Download software terlengkapDefinisi Pengertian Rip Current

Info cara terbaru solusi terlengkap dan terbaikDefinisi pengertian Rip Current adalah pecahan arus balik Rip Current ke tengah laut seiring berjalannya ombak air laut, bila mau ke pantai pastikan memendam niat baik pikiran positif. Rip Current sendiri tak kasat mata, harus teliti melihatnya di sela-sela pecahan ombak. Jika melihat ombak tidak terlalu besar bergemuruh, tapi di bagian tepian ombak terlihat tenang maka sebenarnya pecahan arus baliknya sangat kencang, hati-hati & waspada. Kurang lebihnya begitulah pengertian rip current, simak definisi selengkapnya.


Download aplikasi terbaruSekarang yang terbaru ada : 2 artikel Kategori Oseanografi. Bisa dilihat menggunakan smartphone android, PC-Desktop, Komputer maupun Laptop. Pembaruan sub versi update revisi ke : 117443.


Ombak . Ilusi . Arus Pecah . Solusi . Sebelum . Sesudah

Definisi & pengertian ombak adalah : air yg bergelombang membentuk kurva / grafik sinus dari atas permukaan air samudra yg disebabkan oleh hembusan & tekanan angin pasang hingga membentuk siklus sinusoidal besar. Gulungan air ombak semakin besar akan berpotensi menghasilkan pecahan arus balik ke tengah samudera (Rip Current) dg kecepatan tinggi rata-rata antara 60 Km sampai 90 Km per jam. Bahkan bisa lebih cepat dari itu. Sehingga dg arti & definisi ini secara ilmiah sebenarnya bukan ombak dominan menyebabkan material pantai bisa terseret ke tengah laut, tapi pecahan arus balik dari ombak itu sendiri bisa menyeret semua material (Termasuk Orang) dari tepi ke tengah laut.

Terjadinya ilusi & spektrum fatamorgana diantara pecahan ombak :

  • Kebanyakan orang mengira, ombak besar itu berbahaya, & itu memang benar secara logis. Karena tekanannya bisa menghempaskan material apapun termasuk manusia.

  • Jangan bermain air / berenang disitu ada ombak besar. Coba ke pinggir saja yg airnya tenang. Disinilah awal mula pemahaman benar secara logis, namun tidak tepat karena itu adalah awal dari ilusi & fatamorgana tidak kasat mata di laut. Bahkan saat dipinggiran tepi pantai sekalipun.

  • Bagaimana mendeskripsikan ini secara ilmiah? Nah, jadi namanya ombak itu bisa menekan apa saja ke tepi laut. Namun yg sebenarnya bisa menyeret orang ke tengah lautan adalah pecahan arus ombak itu sendiri (Rip Current) yg bila diihat dg mata polos secara kasat akan terlihat sangat tenang di permukaan namun kecepatannya sangat tinggi di bawah permukaan dg gerakan membentuk arus balik pusaran panjang menuju ke tengah laut.

  • Saat seseorang sedang bermain air ditepi laut berpijak di atas pasir pantai, maka di atas permukaan terlihat tenang. Tapi pada saat pasir yg dipakai pijakan itu tergerus & terkikis pecahan arus balik ombak sedikit saja maka orang itu akan kehilangan pijakan & keseimbangan, mengambang & mudah sekali terseret arus bawah air sangat cepat.

  • pecahan arus balik diantara ombak besar dg permukaan terlihat tenang inilah yg diasumsikan & dipersepsikan banyak orang sebagai monster pembunuh terganas dibawah air tidak kasat mata. Dan bahkan tidak jarang orang-orang mengaitkannya dg hal-hal sangat berbau mistis. Memang ini ada benarnya, karena dunia ini diisi materi fisik & mereka yg metafisik. Tapi seyogyanya berpikirlah secara ilmiah lebih dahulu supaya tidak menimbulkan kekhawatiran yg berlebihan akhirnya mensabotasi nalar & logika sendiri untuk berpikir lebih ilmiah, lebih positif & menimbulkan kesadaran spiritual lebih tinggi kepada-Nya, apapun agama & kepercayaannya.

  • Orang tanah jawa sering berkata : "Neng ngendi baea nggone, Angger kowe eling maring sing duwe kuasa sekabehane, bakalan diparingi waras slamet dunya akhirate". yg artinya kurang lebih begini : Dimanapun berada, bila selalu memendam niat baik & selalu ingat Kepada-Nya yg Menguasai & Memiliki Alam Jagad, akan diberikan keselamatan dunia & akhirat. Dan secara universal bermakna : siapapun pemilik iman & taqwa yg teguh denga niat terpendam baik, apapun agama & kepercayaan orang tersebut, akan diberi keselamatan dunia & akhirat oleh-Nya.

Memahami rip current / arus pecah pada ombak :

  • Pengertian & definisi rip current / pecahan ombak adalah satu saluran arus balik ke tengah laut berada dibawah permukaan air yg cenderung terlihat lebih tenang ditepi kanan & kiri pada ombak besar sekalipun, & menghasilkan kecepatan 2x lipat diantara dua ombak yg bergerak lurus & sejajar menuju tepi pantai. Permukaan air yg tenang dari buih pecahan ombak di atas permukaan itu menghasilkan ilusi & fatamorgana, seolah-olah seperti ari yg tenang & nyaman untuk bermain air & berenang, padahal sebaliknya.

  • bila sudah tiba di pantai, jangan buru-buru bermain air ditepi pantai. Cobalah diam sesaat & perhatikan ombak dari jarak ideal / agak jauh sekitar 15 sampai 20 meter. bila melihat ada ombak, entah itu kecil apalagi besar, & di atas ombak terlihat buih-buih air apalagi keruh & kelihatan kotor, serta diantara obak itu menimbulkan celah permukaan terlihat tenang, baik panjang & pendek. Itulah ciri paling khas pecahan arus balik (Rip Current) yg berbahaya & jangan coba-coba mendekati air terlihat tenang ini.

  • Ombak air laut bila kelihatan kotor & keruh di atas buih permukaan ombak, itu menandakan adanya pusaran air yg kuat & sangat cepat dibawah permukaan air laut karena dasar laut yg gembur & lunak, sehingga menggulung & menggiling material apa saja dilaut (Pasir, kerikil, batu, dll) ke tepi pantai. Itulah ciri khas pecahan arus balik (Rip Current) yang berbahaya & mematikan.

  • Jadi kalau berencana ingin bepergian & berlibur bersama teman / keluarga & sahabat-sahabat, hendaknya memahami lebih dahulu secara ilmiah dari ilusi & fatamorgana pecahan arus balik (Rip Current) di atas permukaan air laut terlihat tenang. Sehingga dg pengetahuan dasar sebelum bertamsya & refreshing ke pantai, diharapkan bisa tetap "eling lan waspodo" kata orang jawa, sesuai penjelasan di atas sebelumnya.

Solusi ilmiah kalau mungkin terseret arus pecah ombak / rip current :

  • Sing eling & ingat usahakan jangan panik, mekipun mungkin tidak mudah, tapi usahakan jangan tegang & panik.

  • Jangan berusaha terlalu keras melawan arus balik lurus yang membawa lebih jauh dari tepi pantai. Semakin melawan arus maka akan kehabisan tenaga, tenggelam & justru akan digulung lebih jauh ke tengah laut. Perenang terbaik dunia sekalipun tidak akan bisa melawan pecahan arus balik / rip current yang kecepatannya bisa berkisar 60 sampai 90 Km per jam & bahkan bisa diatasnya.

  • Berusahalah mengapung saja & mengikuti arah pecahan arus rip current, meskipun akan semakin menjauhi dari tepi pantai. kalau tenang & memiliki pernafasan cukup, maka akan sampai ditengah tempat memudarnya energi arus balik dari rip current. Setelah itu baru bisa berenang seperti biasanya ke tepi kiri / kanan menjauhi rip current, kemudian baru bisa berenang pelan kembali ke tepi pantai dibantu dg tekanan ombak yang datang.

  • Mungkin ini sulit dipahami, dilakukan, tapi ini kenyataannya setelah menanyakan langsung ke "peselancar-peselancar" setelah mahir & akrab dg ombak besar, mereka memiliki pengetahuan ilmiah sangat lengkap mengenai arus pecah ombak dilautan setelah menjadi bagian dunianya.

Persiapan sebelum ke pantai :
  • Pastikan memiliki niat baik & pikiran positif sebelum ke pantai. Baik sekedar untuk refreshing / untuk tujuan edukatif.

  • Pastikan ketika akan ke pantai, cuaca sedang terang & cerah. Jangan coba-coba ke pantai saat hujan, mendung, & angin laut sedang pasang.

  • Pastikan perbekalan cukup, baik secara fisik & kebutuhan seperti makanan, minuman & pelambung rompi kalau dibutuhkan.

  • Pastikan kondisi tubuh sedang fit & bugar penuh. Karena dipantai suhunya bisa lebih panas, & bisa lebih dingin. Juga hembusan angin lebih kencang, serta air laut yang viskositasnya lebih tinggi dari air biasa.

  • kalau bisa & usahakan sebelum ke pantai manapun yang dituju, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai pantai tersebut tentang situasi & kondisinya baik secara ilmiah & non-ilmiah. Bisa ke temana setelah pernah kesana / bisa ke warga sekitar yang berkenan memberikan wawasan mengenai pantai yang akan dikunjungi.

6 Hal yang harus dilakukan sesudah di pantai :
  • 1. Jadikan niat baik & pikiran positif sebagai prinsip dasar ke pantai. Baik untuk sekedar rekreasi maupun tujuan edukasi & pengembangan diri.

  • 2. Berusaha sopan & santun dg siapapun yang ditemui di daerah pesisir pantai tersebut.

  • 3. jika mungkin membawa kekasih pacar ke pantai, usahakan selalu eling & memiliki orientasi pikiran positif. Supaya rasa cinta & kasih sayang berdua dipantai bisa terjaga secara dewasa & matang, agar jauh dari pelanggaran norma kesusilaan.

  • 4. jika membawa teman & rekan-rekan dekat, usahakan tetap tenang & kalem, jangan terlalu meluapkan kegembiraan & kesenangan dengan berteriak-teriak terlalu keras, / bermain dengan liar ditepi pantai, apalagi menghiraukan himbauan penjaga pantai / warga orang-orang sekitar pantai.

Mengapa seperti itu? berikut contoh & analoginya, silahkan dipahami dengan seksama :

Misalkan memiliki rumah megah, indah & halaman luas seperti pantai, Tiba-tiba ada orang yang tidak dikenal, misalnya sepasang kekasih terus berpacaran pada halaman rumah & memadu kasih misalnya saja. / ada sekelompok orang yang tidak dikenal, tiba-tiba main pada halaman rumah & berteriak-teriak saking senangnya menemukan halaman rumah indah seperti pantai. Bagaimana perasaan anda?

  • Pasti sebagai pemiliki rumah : akan merasa murka & marah, bahkan akan mengusir dengan paksa & tidak segan untuk menindaknya dengan keras, betul kan? ya benar ini realistis.

  • Tapi sebaliknya jika ada yang bertamu ke rumah megah seperti pantai itu, secara yang sopan lemah lembut dengan niat baik, auranya bagus, tidak macam-macam, Maka : sebagai pemilik rumah pasti akan sangat segan & merasa diajeni / dihormati. tidak akan sungkan menemani & mengajaknya ngobrol, bahkan bertukar ilmu pengetahuan yang sakral (Life Force). Dan akan berkenan melindungi tamu tersebut. Datangnya ijin, pulangpun pamit dengan sopan. Betul kan? inipun realistis adanya.

Meskipun secara empiris ini agak di luar scientific & alamiah tapi : silahkan pahami analoginya secara baik secara humanis, & jangan menelaah secara mentah-mentah / biasa saja. Tanamkan niat baik & pikiran positif dibenak, terutama saat ke pantai dengan ombak indah. pasti sudah jauh lebih tau makna & cara memahaminya.

  • 5. Istilah orang jawa : "Nembung sing temen, maring banyu lan eling maring sing gawe urip sekabehane, diniati sing apik-apik bae". Artinya dalam bahasa indonesia kurang lebih begini : Pendamlah niat baik dengan kesungguhan, mintalah ijin dengan santun kepada air ombak & laut. Serta selalu mengingat-Nya, yang Maha memberi hidup semuanya di alam jagad raya ini, supaya hanya niat baik & pikiran positif berada dalam benak sanubari.

  • 6. Perhatikan ciri-ciri pecahan arus balik ombak laut / rip current & jangan mendekatinya, jika sudah tau akan hal itu. Seperti setelah dijelaskan diatas.

Sementara itu penyampaiannya mengenai alasan mengapa ombak bisa menyeret orang ke tengah laut. Karena secara tidak sadar melanggar aturan & himbauan penjaga pantai, juga menjadi misteri bagi yang belum memahami secara ilmiah akan terjadinya ilusi fatamorgana pada spektrum pengelihatan pecahan arus balik (Rip Current) diantara ombak di laut. Perhatikan solusi setelah dijelaskan di atas baik sebelum & sesudah berada didaerah pesisir pantai. Semoga sehat-sehat & lancar selalu acara ke pantai bisa lebih bermanfaat edukatif & semakin menumbuhkan kesadaran spiritual kepada-Nya. Sebelum & seudahnya terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya.