Sub Kategori Spesifik : SERVIS LAPTOP NOTEBOOK dan 21 artikel pendukungnya yg edukatif.

    Jika indikator baterai pada laptop tidak penuh-penuh, atau bahkan cepat full tapi dipakai cepat habis, maka itu indikator awal kalau cell pada baterai ada yang drop, jika dibiarkan biasanya akan menyebabkan baterai tidak bisa full bahkan tidak bisa di-charge. Lakukan kalibrasi saat menggunakan baterai dengan memperhatikan indikator di taskbar kanan bawah pada power options properties.

    Cara cek diagnosa maupun analisa kerusakan khusus pada hardware laptop selain OS. Secara step by step untuk menentukan langkah perbaikan supaya saat memperbaiki bisa melokalisir gangguan dan replace komponen dengan tepat.

    Faktor yang paling menentukan keberhasilan dan kualitas saat repair maupun service laptop, antara lain : SDM (Teknisi), Ketersediaan spare part maupun equivalennya, dan perangkat maupun tools yang digunakan dalam repair maupun servis.

    Tergantung : Jika anda memiliki dana lebih, akan lebih baik pula jika anda ganti baru. Tetapi jika ingin hemat dan anda mau sabar menunggu waktu, laptop lebih baik diperbaiki. Karena kuantitas penggantian part/service masih lebih hemat dibanding membeli lagi laptop baru. Atau bisa menentukan pilihan tergantung pada urgensinya.

    Jika layar pada laptop blink putih atau malahan menyala putih terus tanpa tampil self post, meskipun led indikator hdd aktif, maka diagnosa awal adalah pada vga dan led lcd, jika dengan socket db9 vga ke monitor luar bagus, maka kemungkinan besar kerusakan ada pada lcdnya.

    Cara memperbaiki baterai laptop yang bocor serta akibat kerusakan hardware. Langkah merawat dan menjaga agar lebih awet tidak cepat habis dan mudah ngedrop. Caranya adalah sebagai berikut : perhatikan jenis chipset pada mainboard laptop dan yg ada di baterai laptop tersebut, lihat dan cek ukuran ampere dan voltasenya. Beli dan ganti salah satu atau beberapa komponen cell baterai sesuai parameter dan ukuran. Gunakan alat repair yang bagus kalau butuh menyolder jangan terlalu banyak tinol menggelembung karena mempengaruhi konduktifitas dan resistansi. Jika kurang yakin bisa anda bawa ke teknisi yang paling anda anggap terpercaya aka kualitas service dan supaya anda mantep. Jika sudah jadi, anda bisa merawat NB (Notebook) atau laptop dengan jangan terlalu lama ngechass. Baterai yg drop apalagi sampai bocor bisa mengakibatkan kerusakan OS dengan indikasi sering mati sendiri, restart maupun blue screen. Simak selengkapnya sampai ke perkembangan hardware agar anda bisa menemukan sendiri spare part yg tepat buat laptop anda. Hopefully your ask soved here.

    Ciri khas kerusakan panel, inverter maupun reflector atau bisa juga pada chipset vga laptop adalah dengan tanda-tanda LCD / LED maupun monitor laptop yang mengeluarkan raster baik sedikit maupun banyak namun tidak tampil gambar apapun.

    Jenis kerusakan pada laptop yang paling sering bisa ditimbulkan dari apa saja tergantung jenis hardware dan OS yang digunakan. Namun yang paling dominan dan sering dihadapi teknisi baik dengan alat repair yang standar sampai yang canggih biasanya menyangkut komponen utama seperti : mati total alias blank, keyboard berhenti ataupun bunyi tut berkepanjangan, LED mengeluarkan dot maupun garis lurus vertikal dan horisontal, LCD dibuka tutup tidak ada gambar, Etc. Simak selengkapnya sampai dengan spare part yang tertanam didalamnya. Hope it help fully.

    Cara service laptop yang rusak prosesnya dimulai dengan identifikasi maupun lokalisir jenis kerusakan. Apa karena piranti keras (hardware) atau karena OS maupun program piranti lunaknya. Tentunya diagnosa sesuai dengan tingkat kerusakan dan perkembangan spare-part maupun komponen dari beragam jenis hardware. Setelah mengenali denga baik ciri-ciri khususnya, barulah masuk proses service. Sehingga teknisi maupun anda bisa menghasilkan kualitas service yang bagus awet dan tahan lama, tidak hanya karena faktor komponen dan alat servicenya. Troubleshooting laptop sebenarnya identik dengan PC/Komputer, hanya saja ukuran dan dimensi kompoen micro chipnya yang berbeda, sehingga teknik service juga berbeda. Hope it fully help.

    Petunjuk proses perbaikan / service laptop maupun notebook dengan memperhatikan jenis kerusakan sesuai dengan perkembangan piranti keras (hardware) dan piranti linak (os) sebelum replace dengan sparepart maupun komponen chipset yang sesuai. Sehingga kualitas hasil dari proses perbaikan tidak hanya ditentukan oleh peralatan perlengkapan rapair dan komponen saja tapi dari teknisi yang melokalisir maupun mengidentifisir jenis dan tingkat trouble, sehingga result bisa lebih memuaskan lebih awet dan tahan lama. Semoga review update referensi yang singkat ini bisa bermanfaat positif dan aplikatif. Terima kasih atas kepercayaan anda, Selamat beraktifitas.

    Cara untuk memperbaiki PSU Adaptor mainboard pada laptop yang drop berbeda dengan PSU Desktop. Karena komponen dan chipset yang digunakan sudah berjenis BGA Ball maupun kaki seribu, tidak seperti triac transistor / inverter ac-matic pada pscu komputer desktop. Pelajari juga cara service laptop dengan mengenali dan lokalisir gangguan yang muncul ditimbulkan oelh piranti keras maupun os. Sehingga replace komponen dan spare part lebih akurat sesuai dengan perkembangan hardware, jenis chipset, dan jenis kerusakan hardware. Sehingga kualitas service dalam memperbaiki psu adaptor mainboard ini tetap berkualitas tidak hanya karena faktor peralatan perbaikan dan sparepart tapi juga teknisi yang menanganinya. Semoga referensi singkat bermanfaat untuk acuan perbaikan.

    Kalau fan muter tapi ternyata laptop tidak ada tampilan apapun itu, biasanya selain karena PSU / regulator mainboard laptop bisa juga baterainya, tapi lebih baik dianalisa dahulu jenis kerusakan yang sebenarnya, karena perkembangan komponen maupun sparepart sekarang juga semakin variatif. Untuk urutan cek gmn kalau dimulai dari : charger dahulu cek, kemudian baterai, regulator mainboard, setelah itu baru ke processor dan ram-nya, karena jika fan muter tapi tampilan blank kerusakan sekitar itu, Simak selengkapnya semoga referensi singkat bermanfaat utk referensi service, Hope your ask solved.

    Jika anda merasa baterai sudah nornal dan processor masih bagus tapi beberapa menit dipakai masuk desktop terus laptop sering blank, maka jangan heran jika ternyata rusak tetap ada pada bagian processornya, karena terlalu sering overheat. Meskipun biasanya kondisi demikian bisa dimungkinkan baterai maupun regulator mainboardnya, silahkan re-check ulang jenis kerusakannya biar lebih akurat. Karena perkembangan laptop dan piranti spare part komponennya, kerusakan laptop semakin variatif, tidak selalu tok cer mengandalkan satu teknis perbaikan saja. Semoga referensi ini bermanfaat. Hope your ask solved.

    Jika mainboard laptop rusak nuked atau bahkan mato total sebenarnya komponen yang rusak ada pada bagian chipset bridge. Apa yang membuatnya rusak biasanya kondisi overheating, Bisa dibagian sothbridge maupun northbridgenya, Untuk replace silahkan cek dahulu jenis saprepart atau type chipsetnya apa ITE, Intel, Nvidia, Etc. Untuk menggantinya anda bisa pakai blower digital, hanya saja ini membutuhkan penanganan khusus oleh teknisi yg sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang cukup, Karena NAT IC ini berukuran milimeter dan dengan kaki BGA ball. Silahkan coba dan re-ceheck semoga referensi singkat ini bermanfaat. Hope ask solved here.

    Laptop kalau sampai booting lama banget itu bisa disebabkan karena piranti keras yang tidak mendukung os aplikasi yang digunakan. Jika memang demikian anda bisa upgrade komponen atau bahkan replace. Karena perkembangan hardware dan jenis chipset yang pesat dibarengi dengan aplikasi yang semakin banyak variannya, ternyata juga berdampak pada timbulnya trouble maupun kerusakan hardware, kerusakan os, yang semakin beragam. Pelajari satu persatu analisa berikut ini, sehingga kualitas service dan upgrade untuk meningkatkan kecepatan booting lebih berkualitas dan akurat. Jika anda regu, bisa minta bantuan teknisi atau rekan / saudara anda yang berpengalaman atau yang paling anda percaya, Untuk replace maupun upgrade komponen, dengan alat repair yang tepat. Semoga referensi singkat bermanfaat untuk perbaikan atau service sehingga result lebih memuaskan. Terima kasih atas kepercayaan anda, Selamat beraktifitas. Hope it help.

    Cara mengatasi laptop angot-angotan diajak kerja dgn mengenal lebih awal jenis kerusakan seperti akibat hardware maupun spare part pada komponen ukuran micro seperti chiptset. Laptop yang angot-angotan juga bisa diakibatkan karena OS yg tidak linear dengan perangkat keras laptop. Kualitas setelah memperbaiki laptop tergantung dari kapasitas pengetahuan teknisi yang repair dan jam terbang juga tergantung dari alat service yang dipakai. Jika laptop sudah diperbaiki maka tinggal merawat secara berkala dan rutin supaya tidak angot-angotan diajak kerja.

    Jika saat dinyalakan posisi led power dan lainnya normal semua tapi tamplian lcd blank, cara cek untuk repairnya dari awal : cek baterai apakah drop out? kemudian cek charger apa masih normal? selanjutnya cek bagian regulator mainboard, berikutnya pada processor dan ram. Jika laptop masih blank juga, kemungkinan kerusakan utama pada bridgenya bisa sothbridge maupun northbridgenya, paling sering adalah chipset vga. Untuk detail teknis lebih lengkap bisa simak keseluruhan pada halaman bagian bawah khusus jenis kerusakan hardware, semoga bisa menambah referensi sebelum replace komponen/sparepart. Hope your ask solved here.

    Cara servis laptopp yg rusak dan analisanya sesuai perkembangan hardware. Baik karena kerusakan hardware maupun kesesuaian OS dg jenis chipset motherboard.

    Ciri-ciri kerusakan pada laptop dari segi hardware antara lain kalau casing dipegang chipset terasa makin panas, OS semakin lambat bekerja, spare part pengganti cepat rusak. Sudah merawat dengan cara apapun tetap saja laptop lambat dan panas. Kualitas akses dan kecepatan loading os menurun drastis. Kalau ada komponen laptop yang habis diganti sama teknisi biasanya teknisinya dihubungi susah. Sudah diakali dengan berbagai alat service tetap saja tidak ada perubahan. Itulah cara mengetahui ciri-ciri khas kerusakan laptop yg jarang diperhatikan.

    Tips jitu atasi masalah umum pada komputer atau notebook anda baik kerusakan hardware atau bahkan karena kerusakan OS (Trouble). Dengan langkah paling awal memahami lebih dahulu perkembangan hardware dan jenis chipset agar replace maupun repair bisa dengan spare part dan alat repair yang tepat. Selain itu supaya kualitas service bisa lebih bagus. Khusus yg bergerak di bidang teknisi komputer, perhatikan saat memasang komponen dengan nat yg tepat sehingga bisa mempermudah merawat NB (Notebook) untuk jangka panjang dan lebih awet, simak selengkapnya secara urut.

    Cara memperbaiki laptop yg lemot dgn mengenal lebih awal jenis kerusakan seperti akibat hardware maupun spare part pada komponen ukuran micro seperti chiptset. Laptop yang lemot juga bisa diakibatkan karena OS yg tidak linear dengan perangkat keras laptop. Kualitas setelah memperbaiki laptop tergantung dari kapasitas pengetahuan teknisi yang menangani dan jam terbangnya juga tergantung dari alat service yang digunakan. Jika laptop sudah bagus maka anda tinggal merawat secara berkala dan rutin agar tidak lemot, lelet, sering restart dan hang serta lainnya. Silahkan simak sampai selesai. (Update On 280720150237 at PC Desktop Extreme).

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access