Cara reset konfigurasi BIOS baik pada notebook, laptop maupun PC.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara Reset Konfigurasi BIOS Notebook Laptop PC.

Cara me-reset konfigurasi BIOS baik untuk Notebook, Laptop maupun PC untuk menggunakan pengaturan standar sesuai type bios dan motherboard.

Setiap motherboard memliki karakteristik tersendiri dalam mengatur semua unit dan komponen yang tertanam didalamnya, terutama dalam mengtur IRQ maupun I/O setiap komponennya, cara reset konfigurasi bios pada setiap perangkat berbasis microprocessor seperti pada laptop, notebook, maupun PC itu sendiri sebenarnya konsepnya sama, hanya saja cara memperlakukannya berbeda-beda, ada yang jumpernya ditanam dalam motherboard ada juga yang tidak menggunakan jumper, Untuk motherboard pada pc desktop sendiri, rata-rata jumper cmos ini terletak pada motherboard dan biasanya sudah disertakan little guide pada setiap pin yang ada didalamnya dengan label reset cmos. Untuk melakukan reset ini sebaiknya PC maupun notebook dalam kondisi OFF tidak tersambung dalam sumber tegangan, lakukan dengan sangat hati-hati. Karena jika melakukan reset ini tidak dengan teliti maka bisa merusak cell cmos itu sendiri, jika cell cmos rusak maka setelah reset cmos tidak bisa menyimpan konfigurasi bios anda yang baru, indikasinya jika motherboard sudah menggunakan batterai baru, namun setelah pc dimatikan, maka saat akan dinyalakan maka akan ada pesan "cmos checksum error" yang berarti PC tidak bisa booting secara langsung dengan konfigurasi sebelumnya, dan biasanya akan menggunakan standar konfigurasi pabrikan motherboardnya, karena konfigurasi asli dari bios tertanam tidak didalam cmos, tapi sudah terprosedur didalam ic bios pc itu sendiri. Prosedur ini dijalankan jika cmos mengalami gangguan seperti rom cmos error atau istilah umumnya cell cmos trouble.

Reset bios anda perlukan hanya jika :

  • 1. Anda memasang komponen maupun peripheral baru yang tidak PnP (plug and Play) dan tidak terdeteksi OS maka reset maupun menggunakan settingan bios baru diperlukan agar OS dapat mengenali karakteristik komponen melalui IRQ-nya.

  • 2. Anda memasang storage berkapasitas besar melebihi standar bios pada motherboard, contohnya HDD, blue ray drive, karena setiap motherboard memiliki versi bios yang dibatasi fiturnya dalam mengenali komponen-komponen keluaran terbaru, Maka anda memerlukan reset untuk mendeteksi kondisi paling tepat dari hdd agar mudah dikenali motherboard baik SATA, PATA, IDE. Atau jika dengan setting tidak mempan, maka anda memerlukan flash bios mengisi program ic bios dengan fw keluaran terbaru dari vendornya, untuk melakukan flash bios harus lebih hati-hati lagi karena jika belum paham atau memiliki jam terbang khusus atau belum pernah sama sekali flashing bios maka jangan coba-coba karena resikonya bisa sangat fatal (High Risk). Jika akan melakukan ini, silahkan minta didampingin rekan anda, saudara, sahabat, teknisi, atau bahkan keluarga anda yang anda anggap mengerti seluk beluk flashing bios dan eprom, Baik dengan cara programmable maupun dengan cara replaceable.

  • 3. Terjadi crash antar peripheral, karena tidak jarang peripheral yang berbeda namun memiliki interface yang sama, kadang bisa crash dengan IRQ standar, jadi memerlukan setting ulang maupun konfigurasi irq. Contoh anda punya sound card, lan card dan tunner, itu semua menggunakan interface PCI, maka bisa saja jika satu peripheral mengakses IRQ yang sama maka bisa crash dan salah satu komponen tidak akan terdeteksi meskipun sudah menggunakan driver bawaan vendornya. Namun demikian kasus crash irq ini terbilang cukup jarang karena bios keluaran paling baru, sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi auto switch dan swap IRQ, jadi ketika terjadi crash maka otomatis bios akan mencarikan IRQ kosong untuk peripheral yang crash sehingga pc tetap normal, dan jarang terlihat pc crash, tidak seperti pada pc pada era dahulu.

  • 4. Membutuhkan konfigurasi khusus selain konfigurasi standar maupun ingin merubah kunci dan reset password bios dengan yang baru agar konfigurasi lebih permanen sesuai dengan kebutuhan anda, atau karena alasan lain yang lebih teknis sesuai dengan kebutuhan anda.

Manfaat melakukan reset dan konfigurasi bios :

  • Melakukan ini dengan teknik dan cara yang benar mengenai konfigurasi maupun reset bios, tentunya memiliki manfaat utama dalam memaksimalkan kinerja komponen/peripheral komputer secara khusus dan memaksimalkan kinerja system PC dan OS secara keseluruhan, Terutama pada bios notebook yang notabene semua peripheral hampir tertanam onboard semuanya, jadi bios notebook memiliki kapasitas konfigurasi lebih banyak. Bios yang ditanam dalam notebook biasanya identik kapasitas dan isi konfigurasinya dengan bios laptop karena sama-sama portable dan integrated.

Dampak melakukan reset dan konfigurasi bios jik berlebihan :
  • Melakukan konfigurasi bios dengan tepat maupun me-reset sesuai dengan kondisi aslinya, memang memiliki lebih banyak manfaat, namun demikian konfigurasi bios dan reset yang berlebihan juga memiliki dampak lain, jika konfigurasi dilakukan tidak memenuhi standar kapasitas dan kinerja peripheral yang tertanam didalamnya, yaitu biasanya akan lebih cepat hang atau sering restart, Dan jika terlalu sering melakukan reset bios juga bisa berakibat pada cmos trouble maupun nuked, karena susah menyimpan konfigurasi bios. Jadi melakukan cara reset maupun mengkonfigurasi ulang bios tetap harus teliti, terutama sesuai dengan prosedur kinerja peripheral dan benar-benar adanya kondisi yang membutuhkan hal tersebut. Untuk lebih lengkap, anda bisa menambah wawasan terlebih dahulu mengenai prinsip kerja ic bios agar memiliki referensi yang realistis dan rasional, terutama mengenai filosofi bios itu sendiri.
Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, semoga referensi yang singkat dan sederhana ini bisa menambah wawasan yang lebih aplikatif dan positif untuk anda.