinginkan, apabila nanti ngblink tinggal reset saja. Untuk tau cara reset, tinggal masuk ke cara memperbaiki printer mp258 dihalaman itu lengkap sekali caranya.

  • apabila semua yng dijelaskan diatas untuk awal persiapan cara sharing printer sdh diselesaikan semua, sekarang tinggal masuk ke Control Panel.

PERTAMA KALI yng akan di setting adalah untuk KOMPUTER SERVER dahulu sebelum koneksi sharing printer terakses komputer lainnya :

  • Masuk ke Control Panel >> klik 2X di Printers and Faxes >> klik kanan di printer ygn aktif disana disini contohnya : Canon MP258 Series Printer (Ready), Setelah klik kanan, kemudian klik Sharing kemudian pilih share this printer & klik OK.

  • kalau settingan sharing printer untuk server sudah dilakukan dgn benar, maka di icon gambar komputer ada gambar tangan, kalau printer ok & sudah on ada tanda centang & tanda ready.

YANG KEDUA Sekarang adalah setting untuk komputer client ygn terhubung ke server agar mengakses printer ygn di sharing dari server sebelumnya tadi. Perhatikan ini beda dgn settingan di server tadi, Caranya sharing begini :
  • Masuk ke Start Menu >> Printer and Faxes >> masuk ke bagian Printer Task >> klik Add Printer >> klik Next >> Pilih aNetwork Printer >> Klik Next >> Pilih Browse from a printer >> Disana akan tampil nama printer ygn di sharing di server sebelumnya, contohnya disini Printer MP258, Kemudian klik next >> klik yes & next, sampai muncul progress box yang menandakan printer sedang diistalasikan drivernya, tunggu sampai selsai dan klik OK, Maka komputer client sudah siap untuk mengakses & ngeprint ke printer di komputer server.
  • Notes : tanda >> berarti Klik saja.
kalau langkah diatas sudah dijalankan dengan baik & benar maka komputer client yang tidak ada printernya, jika sudah terhubung dalam jaringan LAN satu workgroup dengan komputer server, Maka PC client akan mengakses printer server & ngeprint sesuai data yang diinginkan. Sementara itu penyampaiannya mengenai pokok inti cara sharing printer jaringan LAN client server semoga dengan referensi singkat & sederhana ini bisa berguna & bermanfaat serta menunjang pekerjaan & keseharian. Info tambahan yang ingin lebih tahu mengenai cara setting jaringan jaringan untuk linux bisa lihat disini. Sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas perhatian & kepercayaannya, Selamat bekerja & beraktifitas. Salam..