Dasar-dasar installasi mikrotik dan manajemen bandwith jaringan internet.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 22 artikel masuk dalam Kategori Jaringan. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang Pengertian dasar dan instalasi mikrotik.

Dasar-dasar installasi mikrotik dan manajemen bandwith jaringan internet.

BOX-MikrotikMikrotik merupakan rooter hub yang berfungsi untuk manajemen bandwith yaitu mengatur banyaknya upload dan download yang keluar dan masuk melalui jaringan internet menggunakan cara membagi koneksi internet dengan konfigurasi tertentu, mulai dari konfigurasi basic sampai dengan filter http atau setingan yang lebih kompleks.

Mikrotik saat ini sangat banyak digunakan mengingat fungsinya yang vital dan dengan harga yang terjangakau, Mikrotik saat ini banyak digunakan untuk manajemen bandwith di perkantoran, isp, warnet, jaringan lan, internet dan yang lainnya yang membutuhkan pengaturan bandwith manajemen didalamnya sesuai dengan topologi jaringan serta konstruksi network maupun skema koneksi baik LAN maupun jaringan WAN sehingga pembagian bandwidth merata tanpa menimbulkan broadcast yang berlebihan baik secara internal dan external. Jika anda memiliki atau punya plan ingin membuat warnet baru misalnya, anda bisa belajar mengenai cara konfigurasi warnet baru pada LAN dengan isp baru karena sekarang isp untuk warung internet khususnya sebenarnya banyak pilihan, apalagi jika anda mendapatkan langsung melalui providernya, mungkin bisa dapat dispensasi khusus untuk paket tertentu, seperti contohnya yang saat ini banyak digunakan adalah dari Telkom speedy. Karena harga terjangkau meskipun kadang BW agak naik turun dikit, tapi cukupan untuk warnet. Atau anda bisa menggunakan alternatif lain yang sesuai dengan planning jaringan anda.

Installasi mikrotik sebenarnya cukup mudah jika sudah memajami dasar-dasarnya, Untuk melakukan konfigurasi mikrotik untuk bagi bandwidth jaringan internet dasar-dasar yang harus di ketahui antara lain : IP Mikrotik,Winbox Tools Untuk konfigurasi mikrotik,Kabel RJ-45 (Kalau dari NIC PC ke Mikrotik menggunakan kabel cross, sedangkan dari Mikcrotik ke switch/hub menggunakan kabel RJ-45 straight),Konfigurasi DNS,Konfigurasi Gateway,Konfigurasi ISP (Jika terkoneksi internet),Mengaktifkan NAT,Mengaktifkan Mangle,Mengatur Quewe (Volume download dan upload),Konfigurasi Filtering.Dan Expansi konfigurasi sesuai dengan kebutuhan. To be continue ...