MCSCV Logo Background Banner -


Logo Info Yang Baru -

Cara memperbaiki laptop yg lemot dan mengatasi kondisi semua jenis OS.

Simak lengkap 20 tips terbaru & anda bisa membuktikan hasil 3D Mark. Apa yang akan dikupas tuntas ke akar-akarnya ini berkaitan dengan hardware (Perangkat Keras) dan software (Perangkat Lunak), sehingga nanti lebih realistis sekaligus anda bisa membuktikan hasilnya setelah menjalankan semua tips dan prosedur yang paling direkomendasikan. Update at 290720151029 on Laptop and PC Desktop Extreme Intel Pentium 4 - 3GHZ. Saat ini ada 59 artikel yang masuk dalam Kategori Komputer. Semoga bermanfaat positif lebih optimal dan aplikatif. Halaman ini bisa anda lihat dengan PC-Desktop maupun dengan Smartphone Android atau Mobile Version, Revisi ke : 96651. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Komputer khususnya mengenai Cara memperbaiki laptop yang lemot semua OS.

Cara memperbaiki laptop yang lemot pada semua jenis OS (Operating System) sekaligus membuktikan hasil setelah menjalankan tips ini. Sehingga realistis menyelesaikan masalah laptop lemot sampai tuntas ke akar-akarnya.

Lemot . Tips . Hardware . Software . Membuktikan

Sekarang ini memang banyak sekali beredar berbagai tips dan cara memperbaiki laptop yang lemot tapi bisakah anda membuktikan salah satunya yang benar-benar teruji saran dan anjurannya? hingga realistis menyelesaikan masalah laptop lemot anda sampai tuntas? Melalui ulasan kali ini anda akan mengupas secara tuntas sampai akar-akarnya dalam mendongkrak dan mengatasi laptop lemot baik dari aspek hardware (Perangkat Keras) maupun dari sisi software (Perangkat Lunak). Semua akan dijelaskan secara gamblang dan ini cocok pada semua jenis OS apapun tipe seri dan merk laptop anda. Nanti anda juga bisa langsung buktikan sendiri hasilnya setelah mendapatkan informasi lengkap untuk mendongkrak laptop yang performanya kurang responsif alias lemot kalau diajak kerja.

Arti laptop lemot secara spesifik adalah kondisi dimana laptop mengalami penurunan performa yang sangat drastis diluar spesifikasi standar hardware yang tertanam didalamnya. Hal utama yg menyebabkan laptop lemot bisa dikarenakan dari 2 segi faktor : baik dari isi hardware dan software yang terpasang didalmnya. Laptop lemot adalah kondisi paling dibenci dan menjengkelkan banyak pengguna, karena menguras waktu untuk mengakses aplikasi dan berkas penting dalam satu waktu yang sama, apalagi jika diajak multitasking maka laptop tambah lemot saja. Sedangkan secara umum pengertian lemot bisa didefinisikan sebagai kemampuan bekerja yang sangat lambat diluar spesifikasi yang telah distandarkan dan hasilnya memiliki kecenderungan mengecewakan penggunanya.

20 Tips terbaru cara memperbaiki laptop yang lemot baik dari segi perangkat keras dan lunaknya antara lain :

  • 1. Pastikan sistem operasi yang anda pasang sesuai dengan komposisi dan spesifikasi hardware laptop anda. Apapun jenis OSnya, entah itu : Win XP, Windows 7, Windows 8, Linux, Solaris, dan lainnya.

  • 2. Jangan memasang OS (Operating System) yang memiliki spek lebih tinggi dari seri dan tipe laptop anda, karena dijamin laptop akan lebih berat bekerja dan laptop lemot.

  • 4. Buang dan remove semua program maupun aplikasi dan software yang sudah tidak digunakan lagi.

  • 5. Bersihkan semua registry, file temp, dan history borwser yang sudah tidak ada dan tidak digunakan lagi. Bisa menggunakan ccleaner maupun tune up utilities terbaru.

  • 6. Jika kurang marem dan mantep, bersihkan secara manual. Buka windows explorer, buka folder di C:WindowsTemp, select all - kemudian delete. Kemudian buka di C:WindowsPrefetch select all files - kemudian delete all.

  • 7. Matikan system restore, klik kanan my computer, masuk tab : system restore, tick turn off system restore on all drives.

  • 8. Matikan fitur automatic update juga masih pada tab my computer, ini berguna supaya laptop lemot bisa cepat akses internet.

  • 9. Kurangi dan buang anti virus yang tidak digunakan, dan pasang anti virus cukup satu saja dalam satu laptop.

  • 10. Coba untuk melakukan defrag secara teratur, tapi untuk melakukan ini harap simak dan pahami : resiko melakukan defrag terlalu sering.

  • 11. Set power setting pada laptop, dengan cara : klik icon baterai laptop disudut kanan bawah, pilih power settings, dan set performa laptop pada : High Performance atau Optimized. Ini untuk menjaga supaya baterai laptop anda tidak cepat drop dan rusak, karena dengan settingan ini maka secara default, system akan memilih menggunakan power atau catu daya hanya dibagian-bagian peripheral atau komponen yang memerlukan saja (Active) tidak diam (Idle), Kalau di ON semuanya maka baterai boros dan cepat soak, baterai kalau sudah drop dan soak maka jelas akan menurunkan performa laptop, dan jika tetap dipaksa digunakan terus-menerus maka silahkan menikmati laptop lemot yang sangat menguras waktu karena Lola (Loading Lama).

  • 12. Hapus file cookies dan temporary internet files. Kalau mau hapus manual, tinggal buka browser firefox, klik meny History, klik Clear Recent History, Pilih everything, lalu klik clear now, tunggu sampai selesai. Selain itu masih berhubungan dengan browser, anda bisa melakukan reset browser ke kondisi default asilnya, dengan cara masuk menu help, klik pada Troubleshooting Information, kemudian klik di bagian atas Reset Firefox, dan selesai.

  • 13. Update driver laptop jika diperlukan saja, memang banyak yang menyarankan kalau update driver secara berkala bisa membantu meningkatkan performa laptop yang lemot. Tapi jika diperlukan saja maksudnya disini adalah pilih yang paling vital menjadi penyebab laptop lemot, antara lain cukup update driver VGA, IDE, dan chipset bridge, yang lain tidak usah tidak apa-apa. Karena driver laptop yang paling baru juga berisi fasilitas kontrol dan monitoring peripheral cukup kompleks dan ini memakan resource laptop.

  • 14. Matikan semua system try resident atau background aplikasi. Lihat di task bar pada pojok kanan bawah, apakah ada banyak icon berjejeran disana? Jika ya, klik kanan pada icon-icon tersebut, pilih opsi Exit atau Disable, pilihlah yang memang dirasa tidak diperlukan.

  • 15. Jaga jangan sampai hardisk atau HDD anda terisi file terlalu penuh terutama di drive system. Misalnya : OS anda ada di C: maka jangan terlalu banyak menyimpan file disana, karena jika berkas dicampur dengan OS maka akan menambah keras kerjangan hardisk, karena semakin banyak file yang harus dipilah-pilih sebelum dieksekusi, sehingga menyebabkan laptop lemot.

  • 16. Install software tambahan yang berhubungan dengan cleaner dan tune up performances. Anda bisa cari diinternet baik yang berbayar (Premium) maupun yang gratis (Free), kalau anda mau bisa coba TuneUp Utilities maupun Ccleaner, dua tools ini sekarang paling bagus untuk tune up performa laptop yang lemot.

  • 17. Bongkar laptop dan bersihkan bagian dalam laptop terutama di processor dan bridge VGA. Bagi anda yang sudah pengalaman bongkar pasang laptop, maka silahkan saja, tapi kalau yang belum, maka jangan lakukan ini. Bersihkan FAN Processor, Chipset VGA, dan mainboard, karena ketiga komponen ini paling vital, tujuannya supaya aliran udara dan heatsink pembuang panas bekerja dengan lebih baik.

  • 18. Tambahkan RAM yang setipe, sesuai dengan kapasitas dan FSB laptop and sebelumnya. Jika anda bosan dengan laptop lemot dan ingin segera menjualnya untuk beli baru, maka urungkan dahulu niat anda itu, lebih baik coba tambahkan ram kelipatan 2, lebih murah daripada anda beli laptop baru.

  • 19. Updgrade atau ganti processor dengan kecepatan lebih tinggi. Kalau anda benar-benar ingin laptop lemot berubah menjadi lebih gegas maka jika diperlukan upgrade prosesornya. Kalau cara ini sudah pasti dijamin langsung nanjak performanya. Namun memang ganti processor itu butuh tambahan biaya lebih banyak.

  • 20. Nah ini jarang diperhatikan : jangan pakai laptop diatas bantal atau kasur, maupun diatas lapisan-lapisan lunak. Karena akan menyebabkan fentilasi dan aliran usaha didalam laptop tidak lancar, sehingga laptop cepat panas, kalau sudah terlalu pana dan overheat, jamin laptop lemot malah bahkan bikin trouble tak terduga, terutama buat cewek yang kadang pakai laptop dikamar.

Itulah langkah dan cara memperbaiki laptop yang lemot serta patut anda coba, hasilnya bisa anda buktikan sendiri laptop lemot yang sebelumnya anda pakai pasti akan terdongkrak performanya. Dan ini masih ada sedikit info tambahan saja supaya lebih paham dan memilih mana yang tepat harus dilakukan untuk mengatasi laptop lemot, serta nanti bisa membuktikan sendiri validitas tips ini :

Perangkat Keras atau hardware sebenarnya adalah hal yang paling vital dan dominan berpengaruh. Laptop anda akan kencang maupun lemot semua berawal dan tergantung spesifikasi hardware laptop anda sendiri. Mau di otak-atik dan setting dengan berbagai teknik, jika memang hardware tidak mendukung dan tetap dipaksakan maka bisa kencang juga namun resikonya umur laptop jadi pendek, karena laptop bekerja diluar spesifikasi hardware yang direkomendasikan. Hardware yang paling berpengaruh pada kecepatan laptop adalah Type Chipset Motherboard, Jenis dan kelas Processor, Seri dan tipe chip VGA. Itu yang paling pengaruh, meskipun HDD (Hard Disk Drive) juga berpengaruh terutama di total Rpm yg bisa diraih. Sekarang anda sudah paham dan punya referensi : Kebutuhan anda apa? Mau laptop secepat apa? dan kalau laptop lemot mau hardware mana yang diganti? anda sudah tahu sendiri pilihan jawabannya.

Perangkat Lunak atau software adalah faktor nomor 2 selain pengaruh hardware. Intinya kalau anda pasang software maupun OS dengan versi lebih tinggi diluar spesifikasi laptop yang direkomendasikan secara standar baik oleh vendor pembuat maupun dari seseorang yg paham spek hardware, maka laptop lemot yang akan anda dapatkan. Jadi pastikan anda memasang software dan OS pada laptop dengan versi dan spek yang sesuai dengan komposisi hardware laptop anda.

Sekarang untuk membuktikan kalau tips diatas yang berisi cara memperbaiki laptop yang lemot memang benar-benar terbukti berhasil maka : anda bisa melakukan validasi dengan cara instal software bechmark untuk laptop, maupun 3D Benchmarking. Yang anda perhatikan nanti adalah score yang laptop anda raih. Untuk laptop jaman sekarang yang rata-rata chip kartu grafisnya sudah mengusung fitur pixel shader dan vertex shader dari semua jenis merk dan tipe kartu grafis maka jika score yang anda raih bisa mencapai minimal diatas 4000 atau 5000 saja maka sudah dipastikan masalah laptop lemot anda sudah terbukti bisa diatasi. Jika anda bisa meraih score sampai puluhan bahkan ratusan ribu, maka laptop anda berarti termasuk kelas MainStream. Score yang diraih laptop anda nanti ditentukan dari kekuatan hardware dan relevansinya dengan perangkat lunak OS dan lainnya yang terpasang dan score ini tidak bisa dimanipulasi. Kalau mau software benchmark yg umum digunakan adalah : 3D Mark 2000 sampai 2015, apapun laptop anda yang paling mudah digunakan adalah 3D Mark 2000, dan anda bisa cari diinternet. Laptop anda akan dites dari segi performa seperti : Office Performance (Kemampuan mengolah aplikasi perkantoran), SpreadSheet Performance (Kemampuan untuk mengolah aplikasi yang berbau artitmatika dan angka), 3D Streaming Performance (Kemampuan processor dan chip kartu grafis dalam mengelola streaming 3D terutama untuk aplikasi grafis dan game 3D), semua kemampuan dan kekuatan performa laptop anda akan diuji di tools Benchmarking ini.
Sementara itu dahulu tips yang bisa disampaikan dan semoga cara memperbaiki laptop yang lemot kali ini benar-benar akan menolong anda dalam meningkatkan performa laptop lemot menjadi lebih cekatan dan responsif, apapun spesifikasi hardware laptop dan software yang anda instal didalamnya, semoga anda bisa membuktikan langsung hasil anda mencoba teknik mengatasi laptop lemot diatas, dengan mendapatkan score benchmark diatas yang direkomendasikan. Sebelum dan sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan anda. Selamat mencoba, bekerja dan beraktifitas.

Untuk tambahan referensi yang berhubungan dengan Cara memperbaiki laptop yang lemot semua OS silahkan bisa membuka halaman Kategori Komputer yang didalamnya juga berisi sub materi tentang benchmarking laptop 01. Info terbaru ini merupakan revisi ke : 96651.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis pakai format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
1 & 7=?

 
  

Silahkan jika serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh. Syarat komentar : gunakan data valid, terutama email aktif & subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik & prosedur tidak akan direspon. Comment harus sesuai topik materi perihal cara memperbaiki laptop yang lemot semua os.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel bab cara memperbaiki laptop yang lemot semua os :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
1 & 7=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Isi Pesan
Nama rekan
E-Mail
Hasil perkalian
1 & 7=?
 

Jika memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat juga membutuhkan informasi artikel khusus ttg Komputer ini maka boleh mengirimkan info ini menggunakan email valid. Gunakan post visitor sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas secara baik & benar serta materi topik berhubungan tentang cara memperbaiki laptop yang lemot semua os.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access