PSU Power Supply Unit untuk komputer desktop ini biasanya dipakai juga untuk tes & pengukuran.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Berikut tips cara memilih PSU ATX yang bagus untuk PC. Sekarang ada 67 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang PSU Power Supply Unit untuk komputer desktop.

PSU . Jenis . Tips . Teknik . PIN

POWER SUPPLY YANG BIASANYA DIPAKAI UNTUK KOMPUTER :

PSU / Power Supply Unit adalah satu blok rangkaian elektronika terintegrasi dalam satu paket yg didalamnya sudah memuat Adaptor, Stabilizer, AC-Matic, Regulator, Inverter & rangkaian berhubungan dg catu daya lainnya, Tapi itu intinya. PSU ini memiliki tipe & jenis yg bervariasi berdasarkan bentuk (Form Factor) & kapasitas daya (Watt). PIN out pada PSU ini ada yg berjumlah 24 & ada juga yg 20 pin-out. Sebelum menyimak secara keseluruhan teknik & tips singkat keseluruhan, diharapkan membaca & mencermatinya dari awal sampai akhir, supaya ada benar-benar mendapatkan manfaat tepat guna setelah review.

POWER SUPPLY ATX INI BIASANYA DIPAKAI PADA PC-DESKTOP, BERIKUT KLASIFIKASINYA :

Jenis PSU berdasarkan dimensi & form factor :

  • PSU 20 PINPSU jenis AT (Advanced Technology). Untuk jenis ini biasanya dipakai pada motherboard berukuran besar (Big Form Factor). Tombol power masih menggunakan saklar biasa (Relay Analog). Memiliki daya / watt dg ukuran lebih kecil, sebab PSU PC-AT ini biasanya dipakai untuk motherboard dg processor berbasis X386,486,Pentium1, MMX (Multi Media Extended). PSU ini biasanya dipakai untuk komputer kelas value.

  • PSU 24 PINPSU jenis ATX (Advance Technology Extended). PSU-ATX terdiri dari output 20PIN (Untuk motherboard berprocessor dg basis single core maupun hyperthreading), sedangkan untuk motherboard berprocessor dg basis DC (Dual Core), C2D (Core To Duo), Core I-X (1 sampai X) menggunakan PSU-ATX yg 24PIN output. Power suplly jenis ini dipakai untuk Mobo ukuran Micro-ATX. Ciri khas utama PSU jenis atx adalah adanya soft button dari motherboard sudah otomatis & tak menggunakan saklar analog tapi sudah relay digital. Power supply ini biasanya dipakai pada PC kelas mainstream & performance.

MEMILIH PSU HARUS CERMAT SESUAI DENGAN SPESIFIKASI MOTHERBOARD YANG DIGUNAKAN :

Tips memilih PSU dg cara biasa yaitu pemilihan dg ukuran yg mudah dilihat & dicek oleh siapa saja tanpa harus memiliki pengetahuan elektronika & komputer sekalipun pasti bisa, yaitu :

  • 1. Beli PSU yg baru.

  • 2. Pastikan garansinya (Label Warranty Void) belum gugur / mencapai deadline.

  • 3. PSU yng bagus & berkualitas harganya pasti sepadan & sebaliknya.

  • 4. Perhatikan bobot & beratnya, PSU yng bagus akan lebih berat dibanding PSU biasa. Identifikasinya : bila berat maka komponen vital seperti trafo, heatsink, baud, cashing PSU lebih tebal, kabel, & tembaga, maupun lainnya pasti dari bahan & material pilihan ideal untuk ukuran PSU yng suhunya akan naik bila dipakai dalam tempo lama. Meskipun sekarang sudah banyak PSU dng teknologi baru dng ukuran lebih kecil & jauh lebih ringan. Tapi tips cara memilih ini memang untuk cara yng standar & biasa supaya mudah dipahami.

  • 5. Pilihlah PSU sesuai dng kebutuhannya. / sesuai dng peripheral apa saja yng ada dalam PC. Misalnya PC untuk streaming & game 3D pastinya butuh PSU dng watt / daya lebih besar, untuk aplikasi office & spreedsheet saja misalnya bisa pilih dibawahnya 300-400watt saja, & seterusnya. PSU yng seimbang dng komponen PC maka akan hemat daya listrik terutama angkatannya saat pertama kali dinyalakan. Intinya pilih PSU sesuai dng jenis kelas komputer yng dimiliki sesuai klasifikasi power supply diatas.

  • bila ragu-ragu memilih maka Pilih saja PSU dari merk-merk ygn sudah ternama (Merknya apa saja silahkan source & cek sendiri di google) supaya lebih mantap.

TES PSU SEBELUM DIGUNAKAN UNTUK MEMASTIKAN POWER SUPPLY BAGUS VOLTASENYA.

Berikutnya teknik memilih PSU dgn cara lebih teknis khususnya ygn sudah punya basic elektronika & komputer dgn kapasitas apa saja pasti bisa, / paling tak sedikit banyak sudah tahu pengertian datasheet komponen elektronik & karakteristik komponen. Berikut cara sederhananya :

  • Untuk pemilihan dgn jalan ini, maka tak terlalu berpengaruh mau pilih ygn baru (New) / PSU ygn 2nd, sebab sudah paham ukurannya secara elektris sesuai dgn kebutuhan. Caranya lebih ringkas & praktis namun membutuhkan pengetahuan serta pemahaman juga ketelitian lebih khusus.

  • 1. Periksa PSU sebelum dipasang dgn beberapa ukuran saja ygn diperlukan sesuai tips pemilihan dgn cara biasa diatas.

  • 2. Tes PSU & nyalakan (Powr On) kemudian pasang jumper pada soft on off button, dgn mengkoneksikan menggunakan kabel, pinset, maupun konduktor ygn ukurannya sesuai dengan lubang pin pada PSU tersebut.

  • 3. bila FAN / kipas sudah berputar itu tanda PSU sudah menyala, tapi jangan diberi beban dulu.

  • 4. Dengarkan suaranya : apabila mendengar suara tak wajar pada BOX PSU seperti berdencit, biasanya ada inverter, transistor TRIAC, capacitor ygn tdk beres. apabila mendengat bunyi mendengung disertai dengan getaran makan Trafo AC-Matic ada yang kurang bagus. apabila indikator ini terdengar maka jangan dipilih meskipun sudah menyala normal & fan sudah berputar, karena biasanya terpakai namun tdk tahan lama. Kecuali apabila ada waktu & tdk repot serta benar-benar paham cara memperbaiki power supply yang mati / rusak & juga memahami konsekuensinya kalau memilih tipe ini maka tdk jadi soal.

  • 5. kalau hanya mendengar suara FAN & hanya berdesis dengan wajar tanpa ada suara noise cukup berarti, maka memilih & melanjutkan sesi tes berikutnya untuk PSU ini.

  • 6. Setelah tahap tes no.5 sudah lewati, maka berikutnya tes untuk memberikan beban (kalau bisa) / bisa juga dengan melakukan pengukuran bisa dengan AVO analog maupun digital. PSU ATX khususnya, intinya tegangan yang aktif adalah pada PIN : +3.3Volt (Pin kabel oranye), +12Volt (Pin kabel kuning), +5Volt (Pin kabel merah) berlaku untuk yang 20Pin maupun 24Pin ATX. kalau saat mengukur dengan AVO analog setiap pin berhubungan tersebut jarum stabil & tidak bergetar maka terpastikan PSU benar-benar normal. jika menggunakan AVO Digital maka perhatikan angka tegangan pada display, jika tetap & tidak berubah-ubah maka dipastikan juga sudah normal. jika menginginkan coba tes dengan memberikan beban bisa coba sesuai kebutuhannya. (Bisa diisi cd-rom, / perangkat lain yang sekiranya masih berfungsi namun tidak urgent digunakan, soalnya sebagai tindakan preventif manakala PSU yang sedang ditest ternyata ada ganggua / trouble)

PSU BISA DI UKUR DENGAN AVO ANALOG MAUPUN DIGITAL.

Sementara itu penyampaiannya mengenai beberapa tips dalam memilih & membeli power supply untuk komputer. Semoga bermanfaat positif & aplikatif, Sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya. Selamat bekerja & beraktifitas.