MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Pengertian dari sistem supervisory jaringan bisa didefinisikan sebagai sistem yang digunakan untuk mengontrol sub-system layer-layer network dibawahnya secara tersentral (Terpusat).

Sehingga kinerja dari perangkat mudah untuk dievaluasi dan didiagnostic melalui system log-nya. Dengan demikian maintenance akan lebih cepat karena memiliki Check Summary yang jelas dan kongkret. Saat ini ada 5 artikel yang masuk dalam Kategori Persinyalan. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : 88035. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Persinyalan khususnya mengenai Sistem Supervisory Jaringan Implementasi Kontrol Layer Network.

Dasar-dasar Saluran komunikasi, Transmisi telekomunikasi, Jaringan Komunikasi Data, dan Hubungannya dengan Sistem Persinyalan (Signaling System).

Supervisory . Saluran . Pekerjaan . Komunikasi . Persinyalan . Elektrik . Mekanik

Saluran telekomunikasi adalah media atau perantara fisik/non fisik yang dijadikan jambatan dan jalannya transmisi telekomunikasi pada pengiriman dan penerimaan paket data analog maupun digital jaringan komunikasi data.

Transimisi telekomunikasi adalah hubungan antar terminal telekomunikasi baik pada saat mentransimiskan maupun menerima paket melalui saluran telekomunikasi.

Jaringan komunikasi data adalah jaringan yang mengatur hubungan antar protokol dengan register atau ID yang beragam yang nantinya dilewatkan melalui saluran telekomunikasi dan melalui perangkat transmisi telekomunikasi.

Persinyalan merupakan indikator pengkodean atau rambu yang mengindikasikan kinerja sebuah perangkat mekanis maupun elektris. Yang bisa diperlihatkan dalam bentu simbol, lampu, rambu, semboyan, cahaya dan lain sebagainya.

Sistem Persinyalan merupakan sistem yang terintegrasi yang mampu menerjemahkan aktifitas fisik sebuah perangkat, komponen, hardware, menjadi sebuah indikator logic. Yang nantinya indikator ini bisa digunakan oleh sub sistem lainnya dalam satu sistem. Sistem persinyalan sendiri dibagi menjadi dua yaitu :

  • Sistem persinyalan mekanis adalah sistem yang konstruksi keseluruhannya baik dari sub sistem sampai dengan sistemnya terdiri dari perangkat mekanis atau hardware, baik dalam indikatornya mapaun impact kinerja antar perangkatnya.

  • Sistem persinyalan elektris adalah sistem terintegrasi yang bisa menjadikan kinerja persinyalan mekanis menjadi indikator dalam bentuk pengkodean sinyal (Logic) yang nantinya kode logic tersebut bisa diterjemahkan processor inti sebagai indikator kinerja perangkat-perangkat mekanik yang terhubung satu sama lain dalam satu sistem.

Perbedaan antara segmen pekerjaan saluran telekomunikasi, transmisi telekomuniasi, jaringan komunikasi data, dan sistem persinyalan maupun persinyalan itu sendiri :

  • Pekerjaan dalam saluran telekomunikasi adalah pekerjaan yang utamanya adalah menyiapkan media perantara untuk digunakan sebagai saluran transmisi telekomunikasi, Indikator dalam pekerjaan ini adalah melakukan loop dan melakukan feed back antar node atau terminal telekomunikasi, Tanpa harus mengetahu layer-layer komunikasi data yang terintegrasi didalamnya. Jadi pekerjaan dan tugas utamanya hanya menyiapkan media telekomunikasi baik saluran fisik maupun berbasis wireless, dan melakukan loop secara direct sebagai indikator terpasangnya saluran telekomunikasi.

  • Pekerjaan dalam transmisi telekomunikasi adalah pekerjaan yang menyangkut pada perangkat terminal yang sudah terhubung melalui saluran telekomunikasi, Pekerjaan utamanya adalah mengatur distribusi layer-layer data telekomunikasi sesuai dengan register, Indikator utama dalam pekerjaan ini adalah terhubungnya antar terminal perangkat telekomunikasi sesuai dengan layer-layer data yang ditransmisikan/didistribusikan melalui suatu saluran telekomunikasi.

  • Pekerjaan dalam komunikasi data adalah memberikan identifier / register pada setiap layer-layer data telekomunikasi, agar data-data telekomunikasi yang ditransmisikan melalui saluran telekomunikasi dan perangkat transmisi telekomunikasi, sesuai dengan kebutuhan. Dan juga supaya komunikasi penerimaan (receive) dan pengiriman (transmite) antar perangkat transmisi maupun terminal-terminal terhubung secara harmonis tanpa terjadinya tumbukan yang ambigu dalam distribusi telekomunikasi, terutama jika jaringan sudah menganut multiplexing maupun menggunakan layer MPLS.

  • Pekerjaan dalam sistem persinyalan adalah pekerjaan yang utamanya mensinkronisasikan kinerja antara perangkat outdoor (mekanis) dengan indoor (lebih bersifat elektris) agar bekerja secara terpadu sesuai dengan konstruksi dan tujuan utama sistem persinyalan itu sendiri. Pekerjaan ini dibagi dalam dua bagian, yaitu pekerjaan indoor dan outdoor. Pekerjaan outdoor yang berhubungan langsung dengan aktifitas mekanis, dan pekerjaan indoor khusus untuk kontrol elektris. Indikator dalam pekerjaan ini adalah bekerjanya perangkat-perangkat luar (outdoor) sesuai dengan konstruksi sistem persinyalan elektris (indoor).

Apakah ke-empat segmen pekerjaan tersebut bisa disatukan? Untuk operasional mungkin saja bisa, Tapi untuk efisiensi sepertinya belum bisa, karena pada realitanya keempat segmen pekerjaan tersebut memiliki basis dan pemahaman yang berbeda-beda pada setiap segmennya. Membutuhkan training, edukasi dan jam terbang khusus.

Untuk saat ini hampir semua perusahaan-perusahaan besar pada setiap segmen bisnis membutuhkan aktifitas pekerjaan tersebut, karena pada realitanya saat ini hampir seluruh perangkat menganut elektrisasi dan sistem digital (Programmable) dan komputerisasi.

  • Terutama jika membutuhkan sistem administrator dan supervisori. System Supervisory merupakan sistem yang bisa digunakan untuk mengontrol seluruh sub sistem dalam satu sistem tersentral. Dengan supervisori maka pekerjaan dan kinerja seluruh perangkat akan bisa dipermudah dalam hal evaluasinya secara menyeluruh tidak hanya dengan melihat referensi dari log pada setiap perangkat yang terhubung satu sama lainnya dalam satu sistem.

Semoga referensi yang singkat dan sederhana ini bisa bermanfaat positif dan aplikatif. Karena referensi sederhana ini hanya berisi dasar-dasarnya saja dan tidak dideskripsikan secara mendetail.

Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda.
Selamat bekerja dan beraktifitas.


Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Sistem Supervisory Jaringan | Implementasi Kontrol Layer Network silahkan bisa membuka halaman Kategori Persinyalan yang didalamnya juga berisi sub materi tentang Saluran Transmisi Jaringan Komunikasi Data Sistem Persinyalan. Info terbaru ini merupakan revisi ke : 88035.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis pakai format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
2 & 9=?

 
  

Silahkan jika serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh. Syarat komentar : gunakan data valid, terutama email aktif & subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik & prosedur tidak akan direspon. Comment harus sesuai topik materi perihal sistem supervisory jaringan implementasi kontrol layer network.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel bab sistem supervisory jaringan implementasi kontrol layer network :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
2 & 9=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Isi Pesan
Nama rekan
E-Mail
Hasil perkalian
2 & 9=?
 

Jika memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat juga membutuhkan informasi artikel khusus ttg Persinyalan ini maka boleh mengirimkan info ini menggunakan email valid. Gunakan post visitor sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas secara baik & benar serta materi topik berhubungan tentang sistem supervisory jaringan implementasi kontrol layer network.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access