Download software terlengkapPengertian Saluran Telekomunikasi | Transmisi Jaringan | Komunikasi Data

Info cara terbaru solusi terlengkap dan terbaikPengertian saluran pada jaringan telekomunikasi adalah media perantara fisik maupun non-fisik yang menjadi jembatan terjadinya komunikasi, sedangkan transmisi jaringan adalah hubungan antar terminal pada saat mentransmisikan maupun menerima paket melalui saluran komunikasi data. Sedangkan jaringan komunikasi data merupakan kontrol pengatur hubungan antar protokol komunikasi baik dalam bentuk paket, register maupun otentikasinya.


Download aplikasi terbaruSekarang yang terbaru ada : 4 artikel Kategori Persinyalan. Bisa dilihat menggunakan smartphone android, PC-Desktop, Komputer maupun Laptop. Pembaruan sub versi update revisi ke : 88034.


Supervisory . Saluran . Pekerjaan . Komunikasi . Persinyalan . Elektrik . Mekanik

Saluran telekomunikasi adalah media / perantara fisik/non fisik yg dijadikan jambatan & jalannya transmisi saluran telekomunikasi pada pengiriman & penerimaan paket data analog maupun digital jaringan komunikasi data.

Transimisi telekomunikasi adalah hubungan antar terminal telekomunikasi baik saat mentransimiskan maupun menerima paket melalui saluran telekomunikasi.

Jaringan komunikasi data adalah jaringan pengatur hubungan antar protokol dg register / ID beragam yg nantinya dilewatkan melalui saluran telekomunikasi & melalui perangkat transmisi saluran telekomunikasi.

Persinyalan merupakan indikator pengkodean / rambu yg mengindikasikan kinerja sebuah perangkat mekanis maupun elektris. yg bisa dilihat dalam bentuk simbol, lampu, rambu, semboyan, cahaya & lain sebagainya.

SALURAN TELEKOMUNIKASI dg KOMUNIKASI DATA adalah BERBEDA dalam TRANSMISI TELEKOMUNIKASI maupun SISTEM PERSINYALAN.

Sistem Persinyalan merupakan sistem yg terintegrasi yg bisa menerjemahkan aktifitas fisik sebuah perangkat, komponen, hardware, menjadi sebuah indikator logic. yg nantinya indikator ini dipakai oleh sub sistem lainnya dalam satu sistem. Sistem persinyalan sendiri dibagi menjadi dua yaitu :

  • Sistem persinyalan mekanis adalah sistem yg konstruksi keseluruhannya baik dari sub sistem sampai sistemnya terdiri dari perangkat mekanis / hardware, baik dalam indikatornya mapaun impact kinerja antar perangkatnya.

  • Sistem persinyalan elektris adalah sistem terintegrasi yg menjadikan kinerja persinyalan mekanis menjadi indikator berbentuk pengkodean sinyal (Logic) yg nantinya kode logic tersebut diterjemahkan processor inti sebagai indikator kinerja perangkat-perangkat mekanik yg terhubung satu sama lain dalam satu sistem.

Perbedaan antara segmen pekerjaan saluran telekomunikasi, transmisi telekomuniasi, jaringan komunikasi data, & sistem persinyalan maupun persinyalan itu sendiri :

  • Pekerjaan dalam saluran telekomunikasi adalah pekerjaan yang utamanya adalah menyiapkan media perantara untuk dipakai sebagai saluran transmisi saluran telekomunikasi, Indikator dalam pekerjaan ini adalah melakukan loop & melakukan feed back antar node / terminal telekomunikasi, Tanpa harus mengetahu layer-layer komunikasi data yang terintegrasi didalamnya. Jadi pekerjaan & tugas utamanya hanya menyiapkan media telekomunikasi baik saluran fisik maupun berbasis wireless, & melakukan loop secara direct sebagai indikator terpasangnya saluran telekomunikasi.

  • Pekerjaan dalam transmisi saluran telekomunikasi adalah pekerjaan yang menyangkut pada perangkat terminal setelah terhubung melalui saluran telekomunikasi, Pekerjaan utamanya adalah mengatur distribusi layer-layer data telekomunikasi sesuai register, Indikator utama dalam pekerjaan ini adalah terhubungnya antar terminal perangkat telekomunikasi sesuai layer-layer data yang ditransmisikan/didistribusikan melalui suatu saluran telekomunikasi.

  • Pekerjaan dalam komunikasi data adalah memberikan identifier / register pada setiap layer-layer data telekomunikasi, agar data-data telekomunikasi yang ditransmisikan melalui saluran telekomunikasi & perangkat transmisi saluran telekomunikasi, sesuai kebutuhan. Dan juga supaya komunikasi penerimaan (receive) & pengiriman (transmite) antar perangkat transmisi maupun terminal-terminal terhubung secara harmonis tanpa terjadinya tumbukan yang ambigu dalam distribusi telekomunikasi, terutama bila jaringan sudah menganut multiplexing maupun menggunakan layer MPLS.

  • Pekerjaan dalam sistem persinyalan adalah pekerjaan yang utamanya mensinkronisasikan kinerja antara perangkat outdoor (mekanis) dg indoor (lebih bersifat elektris) agar bekerja secara terpadu sesuai konstruksi & tujuan utama sistem persinyalan itu sendiri. Pekerjaan ini dibagi dalam dua bagian, yaitu pekerjaan indoor & outdoor. Pekerjaan outdoor berhubungan langsung dengan aktifitas mekanis, & pekerjaan indoor khusus untuk kontrol elektris. Indikator dalam pekerjaan ini adalah bekerjanya perangkat-perangkat luar (outdoor) sesuai konstruksi sistem persinyalan elektris (indoor).

DALAM SATU SISTEM JARINGAN KOMUNIKASI DATA MELALUI SALURAN TELEKOMUNIKASI, yang termasuk dalam pekerjaan ini?

Apakah ke-empat segmen pekerjaan tersebut bisa disatukan? Untuk operasional mungkin saja bisa, Tapi untuk efisiensi sepertinya belum bisa, sebab pada realitanya keempat segmen pekerjaan tersebut memiliki basis & pemahaman berbeda-beda pada setiap segmennya. Membutuhkan training, edukasi & jam terbang khusus.

Untuk sekarang hampir semua perusahaan-perusahaan besar pada setiap segmen bisnis membutuhkan aktifitas pekerjaan tersebut, sebab pada realitanya sekarang hampir seluruh perangkat menganut elektrisasi & sistem digital (Programmable) & komputerisasi.

  • Terutama apabila membutuhkan sistem administrator & supervisori. System Supervisory merupakan sistem untuk mengontrol seluruh sub sistem dalam satu sistem tersentral. dengan supervisori maka pekerjaan & kinerja seluruh perangkat akan dipermudah dalam hal evaluasinya secara menyeluruh tidak hanya dengan melihat referensi dari log pada setiap perangkat yang terhubung satu sama lainnya dalam satu sistem.

Semoga referensi yang singkat & sederhana ini bisa bermanfaat positif & aplikatif. karena referensi sederhana ini hanya berisi dasar-dasarnya saja & tidak dideskripsikan secara mendetail.