Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik

Cara membuat warnet berbasis OS Linux, mulai dari instalasi server ISP sampai client dan gateway.

Sekarang ada 2 artikel masuk dalam Kategori OS Linux. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat menggunakan PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version, Revisi ke : 89436. Silahkan simak selengkapnya materi tentang OS Linux khususnya mengenai Cara membuat warnet berbasis Linux.

Dasar-dasar Jaringan Client server konfigurasi TCP IP Linux & Cara membangun dari awal installasi sampai bisa implementasi untuk warnet, lab, sekolah dilengkapi dg tutorial ubuntu 10.

linux . Kelebihan . Cara . warnet .Tutorial

Jaringan Client Server Linux! - Dalam artikel ini tak disediakan terlalu banyak gambar, sebab diharapkan sudah pernah menggunakan linux & sudah mencoba membuat jaringan linux, minimal peer to peer. Sehingga dg basic itu lebih mudah memahaminya. Dasar-dasar jaringan linux yg dijelaskan dihalaman ini nantinya terterapkan pada  jaringan client server warnet misalnya. sebab sekarang juga sudah mulai banyak warnet yg menggunakan OS linix. sebab memang kelebihan jaringan OS linux bisa terasa terutama saat banyak paket yg dilayani di server. Cara membuat & membangun jaringan warnet dg linux sebenarnya identik dg windows, yg membedakan hanya tata letak setting & konfigurasi jaringannya. bila menginginkan lebih lengkap disini juga disediakan video tutorial installasi linux ubuntu bagi yg membutuhkannya.

Untuk membuat jaringan linux sebenarnya sama dg jaringan os lainnya, dasa-dasar jaringan linux sama hanya saja berbeda GUI & manajemen aplikasinya & system otorisasi service networknya berbeda dg OS lain, namun target materi & pelajaran teknisnya sama.

Kelebihan jaringan linux yng utama adalah ekonomis dari segi pembiayaan, terutama bila ditempatkan untuk workstation seperti server, rooter, repeater & bukan untuk banyak client / maksudnya end user. Linux juga sudah semakin familiar & mudah dipakai & mendukung aplikasi motions & sockwave, browser & aplikasi spreedsheetnyapun sudah semakin bertambah supportnya.

Prosedur awal cara membuat jaringan linux : Sebelum membahas lebih jauh diharapkan sudah mengerti & memahami konsep dasar pengkabelan & topologi jaringan, baik dalam mode straight maupun cross over, & saya anggap sudah mengoperasikan operating system linux, sebab bila dibahas satu persatu akan memakan banyak waktu & halaman.

bila sudah siap & memiliki beberapa PC maupun Laptop (Tentunya lengkap dg NIC / Lan Card) yng ingin implementasikan dalam jaringan Linux, berikut fase & langkah maupun poin-poin membangun jaringan linux :

  • 1. Siapkan satu PC yng akan dijadikan server yng sudah ready dg Linux, minimal dg satu / dua Lan Card.

  • 2. Tentukan sumber koneksi internet (ISP), apakah PSTN (dial up, seperti speedy & koneksi PSTN dialup lainnya) / menggunakan jenis frekuensi (Radio Paket). bila sudah, lanjut step berikutnya :

  • 3. Lakukan tes koneksi, yaitu dg PC server yng sudah disiapkan tadi, dg cara LAN-1 / NIC-1 konek ke jaringan ISP, & LAN-2 / NIC-2 ke jaringan Lokal (Shared PC), Lakukan PING ke IP NIC Lokal tersebut, & lihat resultnya, apabila rp(request replay) berarti koneksi & konfigurasi internal pada NIC/Lan Card sudah jadi, Kemudian cek PING ke gateway ISP, & cek PING ke NIC-1 & NIC-2, apabila request replay, baru dibuka browser, boleh dng firefox maupun browser lainnya, apabila RTO (Request time out) , silahkan cek kembali konektifitas kabel & konfigurasi TCP/IP. Untuk konfigurasi tersebut, bebas sesuai dng map jaringan maupun sesuai dng selera.

  • 4. apabila poin-3 sudah berhasil baik konektifitas antar NIC-1, NIC-2, Gateway, ISP, Browser ygn dipakai sudah bisa akses web, tinggal melanjutkan untuk konfigurasi komputer client, ini sekali lagi bebas sesuai dng selera, mau menggunakan DHCP / menggunakan Manual Mode Tcp/Ip.

  • 5. Alternatif apabila poin-3 gagal & RTO, Yaitu dng menyiapkan PC server dng satu NIC saja, / dng satu LAN Card saja, & rubah konektifitas ISP ke server dng cara : koneksi dari ISP directly & langsung konek ke HUB ygn digunakan, Catatan : kalau koneksi ISP melewati modem ADSL, maka sebelum mengkoneksikan ISP ke HUB, dibuat dahulu dng kabel UTP & Soket Rj-45 dng mode straight. kalau koneksi ISP tdk melewati modem ADSL, gunakan ROSHET / Lan Konektor, yaitu dari ISP masuk Line-in Roshet, & Line-outnya masuk ke kabel UTP RJ-45 Straight ygn dibuat tadi, kemudian dari ujung kabel RJ-45 tersebut baru koneksikan ke HUB No.1 (atau bebas sesuai dng selera, mau dikoneksikan line no berapa saja) , kemudian :

  • 6. Pada salah satu soket HUB ygn digunakan, koneksikan ke PC ygn sudah disiapkan tadi dgn satu NIC saja / 1 Lan Card saja, setelah itu dicoba dgn mode DHCP, langkah ping & tes koneksinya sama dgn poin-3, kalau tidak RTO, lanjutkan dgn membuka browser, kalau berhasil & akses web dgn maksimal, jadikan satu server tersebut, dgn koneksi DHCP, & diikuti dgn Client lainnya tinggal koneksikan pada soket hub masih kosong, & dipakai juga mode DHCP sesuai dgn konfigurasi satu PC tadi tersebut.

  • 7. Alternatif kalau poin 5 gagal, yaitu dgn cara konfigurasi Tcp/Ip dgn mode manual, tentukan range / interval yang ingin digunakan, ini sekali lagi sesuai selera, asalkan konfigurasi tersebut memiliki relevansi dgn topologi jaringan yang dipakai & sesuai dengan class / aturan / prosedur konfigurasi TCP/IP. jika satu PC tersebut sudah berhasil dengan mode manual TCP/IP & tidak RTO (sesuai dengan tes poin-3), & juga sudah berhasil membuka web dengan browser, maka tinggal melanjutkan ke PC Client dengan mode manual tcp/ip juga.

Langkah diatas bisa juga aplikasikan untuk membangun jaringan warnet berbasis Linux, & ingin menggunakan billing server untuk perhitungan time rate & billing setiap client saat aktif, maka direkomendasikan menggunakan konfigurasi manual Straight Tcp/Ip untuk server & clientnya, karena billing server untuk linux (pada bahasan ini) harus menggunakan IP yang permanen bukan dengan DHCP, karena jika IP itu bersifat dinamic, maka PC client harus seslalu dirubah untuk bisa konek ke billing server Linux, & direkomendasikan menggunakan billing server linux berbasis web / localhost saja, karena type ini terkonfigurasi untuk banyak client, & lebih universal untuk semua distro & type Linux.

  • jika menggunakan manajemen bandwith tools maupun perangkat seperti Rooter HUB Mikrotik, CISCO, maupun rooter hub lainnya, direkomendasikan & sebaiknya menggunakan mode & topologi jaringan sesuai dengan penjelelasan pada poin-5, yaitu dengan mode topologi jaringan keseluruhan & konektifitas antar client dengan mode straight, dengan 1NIC saja, untuk kontrol Mikrotik / Cisco / Rooter apa saja yang digunakan, memanfaatkan salah satu PC yang sudah terkoneksi ke HUB, bisa dari server maupun client. Bentuk aliran jaringan akan seperti ini = dari ISP ->Rooter HUB->Masuk Ke HUB jaringan lokal->Dari HUB Ke PC Server & Client.

Bagi yang mungkin masih pertama kali menggunakan / ingin belajar dari awal & membutuhkan dasar-dasar cara instal linux ubuntu 10 & ingin belajar langkah demi langkah dasar awal , silahkan bisa download disini. untuk coba terlebih dahulu validitas paketnya.

Sementara ini, seperti itulah panduan singkat membangun jaringan untuk LINUX, & untuk lebih mudah, gunakan Linux UBUNTU, karena type ini memiliki repo paling banyak, & dukungan service network & driver lebih memadai, dengan banyak plug-in untuk browser & aplikasi multimedia lebih banyak. Panduan Singkat & sederhana ini sesuai dengan prosedur awal pada paragraf pertama uraian ini. Terima Kasih, Semoga sedikit referensi mengenai jaringan komputer client server linux ini bisa bermanfaat. Terima kasih atas kepercayaan & kunjungannya, salam..


Untuk tambahan referensi : Cara membuat warnet berbasis Linux, silahkan buka halaman Kategori OS Linux, didalamnya juga berisi sub materi tentang fase membangun jaringan linux. Info terbaru revisi ke : 89436.




Comment

   
Nama
 

E-Mail

 

 

 

Nama WEB/Blog tulis pakai format lengkap http

Comment

 

Hasil perkalian
1 & 9=?

 
  

Silahkan jika serius, ingin memberikan komentar / saran / masukan / lainnya boleh. Syarat komentar : gunakan data valid, terutama email aktif & subscribe, karena setiap comment masuk akan di subscribe lebih dahulu. Comment diluar topik & prosedur tidak akan direspon. Comment harus sesuai topik materi perihal cara membuat warnet berbasis linux.

 
 

Konsultasi Tanya Jawab Umum maupun Link Exchange khusus materi artikel bab cara membuat warnet berbasis linux :

  

Nama
 
Alamat
 
Kota
 
E-Mail
 
Telepon
 
  
   Isi pertanyaan, post, review, konsul, etc.

Hasil perkalian
1 & 9=?
 
  
   
 
 

Post Visitor

  
Nama
E-Mail
  
Isi Pesan
Nama rekan
E-Mail
Hasil perkalian
1 & 9=?
 

Jika memiliki rekan atau teman bahkan saudara maupun kerabat dekat juga membutuhkan informasi artikel khusus ttg OS Linux ini maka boleh mengirimkan info ini menggunakan email valid. Gunakan post visitor sebaik mungkin, silahkan isi form post visitor diatas secara baik & benar serta materi topik berhubungan tentang cara membuat warnet berbasis linux.

 
 

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access