Download software terlengkapRagam IC yg tertanam di ponsel

Info cara terbaru solusi terlengkap dan terbaikDan fungsi serta karakteristik komponen terintegrasi. Pelajari dan simak mulai spare part inti processor kemudian regulator sampai dengan aksesoris seperti memory hp external lalu untuk RF (radio Frequency) pada RF PA. Kalau seandainya membutuhkan video tutorial lengkap checksum eprom berbagai ic ponsel silahkan bisa download lengkap. User guide dan panduan penggunaan beserta literatur aksesoris tambahan sudah dibawakan didalamnya.


Download aplikasi terbaruSekarang yang terbaru ada : 56 artikel servis hp Kategori Handphone. Bisa dilihat menggunakan smartphone android, PC-Desktop, Komputer maupun Laptop. Pembaruan sub versi update revisi ke : 107548.


Panduan belajar teknisi servis HP dan pengenalan komponen.

berbagai fungsi dan jenis komponen vital pada handphone untuk dasar belajar cara servis hp hingga ke komponen aksesoris tambahan.

Komponen . Fungsi . Processor . Memory . Regulator . RF PA . Tutorial . Aksesoris . Download

Khusus untuk yang ingin belajar cara servis hp dari dasar hingga dapat menjadi teknisi handal berpenghasilan nantinya, maka dapat simak pengenalan komponen untuk dasar servis hp. Kamu bisa simak berbagai jenis fungsi spare part vital mulai dari processor sampai dengan ic flash. Selain itu bisa mengenal komponen yang bertindak sebagai catu daya regulator brigde untuk hp keluaran baru bb5. Komponen penting untuk sinyal seperti RF PA berfungsi untuk transmite (Tx) receive (Rx) pada semua jenis merk tipe hp, juga komponen aksesoris tambahan yang tidak kalah pentingnya untuk bekal belajar servis hp. Bagi yang berkenan, serius membutuhkan secara lengkap mulai dari panduan, tools, tutorial, ufc disini juga langsung disediakan fasilitas download sehingga lebih valid realistis, namun disarankan untuk menyimak semua ini dahulu agar lebih ilmu pengetahuan pemahaman semakin komplit matang.

Struktur Handphone NOKIA BB5 dan pengenalan komponen vital paling inti dalam HP. Ponsel Nokia terbaru memiliki dual processor adalah golongan BB5. Handphone golongan ini memiliki kecanggihan yang tidak dimiliki oleh golongan Nokia sebelumnya (DCT3, DCT4, DCT4WD2). Ponsel Nokia BB5 seperti Nokia 6630, 6680, 6680, 6681, N Series. Simak Selengkapnya.

Komponen utama pada struktur hp bb5 secara khusus adalah komponen yang bertindak untuk meliniearkan kinerja sistem ponsel secara keseluruhan, mengintepretasikannya secara GUI pada layar handphone, setelah terjadi kombinasi simultan antara program kendali dan proporsinalitas hardware komponen yang digunakan.

Pengenalan fungsi komponen pada HP secara spesifik adalah sebagai berikut :

  • Jenis komponen aktif HP berfungsi tidak hanya menyalurkan tegangan (Vcc) saja tapi juga memproses timer clock (Data Digital) serta menginisialisasi dan sebagai pengontrol kinerja komponen yang berhubungan secara sistematis. Komponen HP yang aktif fungsinya sangat vital kalau di copot hp tidak berfungsi atau mati secara total (MaTot) dan sebaliknya. Contoh nyata adalah processor ponsel kemudian regulator ponsel yang merupakan beberapa dari sekian komponen utama handphone BB5.

  • Jenis komponen pasif pada HP fungsinya lebih dominan menyalurkan tegangan (Forward Reverse Bias) pada komponen lain dan aksesoris tambahan serta tidak difungsikan sebagai pengendali. Artinya kalau copot komponen tersebut tidak begitu berpengaruh pada HP dan tetap menyala, contohnya coplok IC-PA maka hppun akan tetap nyala cuma tidak dapat signal. Contoh lainnya : IC-BT (Bluetooth) copot maka HP tetap ON meskipun tidak bisa untuk sharing via bluetooth. Dengan catatan mencopotnya menggunakan mekanisme dan standar prosedur yang benar serta tidak merusak jalur serta menggunakan BGA reworks tools ataupun blower cukup berkualitas.

WARNING! : Contoh cara di atas tidak untuk dicoba-coba terutama pada komponen tipe BGA, karena untuk mencopot memasang membutuhkan suhu yang sangat khusus, kadang tidak bisa dengan ukuran parameter yang tertera pada blower uap yang dipakai, tapi lebih menggunakan pengalaman jam terbang khusus. Kalau ingin mencoba, silahkan dampingi oleh mereka : teman, anda, rekan, sahabat paling dipercaya menguasai repair hardware ponsel dan menggunakan perangkat yang recommended. Ini supaya lebih savety, realistis logis serta preventif. (Tyr its and all about your own risk - Do it gently!)

I. komponen PROCESSOR HP berperan penting sebagai otak adalah :

  • RAP3G (3G Radio Application Processor) berfungsi mengatur proses kerja utama ponsel. Tegangan didapat dari RETU yaitu VIO 1,8 Volt, serta Vcore 1,4 Volt dari TAHVO.

  • OMAP (Open Multimedia Audio Processor) berfungsi mengatur User Interface seperti Camera, MMC, keypad, LCD, dsb. OMAP mendapat supply tegangan dari RETU yaitu VIO 1,8 Volt.
    Masing-masing processor memiliki memory sendiri. RAP3G memiliki NOR Flash+SDRAM, sedangkan OMAP dengan APE Combo memory

II. Memory HP Sebagai tempat penyimpanan data dibutuhkan oleh ponsel digunakan jenis memory (Flexible EPROM dan Permanen ROM ) sebagai berikut :

  • NAND Flash (APE Combo Memory) diakses oleh OMAP Processor. Jenis memory ini berisikan data-data aplikasi serta data pengaturan User Interface pengguna. NAND Flash mendapatkan supply tegangan dari IC Power RETU yaitu VIO 1,8 Volt VDRAM 1,8 Volt.

  • NOR Flash+SDRAM (CMT Memory) yaitu memory yang berisikan data-data vital fungsi utama dari ponsel berisikan firmware, kalibrasi dan certificates ID. Supply tegangan VIO 1,8 Volt dari RETU. Kalau teknisi sudah sering servis hp dengan mengganti ic flash sekaligus flashing kini ada cara agar hp awet setelah servis sehingga konsumen nyaman dan sebagai teknisi semakin mendapatkan reputasi bagus karena hasil garapan ic flash lebih awet jauh di atas waktu garansi servisnya.

III. Regulator Power Supply HP. Komponen Power Supply atau lebih dikenal dengan sebutan IC Power pada ponsel BB5 ini juga terbagi menjadi dua bagian yaitu :

  • RETU adalah IC Power Utama bertugas memberikan supply tegangan pada CPU, SIM Card, serta Startup Power dan tegangan vital lainnya. Juga memproses signal audio (Vibrator, Microphone,Earphone Speaker Phone). Kerusakan pada RETU dapat menyebabkan ponsel mati total dan kerusakan lainnya. Fungsi lain dari RETU yaitu mengatur pencahayaan LED baik LCD/Keypad Led. Keypad LED tidak akan menyala saat berada di ruangan terang. ALS (Ambient Light Sensor) ini terletak pada casing depan ponsel berupa transistor peka cahaya.

  • TAHVO adalah IC Power kedua bertugas pula memberikan tegangan ke CPU, tegangan pengisian battere (charger), tegangan flashing, serta tegangan LED. Tidak seperti DCT4, pada IC Powernya UEM yang mengandung data keamanan nomor IMEI, maka pada RETU TAHVO tidak ada data keamanan didalamnya, sehingga penggantian RETU TAHVO ini tidak diperlukan pengisian security area seperti halnya DCT4.

IV. RF (Radio Frequency) HP. IC Komponen Signal Processor pada ponsel BB5 juga terbagi dua komponen yaitu :

  • HINKU adalah komponen penerima signal (Receiver). Signal masuk ke ponsel diolah oleh Hinku kemudian bakal dikirimkan menuju RAP3G outputnya pada speaker.

  • VINKU adalah komponen pemancar signal dari mic menuju RAP3G ke VINKU diperkuat oleh PA dan dipancarkan menuju isp provider.

V. Komponen lainnya dalam hp sebagai aksesoris tambahan (add in) adalah :

  • PA GSM dan WCDMA bertugas memperkuat ouput signal yang datang dari VINKU.

  • Antenna Switch mengatur jalur penerima dan pemancar signal masuk keluar.

  • Bluetooth IC mengontrol fungsi kerja Bluetooth untuk transfer data pada gelombang frekuensi 2,4 Ghz. Dengan mengenal mengetahui komponen serta fungsi kerjanya, maka kita dapat dengan mudah mendeteksi mengetahui asal kerusakan kalau terjadi masalah pada ponsel Nokia maupun serumpun dan sudah masuk golongan terbaru bb5 maupun N atau X Seires.

Bagi yang benar-benar ingin belajar dari dasar cara servis hp semua merk tipe disini disediakan juga panduan tutorial service HP, boleh review tutorial cara service HP dengan berbagai box flasher secara kronologis dan urut sesuai hp yang akan di repair atau perbaiki. Dapat coba terlebih dahulu, agar memahami kapasitas fungsi, manfaatnya untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Melalui metode pandauan ini pemula sekalipun bisa jadi teknisi hp yang berpenghasilan karena nanti bisa memperluas konsumen dan memiliki lebih banyak pelanggan.

untuk yang ingin download untuk melihat langsung checksum (Check Summary) serta log IC ataupun komponen-komponen yang sudah dijelaskan di atas menggunakan beragam dongle tools silahkan kalau berkenan dapat download program servis hp didalmnya sudah disediakan demo/trial dalam bentuk video sekaligus live langsung dari hp ke box supaya lebih realistis lebih mudah dipahami secara visual, Notes : Kalau serius ingin mendownload seluruhnya mohon menggunakan data lengkap dan email yang valid serta masih aktif, semua paket file unduhan akan terkirim ke email saat itu juga. Kalau cocok sesuai dengan visi kebutuhannya, silahkan boleh register untuk menggunakannya secara penuh (Full). Sehingga secara logis diharapkan didapat lebih mantap dengan yang sudah dideskripsikan bagian per bagian diatas. Sementara itu dahulu yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat positif lebih aplikatif lagi kedepannya.

Terima Kasih atas Kunjungan Kepercayaan Anda. Semoga referensi singkat sederhana pengenalan komponen dan analisa kerusakan untuk dasar servis hp ini bermanfaat untuk yang membutuhkan. Selamat bekerja beraktifitas. Sukses Adalah Hak Saudara.


servis hp8 artikel berkaitan dengan servis hp yaitu :