Faktor yang menyebabkan harddisk cepat rusak baik pada laptop dan komputer.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 67 artikel masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Faktor yang menyebabkan harddisk cepat rusak.

Penyebab Harddisk Cepat Rusak! - 10 Faktor yg menyebabkan harddisk cepat rusak & bad sector baik pada laptop & komputer

Harddisk adalah tempat penyimpanan data berkapasitas besar utk menyimpan data & file serta aplikasi ataupun OS (Operating System). HDD (Hard Disk Drive) termasuk dlm secondary storage sesuai dg penjelasan sistem cara kerja komputer secara keseluruhan. Merk harddisk yg beredar & sdh populer punya nama seperti : Maxtor, Seagate, WD (Western Digital), Samsung, Caviar, Quantum, Toshiba, Hitachi. Diantara daftar nama harddisk tersebut yg paling tenar & banyak digunakan adalah WD & seagate. Kamu dapat bayangkan kalau harddisk yg sdh terlanjur berisi OS aplikasi & banyak dokumen tiba-tiba rusak & bad sector, tentu sangat disayangkan. Maka dari itu simak 10 faktor penyebab harddisk bad sector & cepat rusak pada ulasan kali ini, supaya kamu bs memiliki tindakan ygn lebih preventif & jaga-jaga.

Berikut ini 10 faktor ygn menyebabkan harddisk cepat rusak & bad sector yaitu :

  • 1. Listrik ygn tdk stabil. Kalau kamu pengguna komputer & tdk menggunakan UPS, maka bila listrik PLN tak stabil apalagi sering anjlok, maka komponen komputer ygn paling sering kena imbasnya adalah harddisk. Coba saja ukur listrik PLN di tempat anda, pasti naik turun antara range 198 sampai 210 volt saja. Bila kamu pengguna laptop sanggup juga mengakibatkan baterai cepat soak, & regulator di mainboard cepat rusak.

  • 2. Casing komputer kurang fentilasi udara sehingga hardisk cepat panas. Apabila suhu hardisk terlalu tinggi akn berpengaruh pada modul elektronik harddisk terutama chipset yng isinya firmware & bios harddisk. Bilamana terlampau panas juga akn berpengaruh pada induksi magnet harddisk. Induksi magnet harddisk yng berlebihan karena panas sangat mampu memicu bad sector.

  • 3. Hardisk tak di partisi, OS & file dokumen ataupun aplikasi dijadikan satu. Seumpama semua file dijadikan satu, maka enggak ada sekat & dinding pembatas antara OS & aplikasi mwpun file dokumen, harddisk bekerja lebih keras, & sekali ada sector kena bad, maka cepat sekali menyebar, hendak lebih baik lagi apabila : HardDisk buat OS sendiri & HardDisk untuk aplikasi & dokumen sendiri, cara ini sdh terbukti membuat harddisk lebih tahan lama & enggak gampang kena bad sector.

  • 4. Harddisk sering di defrag. Memang defrag bisa mempercepat kinerja komputer tapi bilamana terlalu sering hendak memperpendek umur harddisk karena memaksa komponen mekanik harddisk kerja lebih keras. Silahkan simak dampak sering defrag disini.

  • 5. Penataan kabel yng tidak rapi didalam casing. Terutama kabel harddisk seperti : IDE, SATA, PATA, SCSI untuk harddisk server, kabel yng semrawut & tidak rapi selain memperburuk aliran udara dalam casing, juga mengakibatkan induksi magnetis, pada harddisk konsep kerjanya berdasarkan signal magnetic, seumpama kabel yang acak-acakan biasanya sekiranya telah panas maka harddisk cepat panas & memicu induksi magnetis berlebihan yang dampaknya ada pada bad sector.

  • 6. Sering bongkar pasang instal & uninstall program mwpun aplikasi ukuran besar. Suka dgn game ini pasang,, telah tidak suka lalu copu & uninstall, begitu juga dng aplikasi & film yg ukurannya besar.

  • 7. Sering mematikan komputer secara paksa tanpa shutdown. Komputer yang sering dimatikan secara paksa karena alasan tertentu bakal menyebabkan harddisk tidak parking lebih dahulu, sehingga bakal merusak head & spindle harddisk.

  • 8. Sering soft reset lewat tombol reset. Karena dalam kondisi ini harddisk belum siap dimatikan / di reset alias PARKING, semisal dilakukan terlalu sering akan mengakibatkan bad sector secara halus, & seandainya dibiarkan akan menyebar diseluruh partisi harddisk.

  • 9. Terlalu sering instal ulang OS. Mengapa demikian? karena OS itu dari ISO & Image saja telah ukurannya besar, apalagi jika sudah di extract & di instal, maka ukuran & kapasitas filenya bisa 2 sampai 4 kali lipat besaran image (ISO). Sekiranya sering dihapus & ditulis pada harddisk maka mekanik & komponen elektris harddisk akan berkerja dengan lebih keras berulang-ulang, & ini berdampak buruk pada umur & kesehatan harddisk.

  • 10. Sering bypass & skip proses scandisk. Semisal OS yg kamu gunakan sudah mendeteksi harddisk sudah perlu di scandisk maka biarkan saja, karena dengan scandisk maka kondisi harddsik akan di cek secara keseluruhan terutama struktur file, kesehatan cluster & sector. Seandainya proses scandisk sering di skip & diabaikan maka akan banyak crosslink file, & kesalahan ini pada harddisk bisa menyebabkan bad sector karena software yang tidak tepat pada cluster & sector dibaca secara paksa terus menerus.

Itulah 10 faktor yang menjadi penyebab hardisk cepat rusak & bad sector pada komputer maupun bisa diasumsikan pada laptop. Jika sudah terlanjur akibat salah satu / beberapa faktor diatas kondisi harddisk kamu sekarang sudah susah diakses maka bisa simak cara repair harddisk bad sector baik akibat kerusakan fisik maupun software.