5 Tes SKB yang benar bagi yang akan seleksi pegawai negeri ASN PNS sesuai bidang kerja jabatan yang dilamar.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik 5 Klasifikasi tes SKB ini akan cukup berat bagi yang ingin menjadi pegawai negeri yang berkualitas tinggi. Sekarang ada 128 artikel masuk dalam Kategori Psikotes. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat memakai PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version. Silahkan selengkapnya simak artikel tentang 5 Tes SKB yang benar bagi yang akan seleksi.

Bagi yang akan menjalani tes SKB pasti sangat ingin tahu, tes SKB yang benar itu seperti apa? supaya lolos bagaimana caranya? sebab sudah sangat ingin menjadi pegawai negeri / ASN / PNS. Pahami bidang kerja jabatan yang anda lamar jika serius ingin menjadi pegawai negeri yang berkualitas tinggi. Untuk menjawan rasa penasaran anda tentang tes SKB, maka semua akan dijelaskan secara rasional, logis & kongkrit. Seimak selengkapnya & budayakan baca sampai selesai agar tidak gagal paham.

Pertanyaan yang berhubungan dg tes SKB :

  • 1. Definisi & pengertian tes SKB?

  • 2. Apa itu tes SKB?

  • 3. Apa saja kisi-kisi soal tes SKB?

  • 4. Apakah tes SKB itu sulit?

  • 5. Siapa yang bisa lolos tes SKB?

  • 6. Mengapa harus ada tes SKB?

  • 7. Dan beberapa pertanyaan lain yang berhubungan dg serba-serbi tes SKB.

Semua pertanyaan ini akan kita bahas secara praktis, efisien, gamblang agar mudah dipahami.

DEFINISI & PENGERTIAN TES SKB MEMANG BENAR BERHUBUNGAN LANGSUNG DENGAN KOMPETENSI TEKNIS PELAMAR :

Kepanjangan tes SKB (Tes Kompetensi Bidang), melihat singkatannya saja sudah jelas, komptensi sesuai bidang yang akan diujikan. Dengan adanya tes SKB ini diharapkan nanti, calon ASN yang akan didapatkan ini benar-benar memiliki kompetensi sesuai bidangnya. Jadi yang namanya tes SKB ini langsung berhubungan dg teknis kompetensi bidang tertentu secara kongkrit dan spesifik.

Karena mungkin bisa saja mereka yang lolos tes SKD pada saat tes belum tentu benar-benar kompeten secara intelektual dasar, masih ada kemungkinan : bisa saja pas tes SKD lewat CAT, cara menjawabnya ngawur / asal-asalan bisa saja, tapi Ndilalah lagi pas bener, jadi dapat skor tinggi & bahkan lolos passing grade. Tes SKD isinya TIU, TWK, TKP, jawabannya pilihan ganda, esay, yang koreksi komputer dg algoritma tertentu, hasil tesnya langsung keluar.

Karena hasil tes SKD yang begitu dinamis serta hasilnya yang begitu fluktuatif, serta belum bisa mencerminkan 100% skill & keterampilan teknis seorang calon pegawai PNS / ASN, maka masih harus tes SKB, untuk membuktikan validitas kualifikasi, kompetensi, keterampilan yang sebenar-benarnya dari calon PNS yang sudah lolos tes SKD.

Tes SKB itu sendiri secara garis besar intinya berisi 5 kisi-kisi seperti berikut sesuai tujuan utama pendidikan :

  • 1. Tes verbal dg wawancara / interview langsung dg peserta tes CPNS.

  • 2. Tes mcroteaching, presentasi, akan suatu soal & pemecahan, tanpa persiapan.

  • 3. Tes pemahaman bidang kerja & jabatan yang dilamar, peserta tes CPNS akan diuji yang intinya seberapa paham & menjiwai terhadap bidang kerja & jabatan yang dilamarnya, pengalaman kerjanya, serta mempu memberikan gambaran teknis dg jelas : apa keuntungan institusi jika menerima pelamar tsb jadi pegawai? & apa kontribusi teknisnya supaya institusi maju? intinya berkisar soal itu.

  • 4. Tes Kesamaptaan dimana peserta akan diuji langsung secara medis baik secara fisik & psikologis. Tentunya yang namanya pegawai negeri / PNS / ASN haruslah orang-orang pilihan, sehat jasmani & rohani. Pemerintah tentu tidak mau dapat ASN / PNS yang kerjanya lambat, klemar-kelemer, otaknya tidak responsif menemukan pemecahan.

  • 5. Tes tata negara berhubungan dengan pemahaman aturan / kebijakan seperti : PERMENDIKBUD, PERMENPAN RB, Aturan DINDIK, PERGUB, & peraturan daerah maupun pemerintah lainnya. Sebab jika calon PNS tidak memahami aturan maupun salah mempersepsikan aturan / kebijakan, cara kerjanya pasti akan jauh diluar JUKNIS yang sudah ditetapkan.

Untuk menjadi pegawai negeri ASN PNS selain lolos tes SKD harus lulus tes SKB sesuai bidang kerja yang dilamar :

Jika tes SKB ini dijalankan benar-benar dengan penuh kesungguhan, konsekuensi & tanggung jawab, sudah pasti calon ASN / PNS yang akan didapatkan nanti pasti berkualitas teknis tinggi & memiliki etos kerja yang benar sesuai platform kenegaraan. Kita semua ingin negara ini di isi oleh pegawai negeri yang berkompeten dibidangnya, jangan sampai salah pilih, karena kualitas ASN / PNS ini sangat menentukan kemajuan negara & kemakmuran rakyat secara menyeluruh.

Bagi yang sebelumnya tes SKD sudah lolos dengan skor tinggi, apalagi bermodal jawaban spekulasi / ngawur / asal-asalan / hanya keberuntungan saja, maka jika benar-benar di tes dengan SKB ini akan lebih banyak tidak lolosnya alias gigit jari. Karena mulai tahun 2018 ini ditinjau dari berbagai faktor APBD & APBN, maka logikanya tidak akan semudah itu jika ingin menjadi pegawai negeri.

Kompetensi bidang kerja jabatan yang dilamar adalah syarat utama jika ingin menjadi pegawai ASN PNS yang bermutu tinggi :

Kita semua ingin, para calon ASN / PNS yang akan mengisi bidang kerja / jabatan diberbagai layer pemerintahan daerah maupun pusat ini, benar-benar berkualitas tinggi & kompeten. Pemerintah seyogyanya bisa adil & bijak serta selektif memilih para calon pegawai negeri sipil agar negara kita tercinta ini semakin berkembang & terarah menjadi negara maju.

Bagi anda yang sekarang sedang & akan menjalani tes SKB, semoga bisa lolos & menjadi PNS sesuai dengan kualifikasi & bidang kerja yang dilamarnya.

Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya, selamat bekerja & beraktifitas. Sukses adalah Hak Anda.