Aki kering atau MF (Free Maintenance) maupun Accu electrolyte merupakan komponen dasar UPS.

Info cara terbaru untuk solusi terlengkap terbaik Berikut langkah dasar perbaikan UPS dan mengenali indikator ciri keausannya apalagi sampai soak. Sekarang ada 7 materi masuk dalam Kategori Elektronika. Semoga bermanfaat positif lebih optimal aplikatif. Halaman bisa dilihat menggunakan PC-Desktop maupun Smartphone Android / Mobile Version, Revisi ke : 79100. Silahkan simak selengkapnya materi tentang Aki Kering MF Free Maintenance Accu Electrolyte Ciri Keausan Soak UPS.

Cara Sederhana Merawat Dan Memperbaiki UPS Untuk Kebutuhan Komputer Maupun Untuk Repair Serta Reparasi Ponsel. Baik Yang Menggunakan Accu Electrolyte Maupun MF Atau Aki Kering.

gambar-ups-standar

Merawat UPS (Uninterupted Power Supply) memang sangat diperlukan terutama dalam penggunaannya pada komputer ygn sering standby dalam waktu lama seperti server ataupun gateway, UPS juga sangat penting digunakan jika anda sering menggunakan komputer utk melakukan repair ataupun reparasi ponsel, terutama jika sering digunakan utk flash firmware hp / ponsel dg kapasitas file ygn besar & membutuhkan waktu lama dalam proses flash. Sehingga bisa melindungi IC Flash & mengurangi resiko damage eeprom, Pada saat listrik dari sumber utama sedang padam sementara waktu.

UPS bisa digunakan sebagai langkah preventif supaya tidak terjadi hal-hal ygn tidak diinginkan sangat mengoperasikan komputer baik utk server, gateway, ataupun utk kebutuhan repair ponsel, Dengan adanya UPS flashing ataupun repair ponsel ygn berjalan pada proses mwpun progress ygn lama tidak akan mengkhawatirkan karena adanya tegangan AC 220 ygn stabil dari UPS ygn di suplay ke perangkat flasher ponsel & komputer. UPS akan memperkecil resiko kerusakan fatal pada IC flash pada saat repair ponsel karena drop tegangan PLN 220 AC, & memperkecil resiko kerusakan komponen peripheral komputer seperti store-age (hard-disk) ygn berisi data-data & sistem operasi komputer.

Bagaimana cara merawat UPS dgn baik & benar dalam langkah yng mudah dalam melindungi aktivitas di komputer mwpun utk repair ponsel?

  • 1. Jika UPS yng digunakan analog, bukan menggunakan panel digital, usahakan utk secara berkala, cek input, impedansi tegangan yng masuk melalui jala-jala listrik PLN sebelum masuk pada UPS terutama buat perangkat komputer & toolset repair ponsel, apakah sesuai dng spesifikasi UPS yng digunakan.

  • 2. Jika UPS Digital, dianjurkan secara berkala cek display panel yng tertera pada panel display, apakah data tegangan vcc yng tertera dalam panel sesuai dg spesifikasi UPS.

  • 3. Jika UPS menggunakan ACCU / Baterai Kering / MF (Maintenance Free) Baterai, dianjurkan secara berkala cek pada Knop tegangan yng masuk pada kutun panel ACCU, diusahan buat tidak berkarat, karena akan mengurangi kinerja konduktifitas suplay tegangan ke dalam regulator utama UPS.

  • 4. Jika menggunakan ACCU Basah / Electrolit, maka diusahakan buat berkala cek Air Accu, & jaga jangan sampai electrolit pada keadaan empty di luar batas yng direkomendasikan, karena jika larutan elektrolit ini kering, maka bisa merusak cell Accu / baterai, & mengurangi daya tahan UPS pada saat mempertahankan tegangan disaat lost tegangan dari sumber jala-jala PLN.

  • 5. Pergunakan UPS, sesuai dg impedansi data ygn tertera pada UPS, baik Vcc, Watt, Total beban & daya. Karena penggunaan UPS ygn berlebihan beban & impedansi akan mengurangi umur & daya tahan UPS itu sendiri.

  • 6. Jika UPS Analog, maka putuskan tegangan AC pada kurun waktu tertentu & jangan di lost buat selalu mencharge UPS karena bisa mengakibatkan rusaknya stabillizer UPS karena overheat, & bisa merusak cell baterai ygn digunakan.

Bagaimana Cara memperbaiki UPS / Langkah & konsep dasar perbaikan UPS? Untuk memperbaiki UPS tergantung dari jenis kerusakan & gejalanya, tetapi secara garis besar, komponen modul & blok inti pada UPS yng wajib di cek adalah Regulator, Acmathic, AC-DC converter (jika menggunakan), DC-DC Converter (jika terintegrasi), & ACCU / Baterainya, baik Electrolit mwpun jenis MF, buat komponen apa saja yng harus dicek, ini tergantung dari seri, jenis, UPS & daya UPSnya, karena karakteristik komponen buat daya & impedansi yng bebrbeda, juga menggunakan komponen aktif germanium & elektrolit ygn berbeda pula. Silahkan jika anda memiliki waktu luang bisa membaca lebih detail menganai dasar-dasar elektronika analog & digital, yng bisa anda temukan di webiste ini. Semoga materi & referensi ygn sederhana & singkat ini, bisa bermanfaat dalam memahami konsep dasar mengenai Cara merawat & memperbaiki UPS dalam kegunaan mwpun penggunaannya pada komputer maupun utk repair reparasi ponsel.