Panduan belajar jaringan komputer internet sesuai dengan topologi fisik dan data.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Panduan sudah dalam bentuk aplikasi serta video tutorial, bs langsung download utk validitas. Manfaat belajar maksimal berbagai media jaringan terbaru serta terlengkap. Sekarang ada 22 materi masuk dalam Kategori Jaringan. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat menggunakan PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version, Revisi ke : 103472. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Panduan belajar jaringan komputer internet.

Jaringan . Media . belajar . Manfaat . aplikasi . internet . download

(Video JarKom Update)

Jaringan berdasarkan bentuknya ada dua jenis yaitu fisik & data. Jaringan fisik merupakan media yang memerantarakan jaringan saling terhubung, melalui kabel maupun frekuensi khusus. Sedangkan jaringan komputer komunikasi data merupakan isi konfigurasi dari jaringan itu sendiri / sistemnya. Mau seperti apa sebuah network maka tergantung embrio sistem yang nantinya akan mengintepretasikan topologi jaringan fisik. Jaringan komputer merupakan konektifitas antara dua PC peer to peer / lebih. paling dasar merupakan jaringan LAN (Local Area Network). Berdasarkan kapasitas yang di kontrol pada sebuah network ada intranet & internet (jaringan public).

Media & peripheral yang biasa dipakai dalam jaringan dari yang umum/standar sampai cukup spesifik :

  • Socket RJ45 9Pin - soket dipakai untuk standar konektivitas komputer menggunakan LAN Card baik onboard & offboard. Paling lazim & banyak digunakan. Tipe koneksinya yaitu paralel. Sistem yang dipakai untuk koneksi adalah TCP (Transmission Control Protocol) / IP (Internet Protocol).

  • Socket RJ11 6Pin - soket biasa dipakai untuk konektifitas perangkat digital maupun PC menggunakan Modem. Tipe koneksinya adalah serial. Sistem konektifitasnya biasanya dial-up.

  • COM Serial RS232 DB9 & LPT DB25 Paralel - Soket jenis ini biasa dipakai untuk hubungan data dg substansi koneksi 2 ke 3 & 3 ke 2 (232). Jaringan tipe ini banyak dipakai untuk komputer jaman dahulu / tipe lama, paling familiar adalah DOS dg Norton Commander untuk Lap Link, sebelum LAN Card mulai populer. & sekarang biasanya dipakai tak untuk data sharing. Tapi lebih untuk pemrograman modul baik secara langsung direct maupun melalui perantara seperti PPI. IC yang lazim dipakai yaitu RSMAX232, Soket paling dominan dipakai untuk memprogram / ngeflash IC EPROM/EEPROM. Mengapa? sebab denyut / clock lebih cocok untuk pemrograman IC eprom. Meskipun sekarang sudah banyak extender seperti LPT COM to USB.

  • LAN Card / Kartu Jaringan bisa dari jenis interface ISA maupun PCI. Fungsinya untuk pengolah / modulasi data sperti modem, hanya saja LAN card memiliki kecepatan lebih tinggi.

  • HUB merupakan perangkat yang dipakai untuk membagi koneksi jaringan fisik. dg menggunakan HUB, tak perlu repot membuat Cross cable connection, Cukup dg straight / lurus, Satu koneksi bisa bagi sesuai kapasitas HUB yang digunakan.

  • Router yaitu alat yang dipakai untuk mengatur manajemen data / lebih mudah sebagai pembagi bandwidth. paling populer sekarang dipakai & terjangkau yaitu Mikrotik & Cisco Router.

  • Transmiter yaitu alat yang dipakai untuk mentransmisikan jaringan menggunakan prosedur khusus ada yang langsung/directed ada yang melalui metode enkripsi yang prosesnya dinamakan encoding, tujuannya untuk security system, agar saat data mengudara dg frekuensi tertentu, data hanya terbaca oleh decoder yang ditunjuk sesuai dg Bit / konfigurasi transmiternya.

  • Receiver yaitu alat yang dipakai untuk menerima signal maupun data yang dikirim oleh transmiter, receiver akan men-decode sesuai dg header bit code maupun penyandian enkripsi yang dikirimkan transmiter, bila frekuensi & enkripsinya cocok, maka data akan langsung diterjemahkan, begitu juga sebaliknya. bila tdk match akan langsung di pending. Metode paling ketara terlihat yaitu pada VPN. dg menggunakan vpn proteksi lebih ketat, sebab koneksi menggunakan jaringn public sebagai madium perantara, namun berhubungan sesungguhnya yaitu komputer virtual.

  • Fiber Optic yaitu media untuk melakukan konektifitas berbasis sinar / cahaya. Kecepatannya pasti sudah tahu yaitu sekitar +-300.000Km/Detik, & tanpa noise. dg menggunakan media fo, layer jaringan semakin memiliki kapasitas besar dng jumlah saluran paling minimal. sebab dalam satu kali detak satu jalur bisa berisi banyak layer dng jenis berbeda, baik data, voice, maupun gabungan multimedia, termasukan dalam satu saluran, tanpa mengganggu maupun meng-interverensi jaringan data lainnya. Terminal data yang dipakai biasanya yaitu multiplexer & demultiplexer (demux).

  • Repeater ialah alat yang dipakai sebagai penguat / penerus dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Dalam jaringan telekomunikasi untuk ponsel maupun telepon dikenal dng BTS. Perangkat repeater berkapasitas besar untuk mentransmisikan jaringan komputer data & voice, / bahkan sekarang lebih kompleks untuk multimedia seperti generasi 3G.

Apakah belajar jaringan itu sulit? Maka jawabannya ialah tergantung bagian & kultur mana yang akan dipelajari, & apa tujuan mempelajari maupun mendalami jaringan, seperti untuk :

  • Poin-1 Network Maintenance - untuk layer ini mempelajari struktur dasar jaringan dahulu seperti LAN, mulai dari peer to peer sampai dng expand jaringan lebih kompleks. untuk berikutnya, bisa sambil berjalan seiring waktu. sebab belajar jaringan hingga implementasinya yang penting ialah jam terbangnya meskipun teorinya juga penting.

  • Poin-2 Transmisi saluran jaringan - untuk layer ini maka cukup belajar bagaimana mengkoneksikan medai secara fisik sesuai dng prosedur, setiap perangkat maupun peripheral yang dipakai sesuai dng penjelasan diatas. Seperti cara menghubungkan soket, Cara nge-loop cek koneksi, cara mengukur putusnya jaringan, cara menggunakan tester & tools jaringan.

  • Poin-3 konektivitas Data - pada layer ini butuh memahami poin-1 & 2 serta tambahan untuk mempelajari bagaimana menggunakan maupun konfigurasi jaringan dng menggunakan berbagai network service.

  • Poin-4 Arsitektur Jaringan - untuk tipe ini siklus belajarnya ialah melalui poin-1,2,3 & seluk beluk interior serta exterior berbagai lapis jaringan.

Manfaat belajar jaringan dapat diklasifikasikan dalam beberapa layer berikut :

  • Dalam dunia pendidikan - Bagi masih duduk dibangku pendidikan baik itu sekolah maupun kuliah dng benar-benar memahami saja dasar-dasar jaringan komputer & data, tentu akan menambah kredit sebagai pelajar maupun mahasiswa, sebab sekarang Teknologi informasi memiliki pondasi pada jaringan komputer & komdat. akan semakin tahu bagaimana cara belajar jaringan serta mendapatkan informasi yang spesifik dng cara efisien karena mengerti kultur jaringan digital & mendapatkan referensi apa saja tepat dgn kebutuhan belajar. Pahami analogi : Komputer & internet sekarang sudah bukan barang baru, & setiap orang hampir semua memilikinya baik di PC/Laptop/Notebook maupun gadgets, Modal berinternet sama, Tapi kenapa pengetahuan yang diserap setiap orang bisa berbeda-beda kapasitasnya? Jawabannya karena setiap orang memiliki kedalaman & kapasitas sendiri-sendiri mengenai kultur teknologi jaringan komputer ini, Semakin memahami & memiliki wawasan lebih mengenai jarkom maka seseorang akan lebih tahu bagaimana mem-verifikasi informasi paling tepat dgn kebutuhannya. akan semakin tahu bagaimana menggunakan & mendayagunakan internet tdk hanya sebagai dunia maya.

  • Dalam dunia kerja - bagi yang sudah terserap pasar kerja meskipun mungkin jaringan komputer bukan bidangnya sekalipun dgn memahami & memiliki pengetahuan lebih mengenai bagaimana dasar-dasar jaringan digital & data komputer, selain menambah kredit & poin tersendiri sebagai pegawai, tapi pengetahuan mengenai ilmu jaringan komputer akan mempermudah pekerjaan kedepannya. Bagi yang mungkin belum terserap pasar kerja terutama pemilik basic pendidikan diluar IT maka akan mendapatkan ilmu tambahan yang aplikatif & fleksibel terterapkan baik untuk mencari maupun membuat pekerjaan sesuai dgn bakat & bidang keilmuan masing dgn pondasi tambahan jaringan komputer ini.

  • Dalam dunia bisnis - Bagi pemilik usaha inti maupun sampingan, maka perkembangan usaha untuk sekarang & kedepannya akan sangat dipengaruhi oleh kapasitas mengenai network komputer ini. Semakin luas memahami kultur teknologi & efektif cara mempelajari jaringan maka semakin luas peluang & market. Begitu juga sebaliknya. (Logis & Sangat Realistis). Dunia bisnis ialah salah satu bidang aplikasi paling kompleks & kompetitif karena tidak hanya mengerjakan tapi dituntut kreatif mengukir sesuatu kecil menjadi peluang secara sistematis & empiris. Modal utama mengarungi dunia usaha & bisnis ialah kepercayaan & kapasitas kompetensi selain modal berupa uang itu pasti. Semakin percaya dgn bakat apa saja yang dipunya maka otomatis akan berusaha mengasah kompetensi, & hasilnya akan mengikuti kedepannya. Pun sebaliknya semakin khawatir memulai usaha maupun bisnis maka bakat & skill yang menjadi bidangnya akan tersabotase karenanya. Belajar memulai usaha & bisnis ialah awal yang begitu sulit & rumit tapi apabila mampu melewati & mengukir step by step baru akan menemukan kemudahan. untuk mencapai tahap pada tingkat ini bukan hal yang mudah, & tidak semua orang mau melakukannya. (Sangat Rasional)

  • Apakah internet dunia maya maka jawabannya tergantung perspektif : apabila melihat internet dgn mata saja maka internet ialah dunia maya. Tapi kalau melihat internet dgn pikiran yang empiris karena benar-benar memahami perbedaan kultur jaringan digital dgn dimensi fisik/konvensional, & mampu menghubungkannya secara singkron. Maka internet merupakan dunia nyata. Contoh yang jelas : Seseorang yang belum begitu paham kultur teknologi jaringan internet, kalau ada gambar yang dilihat hanya bentuknya saja. Lain jika seseorang yang sudah begitu paham kultur jaringan digital, Maka untuk memverifikasi yang dilihat merupakan trace & meta data jaringan (Pahami analoginya & jangan menerjemahkan mentah-mentah)

Supaya lebih realistis disini bisa download Tutorial & Aplikasi jaringan bagi yang serius ingin sekedar belajar maupun yang memang sudah menekuni usaha apa saja sesuai dengan bidang, berikut beberapa samples demo aplikasinya :

  • Tutorial jaringan komputer berbentuk program (EXE) disertai dengan ebbok (PDF) & video tutorial (SWF), tercoba dengan download setup jarkom01 disini. Tutorial & tools berbentuk seperti ini mudah dipahami siapa saja, bahkan untuk pemula sekalipun pasti bisa. berisi mulai dari dasar-dasar LAN sampai dengan cara membagi koneksi internet untuk berbagai jenis kebutuhan cleint server & gateway.

Program POS Finance Tools merupakan software yang terpakai untuk memanajemen apa saja jenis usaha, mulai mengontrol stok sampai dengan pembuatan laporan keuangan. Juga terintegrasikan dalam jaringan karena menduku SQL server. Namun tetap fleksibel sesuai dengan kebutuhan, bisa untuk single & multi user. Bagi yang serius & benar-benar membutuhkan mendownload dengan kriteria sebagai berikut :

  • a. Main installer silahkan [download setup pos disini.]

  • b. Update file khusus versi & fitur baru [Download Update Disini - sdh include di instaler utama]

Setiap tools & aplikasi diatas sudah disertakan lengkap user guide tour & panduan berbentuk video tutorial, sehingga lebih mudah dipahami secara visual bahkan bagi yang baru pertama kali menggunakannya. Sementara itu penyampaiannya, Sebelum & sesudahnya Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya. Semoga bisa bermanfaat positif & lebih aplikatif lagi kedepannya. Selamat bekerja & beraktifitas.