Cara Memperbaiki dan Repair BIOS Acer Aspire One yang mati total atau kalau dinyalakan tidak booting dan blank hanya tampilan layar berwarna hitam dengan led power blink.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 67 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara Memperbaiki Repair BIOS Acer Aspire One.

Cara Service maupun Memperbaiki bios pada ACER ASPIRE ONE : Mati Total Tidak ada Tampilan dan Blank berwarna hitam.

Cara service maupun memperbaiki bios pada laptop acer aspire one yang mati total dalam arti blank tidak ada tampilan hanya layar hitam yang muncul, meskipun semua led menyala normal, Led standar yang dimaksud seperti led indikator power on, hdd, cd/dvd rom, Perbaikan ini khusus untuk merepair dan menangani kerusakan bios saja, bukan untuk menaggulangi kerusakan hardware. Ciri paling khusus kerusakan bagian ini adalah ketika dinyalakan, led power akan menyala hijau, dan tidak ada tanda-tanda adanya proses booting sampai mengeluarkan logo accer seperti biasanya.

Penyebab kerusakan antara lain : Bisa karena bug maupun cheat yang ada dalam bios, bisa karena terinterverensi oleh modul cmos yang trouble, bisa karena baterai bios yang sudah kosong, bisa juga karena kutub baterai yang short sehingga menjadi hubung pendek pada bios dan cmos, ETC.

Untuk meyelesaikan langkah ini, diharapkan hardware sudah dicek secara keseluruhan, dan memastikan bahwa kerusakan benar-benar berasal dari biosnya, bukan dari hardware, Karena pada realitanya untuk yang pertama kali mencoba, biasanya tidak langsung sekali jadi maka dari itu perhatikan dengan baik ciri dan jenis kerusakan laptop dahulu, Atau jika anda ragu, mintalah didampingi rekan, saudara, teman atau sahabat anda yang memang sudah berpengalaman dalam menangani hardware dan bios pada laptop, agar lebih preventif dalam menghindari hal-hal yang tidak diinginkan diluar prosedur dan kerusakan awal dan aslinya,

Capacitor dan IC Converter Laptop acerJika ingin lebih yakin dan mantap sebelum melakukan dan menyelesaikan seluruh prosedur dibawah ini, silahkan cek ulang dan pastikan : Adaptor laptop dalam kondisi bagus, Baterai laptop dalam kondisi tidak kosong total, Cek kondisi mainboard terutama VGAnnya (Jika diperlukan bisa direheat dahulu dengan blower - tanpa menekan chipnya), Cek capasitor yang berbentuk atau dilapis germanium berwarna hitam dan cek IC-Converter yang berada disebelahnya, Jika sudah yakin prosedur ini bisa di-bypass.

Berikut ini prosedur dan cara penanganan (Khusus) bios acer aspire one :

  • 1. Download terlebih dahulu BIOS pada vendor acer disini (Perhatikan BIOS Guides dan Pemilihan Versi BIOS Yang Tepat). Pertama kali download anda akan mendapatkan file dalam bentuk zip, kemudian extract pada storage seperti pada poin-2 dibawah ini.

  • 2. Simpan dalam flash disk kosong dengan format FAT 16/32 dengan kapasitas minimal 512MB, contoh disini menggunakan kingstone 8gb berwarna hitam, dengan kondisi kosong tanpa folder apapun didalamnya, selain file bios acer tersebut FLASHIT.EXE dan ZG5IA32.FD

  • 3. Setelah falsh disk terisi file bios dan programnya, maka masukan / plug pada USB sebelah kiri laptop.

  • 4. Masukan charger laptop aspire one, atau menggunakan adaptor / swithcing / psu dengan persamaan voltage sekitar 18-19Volt, Untuk ampere dan kuat arus silahkan menyesuaikan dengan spek yang tertera pada aspire one atau pada adaptornya.

  • 5. Tekan dan Tahan tombol FN + ESC, kemudian tekan tombol power satu kali. Setelah 16 - 32 detik, lepaskan maka led power akan blinking.

6. Tekan tombol power sekali lagi secara cepat, dan jangan ditahan, maka dalam beberapa detik led dalam flash disk akan menyela/blink, sebagai indikator bahwa flash disk sedang dibaca isi file bios didalamnya, Dalam proses ini, Tunggu saja hingga flash disk berhenti blinking, lama tidaknya proses ini tergantung kecocokan flashdisk dan versi usbnya, jika sudah selesai maka flash disk dan led power akan berhenti blinking, proses ini memakan waktu kurang lebih 8 - 16 menit, setelah proses selesai, maka laptop akan restart dengan sendirinya, dan jika seluruh prosedur diatas diselesaikan dengan benar dan tepat, maka pada saat restart laptop akan mengeluarkan logo acer secara normal kembali. Selamat mencoba dan lakukan dengan cermat dan hati-hati.(Do it gently and verry carefully, Use about on your own risk!)

Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda, semoga referensi singkat dan sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda, selamat bekerja dan beraktifitas.