Cara menggunakan laptop agar awet tahan lama dalam jangka pendek panjang sesuai OS maupun aplikasi yang di install.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 68 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Cara menggunakan laptop agar awet tahan lama.

laptop . boleh . resiko . manfaat . tidak

CARA MENGGUNAKAN LAPTOP DALAM JANGKA PANJANG AGAR BATERAI LAPTOP AWET TAHAN LAMA :

Definisi & pengertian Laptop adalah perangkat berbasis komputer yg berukuran kecil (Micro ATX) dg modul & komponen yg serba terintegrasi (onboard), daripada mesin berbasis desktop (offboard). Saat ini semua kalangan hampir menggunakan laptop, sebab rata-rata ingin mendapatkan kemudahan & manfaat dibanding menggunakan PC Desktop yaitu : Mudah dibawa kemana-mana (Mobile), Ringan dijinjing, Praktis & tak makan tempat, irit catu daya, & lainnya. Supaya laptop awet & tahan lama maka harus simak ulasan kali ini mengenai apa saja yg tak boleh dilakukan & apa yg boleh & dianjurkan untuk dilakukan pada laptop, sehingga selain meminimalisir resiko kerusakan menambah umur laptop (Life Time) agar laptop awet & tahan lama.

Hampir semua pengguna laptop pasti mengiginkan pemilik spesifikasi tinggi juga memiliki fleksibilitas & kompatibel untuk berbagai jenis OS & aplikasi, Mudah dipakai & awet serta familiar baik dimensi fisik maupun tools yg ada didalamnya, & yg tak kalah penting, ingin yg murah agar hemat. Sangat wajar hal yg demikian itu. Tapi bagi yg mengerti mengenai teknis laptop itu sendiri apalagi teknisi pasti akan memahami bila teknologi tinggi itu semakin fleksibel & mudah dipakai harganyapun akan semakin tinggi. sebab apa? Perangkat keras semakin canggih & dg ukuran semakin kecil & dinamis, juga perangkat lunak semakin canggih & memuat banyak fitur, hingga dg kombinasi hardware & software bisa lebih mudah digunakan, Maka proses desain & pembuatannya jauh lebih rumit. Seperti baru-baru ini sudah bermunculan smartphone android / perangkat mobile pintar. Meskipun harga dipasaran nanti tergantung jumlah & kapasitas produksinya. Maksudnya dg preface awal ini, Kita memaklumi mengapa perangkat berteknologi tinggi itu kadang mahal juga bisa semakin murah. Alasan dari uraian itu sudah tahu & memahami analoginya. Sekarang dibagian bawah ini adalah hal yg preventif yg seharusnya dilakukan & tak boleh dilakukan dng laptop, agar lebih solid awet & tahan lama serta serta lebih prima & stabil saat digunakan, baik yg orientasinya untuk kerja / untuk hal lain sesuai kebutuhannya. Simak selengkapnya sampai menyeluruh sehingga lebih mudah dipahami nantinya & diterapkan sesuai merk & spesifikasi laptop yg dipunya.

Agar OS maupun aplikasi laptop bertahan dalam jangka pendek panjang, ada beberapa hal yang jarang diperhatikan.

6 Hal dominan & utama yg tidak boleh dilakukan pada laptop / NB (NoteBook) / apa saja istilah untuk perangkat mobile ini baik berhubungan secara fisik (hard) maupun non-fisik (soft) supaya awet & tahan lama :

  • 1. Jangan menggunakan laptop sambil makan gorengan / yg mengandung minyak bila ingin laptop tahan lama. Ini sederhana namun kadang tak disadari ada dampak dalam jangka panjang. Alasannya adalah : Ketika secara tak sadar tangan mengandung minyak kemudian memegang keyboard, maka kelembabannya dalam tempo panjang akan mempengaruhi frame & karbon salah satu digit tombol huruf. bila suatu saat laptop tak dipakai dalam waktu lama, maka kelembaban ini akan memicu timbulnya korosi & aliran electro statis, biasanya trouble yg ditimbulkan adalah terganggunya konduktifitas salah satu huruf ada yg tak berfungsi, / kadang tak ditekan tapi seolah-olah menekan terus. bila sudah demikian, solusinya bisa dng ngepress jalur keyboard, namun bila sudah tak memungkinkan pasti harus ganti. Selain itu biasanya secara tak disadari kadang cemek pegang-pegang lapisan luar screen lcd & menyebabkan flek maupun bisa jadi dot dalam jangka panjangnya, inilah hal preventif cara supaya lcd awet & tahan lama serta kelihatan sederhana namun tetap butuh diperhatikan secara khusus. Nah ini Keyboard laptop harganya jauh lebih mahal dari keyboard desktop, bisa 10 sampai 20 kali lipat. Ini juga berlaku untuk pewangi pengharum ruangan, maupun minyak wangi yg biasanya dipakai wanita, tempatkan pengharum itu pada jarak ideal supaya lebih preventif.

  • 2. bila menggunakan laptop dalam waktu yg lama, namun tak mobile / berpindah-pindah tempat. Sebaiknya menggunakan adapter charger saja supaya baterai laptop awet, Kenapa? sebab baterai laptop itu tak hanya berisi cell baterai, tapi juga ada proteksi & limitternya, Jad saat baterai nancap di charge melebihi batas full kapasitas baterai, limitter ini akan memutus arus masuk ke baterai, sedangkan komponen relay/limitter yg ada di baterai, jarang yng dilengkapi dng Heatsink, sebab baterai sendiri bentuknya sangat kecil. Komponen limitter ini bila terlalu sering dipaksa bekerja dalam waktu yng lama, bisa tdk bekerja, nah saat komponen proteksi ini tdk bekerja, maka arus baterai akan langsung masuk ke cell baterai, mau penuh tdk penuh, sebab feedback & limitter sudah rusak/tidak bekerja. Ini yng memicu cell baterai cepat rusak susah di charge & bahkan drop total. Ini adalah salah satu cara supaya baterai laptop / notebook lebih awet & tahan lebih lama.

  • 3. Jangan memasukan OS maupun aplikasi yng versinya melebihi kapasitas hardware dari laptop yng dipakai supaya laptop tdk lelet, memang aplikasi maupun OS tetap bekerja namun nanti tdk maksimal. apabila ingin mencoba OS maupun aplikasi-aplikasi baru perhatikan kebutuhan hardware yng digunakan. Terutama pemilik lingkup pekerjaan di bidang desain grafis, streaming video multi media, juga programmer. apabila dibagian ini pasti membutuhkan laptop maupun perangkat pc yng tdk biasa baik dari segi grafis & processornya. Lain apabila menggunakan untuk kebutuhan Office maupun spreadsheet menggunakan yng medium juga sudah lancar digunakan, asalkan tdk memuat system resident di task bar kanan bawah, pasti laptop tetap optimal.

  • 4. Jangan terlalu sering mengupdate & menggonta-ganti driver supaya hdd laptop awet, memang pada kenyataannya driver yng sering di update meningkatkan performa laptop & OS. Namun jaman sekarang ini driver tdk hanya menginisialisasi versi softwarenya saja saja tapi juga informasi ID hardware yng tertanam dalam BIOS setiap komponen yng terpasang pada laptop. Nah paling riskan adalah apabila file tdk tepat / diver tdk tepat / dng berbagai kondisi kok driver corrupt apalagi saat proses tiba-tiba listrik padam, maka apabila inisialisasi ID pada komponen yng membutuhkan driver itu terputus / gagal, maka akan mengakibatkan pembagian IRQ akan kacau, dampaknya : saat di repair OS dari nol sekalipun & memasang driver paling baru, biasanya tetap tdk kedetek. Bagi yng baru pertama kali mengalami ini akan bingung sangat kebingungan kenapa? Hardwarenya baru, OS Baru, Fisik masih bagus, Kok gak kedetek juga ya? Solusinya bisa dng mengupdate BIOS apabila sudah benar-benar trouble, / reset cmos apabila memungkinkan. Maka dari itu indikatornya : kalau laptop sudah berisi driver, & di device manajer sudah tdk ada tanda tanya maupun tanda seru, maka stay saja tdk perlu terlau sering update.

  • 5. Jangan memasang AV / anti virus diatas satu jenis pada satu laptop supaya laptop stabil awet & responsif. Kenapa? AV terlalu banyak lebih dari sejenis dalam satu laptop disamping akan memperlambat kinerja OS sebab sistem kinerjanya yng resident, juga sebab antivirus memiliki refleksi & respon berbeda sebab referensi database berbeda pula. Contoh : Satu aplikasi / file, AV yng satu menganggap itu bukan virus & dibutuhkan oleh aplikasi lain yng biasanya normal digunakan. & AV lainnya menganggap itu virus & akhirnya mengclean & mengahpus, Hasilnya? Kok program trouble? padahal kemarin normal-normal saja, diinstall baru sekalipun hasilnya sama. Bagi yng teknisi ponsel pasti pernah mengalami hal aneh ini : Kadang ada tools khusus yng sangat mendukung untuk proses flashing, & hasil flashing begitu sempurna. Namun begitu salah satu AV mendeteksi & dianggap ada malware disana kemudian di clean & dibersihkan, justru saat flashing ada saja masalahnya, Namun ketika di nonaktifkan sementara, & diisi update baru, maka kembali normal. Nah mungkin itu analoginya, setiap AV memiliki referensi & cara respon berbeda, jadi cukup memasang satu jenis saja ditambah firewall bawaan OS sebenarnya sudah cukup, asalkan jeli & teliti saat mencoba-coba / memasukan aplikasi-aplikasi yng baru ke laptop.

  • 6. Usahakan jangan menjinjing & membawa laptop dalam kondisi stanby maupun hibernate & jelas ini akan membuat laptop awet & tahan lama, Memang mode hibernate & standbyini akan mempercepat proses booting & loading OS windows terutama saat akan digunakan, tapi cukup beresiko terutama pada HDD laptop & komponen lainnya, sebab dalam kondisi ini arus listrik masih terhubung.

PERHATIKAN HAL YANG BOLEH DILAKUKAN SAAT MENGGUNAKAN LAPTOP ANDA.

Beberapa hal diatas adalah tindakan awal & preventif sekailugus salah satu cara supaya laptop/NB/komputer tdk cepat rusak. Kemudian sekarang 6 hal yng boleh & dianjurkan pada perangkat laptop supaya awet & tahan lama :

  • 1. Pastikan saat menggunakan laptop tangan dalam keadaan yng bersih tidak mengandung pemicu electro statis ygn disebutkan & dijelaskan diatas. Sehingga dalam jangka pendek & panjang tidak mengganggu konduktifitas komponen ygn langsung bersentuhan seperti keyboard, touch pad mouse, & lainnya.

  • 2. Gunakan baterai laptop tanpa memasang charger kalau memiliki plan tidak terlalu lama akan menggunakan laptop & hanya menjalankan aplikasi ygn ringan, seperti ygn sudah dijelaskan diatas.

  • 3. Pasang OS & aplikasi ygn linear sesuai dgn kondisi & spesifikasi laptop ygn digunakan. Sehingga kinerjanya bisa maksimal & tidak terhambat karena aplikasinya rumit & memakan resource ygn terlalu banyak ygn kadang menyebabkan komputer sangat lambat digunakan baik untuk kerja maupun kebutuhannya lainnya.

  • 4. Gunakan driver hardware tepat & kalau sudah OK tidak perlu terlalu sering mengupdate driver-driver ini. Sehingga laptop lebih stabil, karena registry & sistem IRQ sistem operasi & BIOS bisa permanen & tidak berubah-rubah ygn biasanya menjadi penyebab utama crashnya system resource.

  • 5. Gunakan AV ygn sewajarnya & satu jenis saja sudah cukup. Meskipun kadang kita ingin laptop seketat mungkin terhadap file-file masuk dari luar. Tapi sebenarnya kalau jeli, teliti & cermat saat menggunakan pc nb maupun laptop, sebenarnya ada karakteristik khusus antara mana kebutuhan untuk OS maupun aplikasi ygn digunakan, & mana ygn mempengaruhi kinerja OS maupun aplikasinya. karena kadang-kadang pengguna trouble sedikit & berbeda sedikit langsung dianggap virus, & langsung nambah anti virus, Padahal tidak semua trouble program maupun aplikasi itu disebabkan oleh virus. Tapi kadang kelalian saat menjawab YES / NO, Continue or Cancel, Baca & pahami apa ygn akan dilakukan, apalagi berhubungan dgn system. Sederhana kelihatannya namun fatal akibatnya kalau terlalu berspekulasi menjalankan step ini.

  • 6. Shut down & matikan hibernate maupun system standby kalau memiliki plan akan membawa laptop dalam jarak cukup jauh, untuk menghindari hal ygn tidak diinginkan diluar faktor teknis sekalipun. Laptop maupun komputer jinjing riskan sekali dgn getaran saat mobile.

LAPTOP CEPAT RUSAK JIKA DIGUNAKAN SEMBARANGAN TANPA MEMPERHATIKAN HAL DI ATAS :

Dari beberapa hal diatas berikut 6 resiko kerusakan ygn ditimbulkan kalau menggunakan laptop secara spekulatif & sembarangan, antara lain :

  • 1. Laptop cepat rusak / ada saja trouble ygn ditimbulkan dalam jangka pendek & panjang. & kadang-kadang akan berkesimpulan begini : Laptop gak pernah dipakai & diapa-apain kok cepat rusak? kenapa ya? Alasannya bukannya gak diapa-apakan tapi melakukan sesuatu ygn sederhana tapi diluar ygn disadari ada efek ygn ditimbulkan secara teknis & empiris. Ingat sederhana itu tidak selalu pada hal sifatnya simpel, tapi rangkuman dari sesuatu ygn kompleks agar lebih mudah diketahui mekipun butuh proses memahaminya. Silahkan pahami kata kunci konduktifitas berhubungan dgn poin-poin & uraian diatas, coba pahami bagaimana analogi & hubungannya, supaya tidak memasukannya secara mentah-mentah tapi ada substansi & esensi ygn menjadi referensi akurat.

  • 2. Baterai cepat drop / bahkan rusak & tidak bisa lagi di charge, karena cell baterainya lost akibat charging yang berlebihan. Bisa diperbaiki jika setiap cellnya ada spare partnya, / harus ganti jika adaptor & regulator internal baterai / bahkan limitter komponennya trouble. Baterai laptop harganya lumayan mahal apalagi jika sesuai dgn spek pada laptop yang dipakai, karena memang ada jenis baterai lain untuk solusi seperti yang kw2 namun dengan harga lebih ringan. Jadi lebih baik preventif merawat baterai laptop dengan cara paling sederhana sekalipun, sehingga kedepannya lebih irit & tahan lama.

  • 3. Kinerja laptop maupun OS menurun karena memasang OS maupun aplikasi yang tidak linear dengan hardware laptop yang terintegrasi, yang nantinya memicu system resource overload & mengurangi space untuk aplikasi yang membutuhkan resource lebih penting untuk digunakan. Jadi kadang-kadang ada laptop dengan spek yang tinggi, semua hardwarenya normal, masih tergolong baru, namun lambat sekali digunakan. Biasanya poin ini juga menjadi faktor utama jika tidak diperhatikan dari awal, linearitas hardware & OS sangat penting untuk kestabilan kinerja laptop.

  • 4. Komponen & perangkat add on bukan onboard biasanya akan bekerja kurang maksimal karena driver yang terpasang tidak tepat dengan jenis merk tipe & alokasi IRQ, biasanya disebabkan karena sering mengotak-atik & menggonta-ganti driver.

  • 5. OS & aplikasi kadang bisa cepat trouble akibat memasang AV yang berlebihan, karena terjadinya salah persepsi dari AV ini, antara apa yang seharusnya di clean dengan apa yang seharusnya dipertahankan & mendukung kinerja operating system apa saja yang dipakai pada laptop maupun notebook.

  • 6. Getaran yang berlebihan apalagi saat membawa laptop dalam kondisi standby maupun hibernate beresiko tinggi pada komponen didalamnya masih terhubung arus, jika suatu saat sedang dibawa dalam jarak yang jauh getaran ini juga beresiko pada harddisk didalamnya. Meskipun sudah support dinamic vibrate protections.

JIKA LAPTOP AWET TAHAN LAMA MAKA HEMAT BIAYA MAINTENANCE.

Sementara itu penyampaiannya mengenai cara supaya laptop lebih awet & tahan lama, semoga info artikel khusus ini memberikan manfaat yang maksimal & terterapkan segera, baik diguanakan bekerja maupun untuk hal lainnya. Deskripsi ini terpakai baik untuk petunjuk pengguna maupun yang teknisi, sehingga semakin sama-sama memahami maka semakin mudah sebuah troubleshooting dikomunikasikan & segera ditemukan solusinya. Terutama dalam memahami hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan & yang boleh serta dianjurkan sebagai referensi penggunaan laptop yang benar agar mengurangi resiko kerusakan laptop dalam jangka pendek & panjang. Sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya, Selamat beraktivitas & bekerja.