Konsep elektronika digital dan pengembangan rangkaian dasar aplikasi menggunakan basis pada tabel gerbang logika.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Sekarang ada 7 materi masuk dalam Kategori Elektronika. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat menggunakan PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version, Revisi ke : 11151. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Konsep Elektronika Digital Aplikasi Rangkaian Dasar Tabel Gerbang Logika.

Konsep elektronika digital & dasar aplikasi rangkaian berbasis gerbang logika - Signal Flip Flop.

Pengertian Elektronika digital adalah sistem elektronik yg menggunakan signal digital yg bersifat terputus-putus (Flip-Flop). Biasanya dilambangkan dg notasi aljabar 1 & 0. Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan & notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. Contoh yg paling gampang utk memahami pengertian ini adalah saklar lampu. Ketika anda tekan ON berarti terjadi hubungan sehingga dinotasikan 1. Ketika di tekan OFF maka akan berlaku kebalikanya.

Modul/Blok/Rangkaian Terintegrasi/Kombinasi : Aplikasi Elektronika digital merupakan aplikasi dari aljabar boolean & digunakan pada berbagai bidang seperti komponen ic/microchip, mcu, processor pada komputer, telepon selular & berbagai perangkat digital lain. Hal ini karena elektronika digital mempunyai beberapa keuntungan, antara lain: sistem digital mempunyai antar muka yg mudah dikendalikan dgn komputer & perangkat lunak, penyimpanan informasi jauh lebih mudah dilakukan dalam sistem digital dibandingkan dng analog. Namun sistem digital juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu: pada beberapa kasus sistem digital membutuhkan lebih banyak energi, lebih mahal

Elektronika digital / / rangkaian digital apapun tersusun dari apa ygn disebut sebagai gerbang logika. Gerbang logika melakukan operasi logika pada satu / lebih input & menghasilkan ouput ygn tunggal. Output ygn dihasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip prinsip aljabar boolean. Dalam pengertian elektronik, input & output ini diwujudkan & voltase / arus (tergantung dari tipe elektronik ygn digunakan). Setiap gerbang logika membutuhkan daya yng digunakan sebagai sumber & tempat buangan dari arus buat memperoleh voltase yng sesuai. Pada diagram rangkaian logika, biasanya daya tidak dicantumkan. Dalam aplikasinya, gerbang logika adalah blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik. Gerbang logika ini dibuat dg menggunakan transistor. Seberapa banyak transistor yng dibutuhkan, tergantung dari bentuk gerbang logika.

Dasar pembentukan gerbang logika adalah tabel kebenaran (truth table). Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran logika yaitu AND, OR, & NOT :

  • Pada AND, bila ada dua buah input A & B maka output / signal hanya dihasilkan jika A = 1 & B = 1.

  • Pada OR, bila ada dua buah input A & B maka output / signal akan dihasilkan jika salah satu / kedua input bernilai 1

  • Pada NOT, bila ada satu input mempunyai nilai tertentu maka operasi NOT akan menghasilkan output / signal yng merupakan kebalikan dari nilai inputnya.

  • Pengembangan dari tiga bentuk dasar tersebut adalah NAND, NOR, NNOT

Untuk lebih lengkapnya secara literal, tabel, & gambar rangkaian elektronika digital & aplikasinya, bisa didownload melalui tautan dibawah ini / ( download basic elektronika digital disini - jika masih tersedia) Semoga literatur singkat ini memberi impact yg positif utk anda, dalam memahami konsep dasar elektronika digital & beberapa rangkaian dasar elektronika digital.

Terima kasih atas kunjungan & kepercayaan anda, semoga referensi singkat & sederhana ini bisa menambah wawasan dasar elektronika digital, sebelum mempelajari komputer lebih jauh.