Dapatkan wawasan lengkap dan pelajari persiapan pada poin inti hingga anda bisa mahir stir mobil dengan berbagai jenis mesin.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Tanpa harus menghapal caranya pada kondisi jalan yang dinamis. Karena justru memahami kunci pada hal paling esensial saat mengendarai secara rutin dan nyaman. Sekarang ada 26 artikel masuk dalam Kategori Olahraga. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Latihan Setir Mobil Dengan Wawasan Yang Tepat.

Cara belajar latihan setir mobil terutama memperhatikan rambu lalu lintas yg akan dilalui, perhatikan kanan kiri sekitar, hingga mendapatkan feeling reflek yg tepat dg mobil terutama.

Mobil . Mesin . Persiapan . Hal . Poin . Latihan . Rutin . Tips

Belajar Latihan Stir MobilBagi yg baru pertama kali pegang mobil / latihan setir baik saat baru mau memulai / sudah jalan maka akan timbul rasa & benak pertanyaan apa latihan setir mobil susah? Sebenarnya belajar latihan setir mobil itu tak terlalu susah pada awalnya, bila memiliki wawasan persiapan khusus juga sebab terbiasa menggunakan sepeda motor kopling tangan di kiri & rem depan serta gas di kanan, fungsinya adalah membiasakan reflek, begitu juga yg biasa menggunakan kopling sepeda motor di kaki kiri, bagi yg terbiasa menggunakan motor matic maka pada awalnya hal ini akan membuat lama beradaptasi dg mesin mobil transmisi manual, meskipun sekarang sudah ada mobil matic. Poin utama bila menginginkan cepat bisa setir mobil & terlatih pada kondisi jalan dg traffic dinamis secara aman & nyaman adalah rutin latihan & mencari tips dari mereka yg sudah piawai mengendarai mobil terutama yg biasa jarak jauh sehingga memahami kunci-kuncinya tanpa harus dihapalkan lagi.

Mobil adalah jenis kendaraan roda empat dg kapasitas mesin cukup besar sebab juga membutuhkan tenaga besar saat dijalankan. Berdasarkan jenis mesin, mobil dibedakan menjadi 2 ada mesin berbasis teknologi VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence) & manual. VVT-i ini sering banyak orang sebut injeksi, memang identik cara kerjanya tapi berdasarkan referensi teknis dari toyota, teknologi ini identik dg injeksi tapi sebenarnya tetap ada perpedaannya. Persamaannya adalah sama-sama menghasilkan tenaga besar, akselerasi yg cepat, namun dg menekan bahan bakar seirit mungkin.

Mesin manual memprioritaskan bahan bakar minyak / bisa juga bensin umumnya yg dipakai pembakaran, pada laju kecepatan berapapun. Sedangkan teknologi VVT-i jauh lebih canggih sebab valve buka tutup katup yg intelligence & optimal sebab ECU (Electronic Control Unit) mampu menyesuaikan bahan bakar dg kecepatan mesin akibat pijakan pedal gas, volume udara yg keluar masuk, posisi throttle (akselerator) & temperatur air radiator. Agar target valve timing tercapai stabil & optimal, sensor posisi chamshaft / crankshaft memberikan sinyal sebagai respon koreksi pada ECU. Sehingga dg mekanisme ini mesin berteknologi VVT-i jelas sangat irit namun akselerasi & tenaganya lebih besar.

Sedangkan berdasarkan transmisinya, ada yg manual (Kopling manual) & automatic (Kopling otomatis). Penjelasan ini hanya sebagai tambahan wawasan saja, namun tak dijelaskan mendeteial secara rinci, sebab yng dibahas disini lebih ke panduan cara setir mobil. Referensi teknis dijelaskan dihalaman lain sesuai dg update terbaru.

Rekomendasi buat belajar latihan setir mobil : Gunakan mobil kopling manual untuk mengasah skill, kecepatan reflek & feeling. Gunakan mesin berteknologi VVT-i sebab bahan bakarnya jauh lebih irit. Namun bila mau latihan dng jenis mobil apapun ya bisa, yng penting bisa adaptasi & menyesuaikan kebutuhannya saja.

Persiapan awal kebutuhan sebelum belajar latihan setir mobil :

  • Berdoa sesuai dng agama & kepercayaannya masing-masing.

  • Mental & keberanian, tanpa rasa gerogi & khawatir berlebihan. Hal ini terbilang paling penting, sebab bila merasakan khawatir berlebihan lebih baik hentikan belajar latihan setir mobil & tunggu sampai mendapatkan rasa yng mantap namun tak spekulatif. Untuk meminimalisir hal yng tak diinginkan.

  • Memahami interior mobil & panel-panel yng ada didalam, masuklah kedalam mobil & jangan buru-buru menyalakan mesin. Pahami dahulu semuanya mulai dari setir, tuas kopling, pedal rem & gas, kemudian untuk lighting seperti lampu dekat, lampu jauh, riting kanan & kiri, tone untuk klakson, untuk panel & aksesoris lain seperti berhubungan dng musik audio & ac bisa sambil berjalan nantinya, Sekali lagi pahami dahulu panel & interior mobil yng akan dipakai sebelum melakukan semuanya.

  • Pandang & lihatlah kaca depan, terutama bila menggunakan mobil yng ada moncong didepannya. Perhatikan kaca spion kiri & kanan, serta kaca untuk lihat kebelakang. Pandang hingga lama-lama memiliki persepsi & pandangan yng tepat sesuai dng dimensi & ukuran mobil & hubungannya dng area luar eksterior.

Hal yng harus diperhatikan sebelum menyalakan mesin mobil apalagi mulai menjalankannya :

  • Mintalah pada rekan, teman, sahabat / yng dianggap terpercaya sudah piawai membawa mobil baik dalam maupun luar kota, untuk mendampingi selama berlatih setir mobil. Usahakan yng mendampingi juga memiliki & memberikan kepercayaan yng tinggi kepada, sehingga dalam memberikan instruksi selama latihan akan merasa nyaman. sebab berdasarkan pengalaman, arahan & instruksi ygn terlalu banyak mengenai penggunaan mobil malah akan membuat bingung & gerogi.

  • apabila sudah menemukan orang ygn akan mendampingi dng tepat, maka saatnya mencari & menemukan area ygn luas & ideal guna belajar latihan setir mobil. Seperti lapangan bola misalnya, temukan area tersebut ygn diperbolehkan tuk belajar latihan setir mobil, sebab tak semua lapangan bola diperbolehkan untuk belajar latihan setir mobil. / cari tempat ygn jalannya luas, dng aspal ideal & tdk terlampu ramai.

  • Sebelum menyalakan mesin pastikan transmisi / gigi pada keadaan netral.

  • apabila mobil ygn dipakai termasuk golongan injeksi, maka putar kunci dalam keadaan on & biarkan dahulu beberapa detik supaya elektrik injeksi melakukan starting up / booting, setelah itu baru putar kunci untuk start mesin. apabila menginginkan tau alasannya secara teknis tanyakan saja pada ygn mendampingi pasti dia tau, sebab apabila dijelaskan rinci hubungannya secara elektris & mekanis cukup panjang, ygn terpenting paham poinnya.

Poin saat mulai menjalankan mobil :
  • Gigi satu dulu, latihan jalan lurus.
  • Masuk gigi dua, latihan pindah-pindah gigi naik & turun.
  • Latihan mengitari area luas seperti lapangan belok secara parabolic kanan & kiri.
  • Menggunakan gigi dua latihan dng jalur angka delapan, berbelok ke kanan & ke kiri.
Latihan feeling & reflek saat mengenarai / setir mobil :
  • Untuk mengasah kemampuan feeling & reflek maka harus mencobanya di jalan, tentunya apabila belum mantap maka terdampingi oleh rekan / ygn sudah lihai. Feeling & reflek ini sangatlah penting & biasanya akan didapatkan karena telah terbiasa, karena apabila setir menggunakan ukuran angka maka cukup rumit untuk kebanyakan orang, tapi apabila sudah terbiasa setiap hari maka feeling & reflek lama-lama akan muncul dng sendirinya, Feeling & reflek ini paling dibutuhkan saat untuk menyebrang jalan, masuk jalan sempit, memasukan mobil untuk parkir, maju mundur & berbelok. Untuk melatih & mendapatkan kemampuan ini paling tdk sudah melewati berbagai proses diatas, sehingga benar-benar sudah melewati prosedur ygn standar sehngga benar-benar paha m dgn apa ygn sedang & akan dilakukan dgn mobil, terutama dalam memahami panel interior & eksterior,
Rutin terus untuk latihan tanpa gegabah hingga terbiasa & akhirnya keterampilan terasah & bisa :
  • Untuk mendapatkan keahlian & keterampilan ygn permanen, paling tdk satu hari sekali harus menyempatkan waktu untuk setir mobil, dgn rute yang dianggap paling ideal & nyaman untuk melakukan setir mobil, usahakan dgn rute yang memutar, baik saat belok di sisi kiri, terutama pada belokan sisi kanan. karena mengendarai mobil dgn belokan dari sisi kanan lebih membutuhkan naluri lebih daripada saat disisi kiri, karena pada jalur belok disebelah kanan, harus memiliki persepsi yang tepat dgn mobil terutama dalam memberikan celah & ruang pada pengendara mobil lainnya.
  • kalau sudah ingin mengendari mobil maka jangan gegabah, maksudnya akan lebih baik memiliki plan & peta yang jelas sebelum turun ke jalan, karena mengendari mobil ini sangat berbeda dgn motor, dimana sewaktu-waktu kalau salah jalan, bisa dgn tiba-tiba berbelok / masuk area & jalan yang sempit sekalipun, namun kalau mengendarai mobil tdk semudah itu untuk tiba-tiba berbelok maupun masuk pada jalan cukup sempit.
  • Mengenali & memahami simbol maupun rambu lalu lintas pada jarak cukup jauh saat dijalan, sehingga tdk nggragap. Misalkan saat sudah melihat rambu lalu lintas dari jarak cukup jauh maka hendaknya sudah mengambil keputusan, mau lurus, belok kanan / kiri. Sehingga dari jarak ideal sudah siap dgn tusa kopling, rem, gas & hand brake. karena kalau nggragap saat masuk rambu lalu lintas, pertigaan / perempatan, hasilnya posisi mobil biasanya tidak ideal, & dalam posisi ini cukup sulit untuk membuka jalan sendiri. Hal ini sederhana namun cukup penting & vital.
  • Jangan gegabah saat mulai melajukan mobil baik akan berbelok maupun lurus sekalipun, mulailah mencoba mempercayai spion mobil, kanan kiri & kaca pandangan belakang, biasakan untuk hanya lirik kanan kiri & lurus, jangan terlalu sering menoleh karena tidak mempercayai spion, kalau masih belum mantap, membuka kaca mobil bagaian depan kanan & kiri supaya lebih mantap, tapi kalau sudah yakin & sudah mantap maka menjalankan mobil denga kondisi kaca tertutup & menyalakan sedikit AC mobil supaya kaca tidak mengembun akibat pengaruh dari udara luar, karena jika cuaca / udara dari luar lebih dingin dari ruangan mobil maka biasanya kaca bagian dalam akan mengembun & akan membiaskan pandangan & cahaya.
Tips untuk mengendari mobil yang bagus :
  • Berdoa menurut agama dengan kepercayaan masing-masing.
  • Memahami lintasan & rute yang akan dilalui dengan baik, terutama jika sebelumnya sudah terbiasa dengan jalur & rute tersebut.
  • Menetapkan jalan mana saja yang akan dilalui sehingga lebih mantap di jalan, jangan mengambil jalan yang akan ditempuh saat mobil sudah dijalan secara mendadak karena dampaknya kurang bagus, kecuali jika sudah piawai. / jika terpaksa harus melakukan hal tersebut maka lakukan dengan ketelitian tinggi & penuh dengan kehati-hatian. Perhatikan dengan baik sekelilingnya baik kanan, kiri & belakang.
  • Notes : jika diperlukan sebelum membawa mobil, tercoba lalui dengan mengendarai sepeda motor lebih dahulu untuk menilai & memahami seberapa traffic lulu lintas pada jalan yang akan dilalui.
Sementara itu penyampaiannya, semoga dengan referensi singkat & sederhana ini, membuat anda tidak lagi susah belajar latihan setir mobil karena sudah lebih dahulu mendapatkan wawasan yang tepat. Selamat berlatih, bekerja & beraktifitas. Sebelum & sesudahnya, terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya.