Download software terlengkapBentuk instalatir listrik mempengaruhi komputer

Info cara terbaru solusi terlengkap dan terbaikBentuk instalatir listrik mempengaruhi kinerja komputer dalam jangka panjang. Pastikan jangan terlalu banyak kabel yang melingkar atau ngeruwel-ruwel. Karena aliran listrik AC ini bisa menyebabkan induksi maupun medan magnet yg tidak diperlukan dan mempengaruhi hardware. Dan juga karena sumber listrik catu daya AC itu tidak selamanya stabil dan normal 220Volt terus. Simak selengkapnya baik untuk pemasangang soket kabel maupun peripheral yg ada didalam casing CPU komputer.


Download aplikasi terbaruSekarang yang terbaru ada : 56 artikel Kategori Komputer. Bisa dilihat menggunakan smartphone android, PC-Desktop, Komputer maupun Laptop. Pembaruan sub versi update revisi ke : 104737.


listrik . soket . Ruangan . hardware . casing . instalatir

PENYEBAB KERUSAKAN KOMPUTER AKIBAT HAL YANG JARANG DIPERHATIKAN :

Cara Mengatasi Penyebab Kerusakan KomputerApa penyebab kerusakan komputer & bagaimana cara mengatasi? Penyebab kerusakan komputer antara lain : listrik tidak stabil & sering anjlok berdampak buruk pada komponen perangkat keras komputer, Catu daya dari sumber arus tidak stabil naik turun, Casing kotor & jarang dibersihkan yang berakibat hardware mainboard & fan cpu ataupun socket didalamnya berdebu sehingga selain cepat panas maka debu yang tebal mengurangi konduktifitas konduktor, instalatir kabel listrik yang semrawut & tidak beraturan sehingga menimbulkan induksi magnetis yang berlebihan, Selain itu ruangan komputer yang kurang fentilasi udara juga berpengaruh pada umur perangkat keras komputer. Dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang dapat memicu penyebab kerusakan komputer. Berikut 6 penyebab kerusakan komputer yang jarang diperhatikan & cara mengatasi :

1. Perhatikan jala-jala listrik AC yang digunakan, pastikan & jika ingin lebih mantap : ukur dengan AVO digital ataupun analog, & jangan menggunakan komputer dengan tegangan AC di bawah 190Volt AC input. Memang dengan tegangan ini komputer tetap menyala normal, namun bisa menjadi penyebab jangka panjang, sebab komputer sekarang dengan processor yang ber-frekuensi tinggi, membutuhkan daya/ampere besar, sedangkan akumulasi ampere yang bagus untuk komputer dihasilkan dari catuan utama yang standarnya 220V/60Hz. Kalau dipaksakan yang akan terjadi nanti adalah ACMATIC / PSU akan cepat drop, gejala awal komputer sering restart blue screen & akhirnya black screen alias blank.

Perhatikan : INSTALATIR LISTRIK & KABEL juga mempengaruhi kerusakan komputer.

2. Perhatikan soket & perpanjangan kabel yang digunakan, & pastikan jangan terlalu banyak kabel yang melingkar, / ngeruwel-ruwel. sebab lingkaran kabel dengan aliran listrik AC ini, bisa menyebabkan induksi ataupun medan magnet yang tidak diperlukan, Ingat : tidak selamanya tegangan itu normal 220Volt terus, kadang naik turun, Saat tegangan terhentak naik ini akan memicu medan magent dari induksi kabel yang terlalu banyak melingkar. Kecuali ruangan tempat berkomputer memiliki peredam medan magnet.(Noice Reductions). Nah untuk lebih mudah instalatir kabel dibuatlah rapi & lurus untuk mreduksi induksi yang tidak diperlukan, memang saat pertama kali dipakai tidak apa-apa, Tapi apabila terlalu lama & dalam jangka panjang, akan mempengaruhi getaran listrik normal / yang wajar. Untuk lebih aman, kalau diinginkan : gunakan Stavolt supaya indikator naik turun tegangan bisa terlihat, / langsung pakai UPS yang diparallel, supaya tegangan benar-benar normal 220v serta dengan switch / ptc pemilik sensitifitas tinggi, sehingga saat 220V drop langsung di backup.

Tempatkan perangkat keras komputer pada ruangan yang cukup ventilasi agar tidak cepat rusak :

3. Setelah tegangan / sumber catu daya sudah bagus, sekarang perhatikan ruangan tempat berkomputer : pastikan fentilasi udaranya cukup memdai, Mengapa? Komputer bilamana processornya dipaksa bekerja dalam suhu tinggi untuk memproses aplikasi maupun pekerjaan-pekerjaan yang berbau aritmatis, FAN Processor bakal hanya mendesis (Kalau BIOS Auto Fan), Tapi seumpama processor bekerja normal tidak dengan aplikasi berat, tapi di interverensi suhu luar yang panas, makan ciri khasnya bakal mendengung semakin keras, sebab sesnsor processor ini tidak hanya mendeteksi panas processor yang overheat tapi dari suhu luar.

4. Pastikan hardware komputer yang dipasang linear dengan OS & aplikasi yang dipakai sehari-hari, & sesuai dengan kebutuhan. Komputer bisa akan sangat cepat jika bisa memaksimalkannya secara proporsional, Namun sebaliknya komputer akan bekerja lambat semisal OS & peripheral yang dipakai tidak singkron.

5. Jangan ragu untuk membuka casing maupun body penutup seluruh komponen komputer, Tujuannya adalah untuk memastikan kabel-kabel tidak penuh debu & bersihkan seandainya diperlukan, suatu waktu pastikan kekencangan kabel & soket-soket yang ada didalamnya, sebab saat komputer panas & bersuhu tinggi saat memuat konduksi yang tidak semestinya, Tembaga akan memuai & longgar, Kalau socket-soket ini longgar, bisa saja saat pc normal bekerja tiba-tiba ngadat / hang karena ada salah satu komponen yang loss sumber tegangannya, ini juga salah satu dari sekian cara mengatasi komputer sering restart secara medadak akibat kehilangan sumber tegangan karena kendornya soket.

PERHATIKAN : Fase tegangan yang digunakan.

6. Ini juga tidak kalah penting, jika diinginkan & berkenan, gunakan instalatir listrik tiga fasa (+ - & ground), karena memang tidak semua menggunakan instalatir jenis ini, Fungsinya adalah untuk fuse awal, saat ada spletting tegangan berlebihan, Coba cara gampangnya : Kamu berdiri di depan komputer dengan kaki menginjak lantai tanpa alas / sandal, kemudian pegang casing komputer tersebut, terasakah ada sedikit sengatan listrik? jika merasakan ada sengatan listrik, maka bisa dipastikan instalatir listrik yang dipakai adalah 2fasa. (+ -). tanpa grounding, coba saja bedakan dengan instalatir listrik yang 3fasa dengan grounding, casing sama sekali tidak akan menimbulkan sedikit sengatan listrik tadi. Mengapa ini diperlukan? Perhatikan bahwa kabel-kabel didalam casing komputer itu tertaut satu sama lain, Untuk preventif saja : saat ada guncangan maupun getaran yang tidak diperlukan & ada kontak antara kabel penyalur tegangan utama dengan body komponen yang bersifat konduktor, maka lompatan tegangan / arus terminamalisir. Sehingga komponen-kompenen didalamnya awet & tidak cepat rusak.

Itulah beberapa alternatif cara mengatasi kerusakan komputer akibat hal yang jarang diperhatikan.

Sementara itu yang bisa disampaikan mengenai penyebab kerusakan komputer & cara mengatasi terutama dari sisi hardware yang kadang jarang diperhatikan. Kemudian untuk sifatnya lunak, pastinya sudah lebih paham cara mengatasi, contoh standarnya adalah dengan tune up utilities, tweaking & lainnya. Namun, usahakan jangan terlalu sering di defrag hdd maupun registrynya. karena track & sector yang sering didefrag maupun registry juga memicu kerusakan program (corrupt) / OS diluar faktor hardware, & kadang membutuhkan ketelitian lebih saat terjadi kerusakan yang agak ambigu, seperti contohnya : harrdware normal, OS normal, tapi kadang-kadang program maupun salah satu aplikasi ada yang bisa langsung dibuka, & kadang macet / lama sekali dibuka aktibat ngecache / penempatan regsitry maupun track yang berubah-ubah / temporer & tidak permanen. Sebelum & sesudahnya, Terima kasih atas kunjungan & kepercayaannya. Semoga bermanfaat & ada inspirasi positif serta lebih aplikatif dari sana.