Cara mengatasi windows xp yang tidak bisa atau gagal booting akibat kerusakan file NTLDR is missing entah itu karena hilang, terhapus, tertimpa file lain maupun kena virus.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Dengan cara melakukan restore file NTLDR dari komputer atau laptop yang masih bersih cukup melalui command prompt DOS sehingga tidak harus instal ulang dari awal. NTLDR (NT Loader) file yg paling dibutuhkan karena mempengaruhi cara kerja komputer secara keseluruhan terutama saat pertama kali dinyalakan. Sekarang ada 7 materi masuk dalam Kategori OS Windows. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat menggunakan PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version, Revisi ke : 24045. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Cara mengatasi windows xp yang tidak bisa booting.

cara . XP . restore . Prompt . kerusakan . booting . NTLDR

CARA WINDOWS XP KETIKA BOOTING PASTI MEMBACA FILE NTLDR :

repair file ntldr is missing

Cara mengatasi windows xp yg tak bisa / gagal booting sebab NT Loader hilang, terhapus / bahkan kena virus. NTLDR (NT Loader) merupakan file boot loader yg dipakai untuk booting windows XP & file ini tak tertinggalkan sebab akan mempengaruhi cara kerja komputer secara keseluruhan terutama saat pertama kali dinyalakan sebelum masuk desktop OS. bila file ini hilang / rusak maka komputer / laptop akan berhenti booting. Bagi yg baru mengalaminya akan menganggap OS win xp mengalami kerusakan, padahal sebenarnya belum tentu OS rusak, hanya loadernya saja. Ciri khas bila NTLDR hilang adalah adanya layar hitam command prompt DOS yg langsung tampil saat komputer/laptop pertama kali dinyalankan & akan mengeluarkan pesan : "NTLDR is missing..", untuk mengatasi kerusakan tipe ini maka inti yg harus dilakukan adalah mng-copy / menyalin file NT Loader dari winxp masih normal & bersih, & tempatkan pada root pertama drive system, misalnya di C:. bila memang OS winxp masih normal & utuh serta hanya gagal booting gara-gara kurang file NT Loader, maka setelah restore file ntldr yg bersih komputer/laptop dg OS Win XP akan kembali normal.

Pengertian file NTLDR merupakan bagian dari file system os yg konsep fungsinya menghubungkan antara loader hdd dg file system os secara keseluruhan. NTLDR is missing bila tampil & memberikan pesan press any key to restart maka PC tak akan bisa booting.

Untuk memperbaiki / menangani ntldr is missing ini sebenarnya ada banyak cara & alternatif untuk mengatasinya, cara yng akan dipakai untuk mengatasi ntldr is missing ini, metodenya ditentukan oleh jenis kerusakan yng menyebabkan pesan error ntldr is missing itu bisa muncul, akibat file ntldr maupun file pendukungnya hilang, tertimpa file lain yng memiliki CRC32 berbeda, maupun terkena virus. Berikut adalah indikator yng menyebabkan NTLDR is Missing itu muncul, antara lain :

  • Komputer melakukan booting dari media yng non-bootable

  • Harddisk tdk terdeteksi dg baik di BIOS

  • File NTLDR dan atau NTDETECT.COM rusak/hilang

  • Konfigurasi file boot.ini yng tdk tepat

  • Upgrade Windows 95, 98, / ME masih menggunakan Fat32

  • Ada Harddisk baru yng terpasang, tetapi konfigurasi driver belum terdeteksi, terutama SATA-RAID

  • Boot sector/Master Boot Record rusak/hilang

  • File sistem Windows 2000 or Windows XP rusak / terkorupsi (corrupted)

  • Kabel data Harddisk IDE/EIDE cacat / rusak

  • RAM Trouble

FILE NTLDR MEMPENGARUHI FILE SYSTEM WINDOWS, JIKA NTLDR RUSAK MAKA WINDOWS GAGAL BOOTING.

Berikut beberapa 8 cara yng terpakai untuk restore menangani manual & replace file NTLDR is mising dg ygn fresh/baru : Cara ygn Pertama Menggunakan Recovery Console Windows

  • 1. Boot komputer dari CD instalasi Windows XP..

  • 2. Pilih opsi Repair(R) dng menekan tombol R

  • 3. Setelah masuk pada Command Prompt Windows (Layar berubah berwarna hitam dng tulisan putih) Pilih sistem operasi ygn ada, misalnya dng menekan tombol 1 apabila OS berada di drive C:, kemudian [Enter]

  • 4. apabila ada,masukkan password Administrator. apabila tdk ada, langsung tekan[Enter]

  • 5. apabila baru saja melakukan perubahan pada master boot record / proses booting, kembalikan file Boot.ini ke kondisi semula dng mengetik perintah berikut:

fixmbr [Enter]

fixboot [Enter]

  • 6.Pindah ke drive CDAnda. Misalnya saya punya CD Drive di E: maka perintanhya seperti ini:

E: [Enter]

  • 7.Copy file ntldr dan ntdetect.com dari folderI386 di CD Drive ke folderC: dng perintah berikut:

copy E:I386 ntldr c:

copy E:I386ntdetect.com c: kalau ada konfirmasi, jawab dengan [Y] Yes

  • 8. Restart Komputer. kalau sampai langkah ini masih belum bisa maka bisa coba ulangi lagi sampai langkah 5, namun setelah itu ketik bootcfg /rebuild, & pilih mana OS ygn akan diload pertama kali. Kemudian restart kembali, kalau OS XP terutama file system masih utuh, maka sampai langkah ini biasanya sudah bisa masuk ke desktop.

FILE NTLDR CORRUPT / RUSAK JUGA BISA DIAKIBATKAN KARENA RAM SUDAH SEKARAT SEHINGGA GAGAL BOOTING.

Cara ini tidak dianjurkan kalau komputer mengalami kerusakan akibat hardware karena kerusakan ygn bersumber dari RAM ygn bermasalah juga mengakibatkan missing file system seperti ygn disebutkan diatas & bahkan kadang-kadang reboot / restart sendiri, namun tidak terselesaiakn dgn cara tersebut, & ini berbeda caranya.

NT LOADER SERUMPUN DENGAN NTLDR YANG MERUPAKAN FILE PENTING OS WINDOWS BERBASIS NT :

Cara ygn pertama tersebut, jika PC tidak mengalami kerusakan fatal / kompleks maka cara yang pertama tersebut sudah mengatasi permasalahan ntldr is missing tadi. jika langkah 1 / 2 masih gagal tercoba dgn cara mengetikan perintah berikut:

  • append E:I386ntldr c:ntldr

  • append E:I386ntdetect.com c:ntdetect.com

  • selain itu cek apakah sudah memasukkan driver SATA RAID nya dgn benar. untuk mendapatkan fungsi RAID dgn optimal, perlu menyediakan driver saat instalasi. tidak hanya sekedar dgn menonaktifkan mode AHCI menjadi ATA di BIOS.

ITULAH CARA MENGATASI FILE NTLDR MISSING PADA WINDOWS XP YANG GAGAL BOOTING.

Cara yang Ke Dua adalah memulihkan ntldr dengan menggunakan File Recovery, yaitu dengan mengembalikan file-file vital untuk booting agar normal seperti sebelumnya. File vital untuk booting antara lain NTLDR, ntdetect.com, yang terdapatkan dari master installasi maupun dari PC lain yang bootingnya masih normal. Konsep menggunakan cara ini sederhana, yaitu dengan mengcopy / mengappend file-file tersebut dari master / pc yang normal kedalam target pc yang bootloadernya error. File ntldr ini jika mengalami corrupt tapi bukan rusak total karena bug, juga paling umum menjadi faktor penyebab kinerja os menjadi lamban / kecepatan loading menurun. Itulah sekelumit dalam ntldr, Semoga referensi mengenai cara mengatasi windows xp gagal booting akibat kerusakan file ntldr ini bisa bermanfaat, selamat mencoba & salam..