Download software terlengkapCara membersihkan headlamp mobil yang kusam

Info cara terbaru solusi terlengkap dan terbaikCara membersihkan headlamp mobil bagian yang kusam akibat berbagai faktor penyebab. Cocok untuk semua jenis mobil dengan bahan dan alat yang digunakan mudah ditemukan. Bahkan jika anda ulet bisa dikerjakan sendiri tapi kalau sudah kelas berat sampai flek dibagian dalam sebaiknya serahkan pada teknisi yang benar-benar ahli dibidang headlamp mobil. Simak selengkapnya hingga headlamp mobil yang kusam menjadi kinclongnya pol kan.


Download aplikasi terbaruSekarang yang terbaru ada : 30 artikel Kategori Otomotif. Bisa dilihat menggunakan smartphone android, PC-Desktop, Komputer maupun Laptop. Pembaruan sub versi update revisi ke : 111558.


Pengertian Headlamp merupakan komponen dalam mobil pemilik posisi di bagian paling depan sebagai lampu sorot penerangan. Saat ini rata-rata headlamp terbuat dari bahan mika maupun plastik tidak terbuat dari kaca murni seperti mobil-mobil jaman dulu kala, sehingga harus mendapatkan perhatian sangat intensif agar tampilan mobil secara keseluruhan tetap kinclong. Headlamp yg kusam masih bisa dibersihkan hingga kinclong kembali, dg catatan bahan parem & alat yg dipakai tepat pada tingkat kekusaman akurat. Karena penyebab buram & kusamnya headlamp ini beragam sekali. Sehingga membutuhkan cara & teknik sangat khusus & bahkan bila sudah sampai flek di bagian dalam membutuhkan teknisi headlamp yg profesional & ahli dibagain khusus lampu.

  • Headlamp yg kusam & bures apalagi baret-baret akan mempengaruhi ketajaman nyala & sorot lampu, sehingga saat mengemudi akan membutuhkan fokus lebih tinggi & membuat pengendara lebih tegang apalagi bila baru latihan setir mobil susah itu pasti karerna saat bawa mobil sudah lebih tegang di malam hari. Namun bila jeli, teliti & hati-hati maka headlamp akan tetap melong & kinclong dalam waktu yg lama. Idealnya umur headlamp adalah 3 sampai 4 tahun ganti mika.

Penyebab headlamp menjadi kusam & buram :

  • Karena umur mobil yg sudah tua / lama.

  • Malas membersihkan headlamp terutama setelah kena air hujan. Mengapa demikian karena air hujan mengandung serbuk butiran yg kasar, Bila dibiarkan mengendap terus-menerus akan menggerus permukaan cat / dalam hal ini mika headlamp, Bila sudah tergerus permukaannya akan merembes kedalam headlamp, & apabila nanti kena sinar terlalu lama, maka saat panas akan memuai & tambah lebar, apabila suhu terlalu signifikan perbedaannya antara bagian luar & dalam headlamp, maka efeknya akan buram, menguning & kusam. Bila sudah seperti ini sudah parah, mau tidak mau harus diganti yg baru & harga headlamp original cukup menguras kantong alias mahal.

  • Frame Chrome yg bocor, tergores maupun berlubang. Kadang saat kita berkendara tidak terasa apabila headlamp menyentuh sesuatu, gesekan maupun getaran yg ditimbulkan tidak jarang akan meninggalkan luka baik berpori-pori kecil maupun besar, terutama di bagian dekat kipas radioator, udara & debu akan masuk & lama-kelamaan melumpur. Ciri khas apabila dampak ini terjadi adalah headlamp dari luar kinclong, tapi apabila dilihat dari samping kelihatan kehitaman, apabila melihat ini segera bongkar & rawat pada ahli headlamp mobil supaya bisa di cek & di tambal kebocorannya.

  • Pengembunanan karena lem yg sudah usang. Lem yg sudah usang & lama akan mengeras, Kalau sudah sangat keras biasanya akan korosi, Kalau sudah berpori & dekat dg heat sink radiator maka akan mengembun karena heat sink saat mesin tidak nyala akan sangat dingin.

  • Bagian luar yg menguning.

  • Splet kena cahaya lampu yg terlalu panas sehingga merusak mika bagian dalam.

  • Daya lampu (Watt) yg tidak seimbang. Gunakan lampu bohlamp yg seimbang kanan kiri & dianjurkan sesuai ukuran pabrikan, terutama kalau akan di variasi.

Bagian inti yg terdapat dalam headlamp :

  • Lampu dekat, jauh, left righting, right righting.

  • Frame Chrome yg mengkilap untuk memantulkan & memendarkan cahaya dg fokus yg sempurna.

  • Mika pembungkus / Lamp Cover, pembungkus yg terbuat dari plastik / mika.

Jenis kerusakan warna mika headlamp :

  • Bagian luar termasuk ringan, mengerjakan sendiri dg urutan yg benar.

  • Bagian dalam termasuk kelas berat, harus dikerjakan oleh teknisi yang membidangi khusus headlamp, karena bongkar pasang headlamp butuh keahlian & alat-alat khusus.

12 Bahan umum / obat yang biasa dipakai untuk memberishkan headlamp agar kinclong kembali :

  • 1. Sanpoly Wax.

  • 2. Kit Wax Gold.

  • 3. White Compound / kompon yang putih. Fiber Compund untuk headlamp yang kusamnya sudah parah.

  • 4. Amplas paling halus, dipakai dg air & harus dalam kondisi basah saat ngamplas kalau diperlukan saja. Digunakan oleh teknisi headlamp yang profesional & sudah tinggi jam terbangnya.

  • 5. Air bersih.

  • 6. Lap Microfiber.

  • 7. Lap Chamois.

  • 8. Kanebo jenis lap yang berdaya serap tinggi.

  • 9. Waxco Lamp Covers. Untuk melindungi mika dari panas matahari.

  • 10. Lap kering & bersih.

  • 11. Pasta Gigi yang mengandung whitening khusus. Pasta gigi bisa dipakai dari merk apa saja, yang penting mengandung whitening khusus & extra.

  • 12. Cairan penghilang jamur mika / kaca.

Notes : Bahan & alat yang sering dipakai secara standar untuk kelas kekusaman yang ringan bagian luar biasanya : nomor 2, 3, 5, lap bersih & kering, 8, & 11. Bahan lain hanya dipakai seperlunya terutama untuk kelas berat & teknisi headlamp profesional. Karena untuk kelas berat biasanya butuh tambahan : Obeng, Scope, Heater, hari dryer, blower uap panas, grenda dg pembungkus bulu microfiber kering, & lem karet.

Cara membersihkan headlamp yang sudah kusam :

  • Teknik membersihkan headlamp untuk kelas ringan di bagian luar bisa dikerjakan sendiri, caranya : bersihkan mika headlamp dg air bersih, cuci sepertia biasanya, setelah itu lap dengan kanebo. Setelah agak kering, gunakan lap microfiber yang diberi pasta gigi secukupnya, usap keseluruh bagian mika headlamp. Biarkan & diamkan sebentar, setelah itu gunakan lap chamois setengah basah untuk membersihkan pasta giginya. Setelah bersih gunakan lap kering & bersihkan sampai kering. Setelah kering & bersih, silahkan lihat bedanya, Kalau dirasa sudah cukup maka sampai disitu saja sudah kinclongnya pol kan. Kalau masih terasa kurang kinclong, lanjutkan dengan memberikan compound putih merata keseluruh mika headlamp, biarkan & diamkan sebentar, kemudian gunakan lap kering dengan gerakan memutar merata sampai bersih, setelah kering tinggal menggunakan kit gold wax untuk lebih kinclong sekaligus melindungi mika headlamp dari sinar ultraviolet. Untuk kelas ringan bagian luar, sampai disini saja sudah cukup & kinclongnya pol kan. Apalagi kalau mika headlamp masih orisinil & belum pernah ganti.

  • Teknik mengatasi headlamp untuk kelas berat yaitu karena flek di bagian dalam headlamp. Jika ini terjadi maka jika belum paham benar slah & celah cara bongkar pasang headlamp, lebih baik serahkan pengerjaannya pada teknisi ahli & khusus yang biasa menangani headlamp. Karena tidak semua bengkel variasi mobil, salon mobil akan berani melakukan ini karena resikonya akan mengembun & bisa lebih parah kusamnya. Cari & temukan orang yang dipercaya maupun teknisi headlamp yang benar-benar ahli untuk mengerjakannya, tarifnya memang cukup mahal karena memang tingkat kseulitannya cukup tinggi terutama saat bongkar pasang sampai jadi & terjamin kebersihannya tidak mengembun. Tarifnya bisa berkisar 50 sampai 150rb per headlamp (jika mau nego sendiri ya boleh), tapi hasilnya terjamin benar-benar seperti headlamp baru jika sudah selesai dikerjakan, apalagi jika pengerjaannya cepat & tertunggu. Tarif pengerjaan headlamp ini ditentukan oleh : bahan yang digunakan, alat yang digunakan, & kualitas hasil yang diinginkan.

Notes : jika teknisi headlamp yang sudah profesional & ahli, maka bahan yang dipakai malah justru lebih sederhana hanya saja teknik untuk membersihkan headlamp butuh skill & keahlian sangat khusus serta fokus ketelitian yang matang. Jika headlamp sudah berhasil dicopot & dibongkar, maka bagian luar hanya dengan kit wax gold sedangkan bagian dalam dengan sanpoly wax, untuk finishing dengan lem karet tembak untuk melapisi bagiang tepi & lem pasir untuk menutup / ndempul bagian chrome yang mungkin bocor sebagai penyebab kusamnya headlamp selain beberapa dari 12 bahan diatas.

Sementara itu tips penyampaiannya terutama untuk mengatasi headlamp kusam kelas ringan di bagian luar, semoga bermanfaat & bisa dipraktekan langsung. Selamat bekerja & beraktifitas. Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya.