Cara mengatasi komputer lambat akibat hardware dengan cek satu-persatu peripheral yang terpasang pada motherboard.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara mengatasi komputer lambat akibat hardware Update.

Rangkuman . Definisi . Faktor . Komputer . Cara . History

Rangkuman Cara Mengatasi Komputer Lambat -

Komputer lambat memang kadang bikin kesal, kalau hanya memperlambat kerja mungkin tidak masalah. Tapi kalau sudah sampai komputer salah menampilkan sesuatu yang tidak tepat tentu akan sangat mengganggu pekerjaan. Komputer lambat akibat overheat jelas mengganggu cara kerja komputer secara keseluruhan terutama fungsi artimatika didalam processor. Banyak sekali cara untuk mengatasi komputer lambat akibat berbagai hal penyebab. Namun berikut kronologinya, silahkan simak.

Definisi & pengertian komputer lambat disini adalah :

  • Tidak bs bekerja maksimal sesuai dg spesifikasi hardware yang digunakan dalam komputer itu sendiri. Bukan karena hang maupun akibat sering ngelag & restart.

Faktor yang berpengaruh ketika komputer lambat semakin lama dipakai semakin lola adalah :

  • Dari sisi internal & dari sisi luar. & paling sering terjadi adalah dari sisi dalam (internal cpu) yaitu akibat komponen hardware didalam cpu khususnya dalam motherboard. Karena memang jarang komputer lambat diakibatkan dari faktor luar komponen cpu / peripheral yang digunakan.

  • Komputer yang cara kerjanya sdh lambat bs dipengaruhi oleh faktor dalam & luar kompoen. Faktor penyebab dari komponen internal CPU seperti : motherboard, processor, RAM, Vga card, sound card, harddisk. Sedangkan dari faktor luar (external) peripheral CPU seperti : FDD, CDROM, DVDRW, keyboard, mouse, printer & tv tunner. & juga yang banyak terjadi adalah beban cache history komputer & browser. Nanti juga harus tahu cara melihat history komputer & browser serta cara membersihkan & menghapusnya. Berikut Alternatif cara mengatasi komputer lambat paling utama adalah melakukan pengecekan pada sisi hardware lebih dahulu sebelum melakukan tuneup pada OS & aplikasi yang digunakan.

Pilih 14 alternatif cara mengatasi komputer lambat & laptop lemot :

Sesuaikan dg hardware / komponen yang digunakan, silahkan cek satu-persatu komponen & hardware dibawah ini jika komputer semakin lama dipakai semakin lemot / lambat :

1. Motherboard :

  • Komputer yang lambat akibat motherboard sdh rusak, sekarat / aus ciri paling khas adalah kalau dipasangkan dg berbagai komponen komputer lain yang masih bagus sekalipun kadang tidak bs mendeteksi spesifikasi hardware yang dipasang. Misalnya sdh ganti processor yang lebih cepat tetap saja lambat, sdh ganti ram yang besar tetap saja sering ngelag, bahkan kalau diganti dg PSU (Power Supply Unit) yang baru maka justru akan tambah sering restart karena kapasitor sdh banyak yang menggelembung. Jika kamu teknisi maka cek motherboard & ganti semua kapasitor yang sdh aus. Jika melakukan overclocking maka setting pada konfirgurasi standarnya saja di BIOS.

2. Processor :

  • Komputer yang lambat akibat processor biasanya ciri paling khas adalah saat loading lama sekali ditunggu kadang-kadang suka blue screen & tidak jarang sering restart sendiri. Hal tsb diakibatkan karena processor overheat, bs karena kipas fan / heatsink yang sdh kotor. Solusinya : bersihkan debu-debu yang sdh tebal tersebut. Jika sdh dibersihkan masih tetap lemot, berarti processor harus diganti karena memang sdh ngulet alias konduktornya mulai mekar, sehingga sering terjadi hubung singkat saat sdh mencapai suhu tinggi.

3. RAM :

  • Komputer yang lambat akibat RAM biasanya cara kerjanya sangat lambat bahkan meskipun sudah menggunakan processor yang tinggi sekalipun. RAM yang sudah seperti ini bs diganti dg yang lebih banyak kapasitasnya, bs dg menambahkan RAM baru jika slot masih ada, / bs memperbaikinya dg mengganti salah satu chip yang ada pada RAM tersebut.

4. VGA Card :

  • VGA Card yang sudah menurun kemampuannya juga bs menghambat & memperlambat cara kerja komputer. Ciri-cirinya adalah pada saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berbau streaming & rendering 3D akan langsung ngelag & restart, namun kalau digunakan untuk menjalankan aplikasi lebih ringan seperti spreadshet maupun office masih tetap bisa, cuman ya itu tetap saja efek yang didapatkan saat untuk bekerja lambat sekali. Vga yang sudah seperti ini bs diatasi dg mengganti semua kapasitor yang berdekatan dgn GPU maupun dgn mengganti salah satu chip VRAM (kalau anda teknisi). Kalau untuk pengguna ya bsa dgn mengganti vga / memperbaikinya pada teknisi yang dipercaya memiliki catatan teknis yang bagus & berpengalaman dibidang komputer grafis.

5. Sound Card :

  • Sound card yang sudah mulai rusak juga bsa menyebabkan komputer lambat. sc-card yang sudah sekarat & mulai rusak biasanya tidak bsa meredam noise. Misalnya saat harddisk loading biasanya akan ikut adanya suara kemeretek kemresek & berdecit. Hal tsb diakibatkan karena ada beberapa kapasitor dalam sc-card yang sudah bocor / chip sc-card sudah terlalu panas. Karena chip SC tsb ada pada slot PCI motherboard, tentu akan mengganggu komponen lain yang ada pada slot PCI juga. Jika menggunakan add on maka bsa menggantinya dgn sc-card pci yang baru. Jika menggunakan onboard sound card maka bsa mengganti chipnya.

6. HardDisk :

  • Komputer yang lambat cara kerjanya akibat harddisk adalah yang paling sering terjadi pada banyak pengguna dari berbagai kelas. Ciri-cirinya adalah harddisk melakukan aktivitas monoton saat membaca maupun loading, dgn tanda kedipan pada led cashing cpu secara berulang-ulang dgn kedipan yang sama. & itu menandakan HDD mengalami kerusakan bad sector sehingga HDD terjebak pada bad sector tidak ada henti-hentinya. Solusinya jika bad shadow bsa menggunakan LLF (Low Level Format) / bsa menggunakan HDD Regenerator versi DOS. Untuk memperbaiki sector & cluster yang rusak tanpa menghilangkan data yang ada didalmnya. Jika bad sector fisik, mau tidak mau harus berusaha membackup data-datanya & kemudian pindahkan ke HDD yang baru, karena memperbaiki HDD yang bad sector sangat menguras waktu apalagi jika kapasitasnya besar. Jika waktu kamu lebih produktif dgn mengganti harddisk baru lebih baik ganti saja, namun jika punya waktu luang bsa mencoba memperbaikinya, itung-itung pengalaman belajar.

7. Floppy Disk Drive (FDD) :

  • FDD yang menyebabkan komputer lambat biasanya led akan terus menyala bahkan saat tidak diisi dgn disket. / tetap berkedip meskipun tidak ada perintah akses dari OS yang digunakan. FDD yang sudah seperti ini bsa diganti, / nonaktifkan saja. Karena memang sekarang sudah jarang komputer yang masih menggunakan FDD, hanya pelengkap saja, tapi kalau menancap kondisinya tidak fit maka sangat mempengaruhi cara kerja komputer secara menyeluruh.

8. CDROM / CDRW / DVDROM / DVDRW :

  • Komponen ini juga bsa memperlambat cara kerja komputer saat menggunakan kabel IDE / PATA / SATA yang tidak tepat, sehingga transfer datanya terganggu, mengingat CDRW / DVDRW memiliki buffer lebih kecil, sehingga kalau data tidak lancar terbaca maka akan menggunakan buffer pada ram & akan mengganggu cara kerja komputer. Hal tsb sering terjadi & sangat jarang diperhatikan padahal benar-benar bsa memperlambat komputer, jika kabel datanya salah / kabel datanya sudah rusak akibat induksi magnetis.

9. Keyboard :

  • Pernahkan kamu melihat led keyboard yang berkedip-kedip terus? padahal keyboard masih dipakai normal. Jika mengalami hal tsb bisa mempengaruhi data TTL / timer yang masuk ke CPU, & tidak jarang menghambah cara kerja komputer. / ditandai dgn bunyi tuut berjeda-jeda / agak lama saat komputer booting & masuk OS. Jika menggunakan keyboard dgn kondisi seperti ini lebih baik ganti saja.

10. Mouse :

  • Mouse yang dipakai sering ngadat, saat dipasang memicu keyboard terus berkedip, kalau mouse usb dimasukan ke soket usb maka semua device yang ada di usb ikut terganggu, jika menggunakan mouse yang kondisinya seperti ini maka langsung ganti saja. Mouse yang sekarat seperti juga memperlambat cara kerja komputer secara keseluruhan karena mengganggu I/O / PnP device.

11. Speaker Multimedia :

  • Bagi yang suka & gemar menghubungkan sound card komputer dgn amplifier apalagi dgn watt yang besar, & suara bass berdentum, maka lama-kelamaan juga bisa merusak sound card, karena daya & impedansi tidak seimbang antara sc-card dgn speaker multimedia. Tandanya jika komputer lambat akibat speaker multimedia & amplifier yang watt & dayanya besar adalah saat ditancap menggunakan volume tinggi & bass berdentum maka suaranya akan gemrebet & indikator pada winamp equalizer akan melambat, saat seperti itu mouse, keyboard susah digunakan, & komputer akan sulit multitasking. Gunakan speaker multimedia yang ideal, misalnya cukup dng 25 watt & 8 ohm. Speaker multimedia merk genius & logitech juga ada yang bagus bass & treblenya untuk ukuran itu & lebih awet untuk dipasangkan dng sc-card komputer.

12. Monitor CRT / LCD :

  • Monitor bisa menyebabkan komputer lambat biasanya monitor yang kabel vga db9 salah satu pin out datanya sudah ada yang rusak / berkarat, kadang nyambung kadang tidak, ciri khasnya adalah VGA masih bagus jika dipasang di komputer lain, tapi saat monitor dinyalakan kadang warna dasar Red Green Blue akan berubah-rubah dng sendirinya, & saat coba di othek-othek / dikencangkan warnanya akan stabil, namun beberapa saat kemudian berubah lagi. Solusinya dng mengganti kabel DB9 yang masuk ke monitor CRT / LCD.

13. Printer USB & LPT :

  • Komputer lambat akibat printer biasanya tidak responsif saat printer digunakan karena spool data saat masuk printer tidak sempuran, misalnya saat hendak mencetak dokumen / gambar, responnya ke printer sangat lama. Akibatnya semua device yang menancap pada I/O maupun PnP device terganggu secara sistemik. Solusi paling ringan bisa dng mengganti lebih dahulu kabel data printer LPT maupun USB.

14. TV-Tunner :

  • TV-Tunner berhubungan erat dng VGA & sound card, vga untuk tampilan gambar tv & sc-card input untuk suara dari Tv tunner, jika komponen yang satu tsb rusak, maka akan mengganggu cara kerja VGA terutama, & imbasnya komputer jadi lambat terutama jika digunakan untuk hal-hal berhubungan dng grafis. Ciri kerusakan tv tunner : kalau di autosearch uhf, vhf, vl maka susah menemukan channel / siaran, sekali menemukan siaran gambarnya sering diselingi dng raster & suaranya terlalu banyak noise.

Beban cache & history komputer maupun browser juga kerap menjadi sumber masalah komputer lambat. Cara mengatasi komputer lambat bsa melihat history komputer & browser untuk cek file-file temp didalamnya, cukup masuk ke windows explorer, kemudian buka pada tab drive c / lokasi dimana OS windows ditempatkan. Kemudian langsung buka documents and settings, lalu buka local setting pada folder temp, & buka di My Recent documents, jika disana melihat banya file bertebaran, bisa jadi file-file tsb membebani cara kerja OS & browser, karena file history tsb tetap digunakan untuk dicocokan oleh OS pada saat komputer / browser digunakan.

Rangkuman urut cara mengatasi komputer lambat & lemot dng alternatif sebagai berikut :

  • 1. Cek fungsi hardware pada semua peripheral komputer.

  • 2. Membersihkan file sampah / melihat history komputer & browser / recycle & menghapus serta membersihkannya menggunakan TuneUp Utilities One Click Maintenance. Untuk mempercepat cara kerja OS komputer.

  • 3. Jangan terlalu sering melakukan defrag pada hardisk.

  • 4. Gunakan tampilan windows standar saja & jangan menggunakan visual efek terlalu banyak, hilangkan saja.

  • 5. Bersihkan OS komputer dari virus menggunakan ESET Smart 9 / terbaru.

  • 6. Perbaiki struktur registry dng tuneup registry cleaner.

Inti penjelasan diatas adalah cara mengatasi komputer lambat akibat hardware sesuai spesifikasi peripheral yang digunakan. Untuk menigkatkan kinerja komputer yang lambat, anda juga bisa menggunakan tools alternatif seperti tuneup utilites berbgai versi.

Sementara itu dulu definisi yang bisa disampikan mengenai alternatif cara mengatasi komputer lambat akibat hardware dng melakukan pengecekan komponen satu persatu, baik dari komponen dalam & komponen luar sebagai faktor penyebab lambatnya cara kerja komputer saat ini. Anda bisa menyesuaikan dng konsidi yang sedang dialami saat ini. Semoga referensi tsb berguna & bermanfaat, terima kasih atas kunjungan & kepercayaan anda. Selamat mencoba & semoga berhasil mengatasi komputer lambat terutama karena problematika hardware.