Sub Kategori Spesifik : RESET PASS BIOS dan 13 artikel pendukungnya yg edukatif.

    PIN jumper untuk clear maupun reset cmos berbeda antara motherboard satu dengan yang lainnya, biasanya untuk laptop/notebook ada cara tersendiri dan lebih kompleks, tidak seperti motherboard pc desktop yang jumpernya biasanya tidak jauh lokasinya dengan ic-bios itu sendiri. Pin jumper ditandai dengan jumlah total biasanya ada 3pin, Yaitu pin 1-2 short untuk normal, dan pin 2-3 short biasanya untuk mode clear/reset, atau sebaliknya karena kadang berbeda, Namun biasanya ditunjukan di Mobonya detail jumpernya, hati-hati saat jumper dan teliti saat clear mode.

    Jika PC atau perangkat portable seperti laptop atau notebook mengeluarkan pesan CMOS Checksum Error maka artinya ada beberapa kemungkinan, ada yang karena drop baterainya sehingga tidak mampu simpan setting bios, ada yang memang rusak cell memory cemosnya, untuk lebih preventif bisa anda ganti dahulu baterai cmosnya, agar lebih aman dan jangan buru-buru otak-atik cmosnya.

    JIka saat booting komputer maupun laptop mengeluarkan pesan berkisar mengenai : bios rom checksum error maupun bootblock checksum failed dan sebagainya, maka itu pertanda bootloader bios rusak maupun terkena bug, bisa karena proses upgrade bios terhambat, bisa juga salah versi bios, Bagaimana mengatasi dan solusinya adalah dengan flash ulang bios dengan seri terbaru atau yang se-type, bisa dengan cara soft jika IC-Bios masih bagus, atau dengan cara hard high risk dengan mengganti IC-Bios sekaligus programnya.

    Jika komputer dalam kondisi blank saat dinyalakan tetapi fan cpu normal dan dengan cd dvd rom yang kedip berulang, maka ada beberapa kemungkinan, bisa karena bios rusak, bisa karena vga rusak, bisa karena ketidaksesuaian multiplier dan fsb, Solusinya yg pertama coba dengan vga normal dengan spek sesuai dengan motherboard, kemudian setting cmos dan bios default, kemudian restart. Jika setelah restart tidak ada perubahan, maka matikan CPU komputer sekitar 5-10 menit kemudian ganti dengan baterai yang baru, dan kemudian restart ulang, jika langkah dilakukan dengan tepat maka PC akan nyala normal kembali.

    Ketika anda mengganti baterai bios kemudian setelah melakukan setting tetap tidak bisa simpan settingan bios, itu tandanya cell memory cmosnya yang rusak atau bisa juga regulator cmosnya yang rusak, solusinya biasanya ganti ic-cmos bukan biosnya, namun untuk melakukan ini harus extra hati-hati dan dengan ketelitian karena bentuk pin sudah Bga, kira2 begitulah gmn dengan solusinya.

    CMOS itu Complementary Metal Oxide Semiconductor bentuknya itu seperti ic seperti kebanyakan, biasanya menggunakan pin kaki dengan jumlah genap kelipatan 2, untuk serinya variatif, untuk bentuknya ada yang persegi ada yang bujur sangkar, Untuk letaknya biasanya berdekatan dengan ic-bios, Namun untuk motherboard terbaru biasanya cmos sudah integrated dalam satu chipset ada yang mengumpul dengan regulator cmos ada yang mengumpul dengan BIOS. Jika CMOS trouble maka setingan bios atau diganti baterai seperti apapun tidak akan menyimpan.

    Cara reset konfigurasi BIOS baik pada notebook, laptop maupun PC. Untuk mengembalikan pengaturan awal maupun password sesuai dengan standar dan tipe bios pada motherboard itu sendiri.

    Dampak melakukan konfigurasi BIOS secara berlebihan yaitu : Bisa menyebabkan peripheral yang terpasang menjadi crash, PC menjadi kurang compatible dengan beragam OS, konfigurasi yang tidak tepat juga bisa menyebabkan ngelag, sering restart dan bahkan bisa blue screen. Perhatikan dan teliti saat akan meng-konfigurasi bios maupun me-reset pada settingan awal bawaan motherboard.

    Manfaat paling utama jika melakukan konfigurasi BIOS dengan tepat sesuai dengan spek, kapasitas peripheral maupun prosedur dan type bios adalah dapat memaksimalkan kinerja sistem PC secara keseluruhan. Karena BIOS bisa menempatkan komponen perangkat portable dengan IRQ yang tepat, sehingga compatible untuk beragam jenis OS.

    Fungsi dari baterai cmos pada komputer meskipun setiap motherboard memiliki karakteristik tersendiri adalah menyimpan konfigurasi BIOS. Sebagai acuan dasar sebelum masuk ke OS desktop. Serta menghindari terjadinya CMOS Checksum Error. Reset bios anda perlukan hanya jika pada kondisi tertentu saja saat membutuhkan kondisi default untuk menyesuaikan perangkat baru misalnya. Pilih baterai dengan voltage dan arus yg tepat dengan spek motherboard anda. Karena penggunaan baterai cmos ini selain memiliki manfaat utama juga ada dampak terutama jika terjadi arus dan tegangan berlebih. Simak selengkapnya, semoga referensi yang singkat dan sederhana ini bisa menambah wawasan positif dan aplikatif untuk anda.

    Cara mudah dan cepat untuk clear CMOS atau Reset BIOS meskipun setiap motherboard memiliki karakteristik tersendiri. Yaitu bisa menggunakan jumper maupun dengan mencopot baterai cmos saat cpu dimatikan. Lakukan ini dengan sangat hati-hati dan lakukan reset bios anda jika diperlukan saja. Karena selain aktifitas ini memiliki manfaat dalam mengembalikan konfigurasi bios ke bentuk default juga ada dampak jika dilakukan secara berlebihan. Simak selengkapnya semoga referensi singkat dan sederhana ini bisa menambah wawasan yg lebih positif dan aplikatif.

    Definisi peranan dan jenis-jenis jumper pada komputer meskipun setiap motherboard memiliki karakteristik tersendiri. Definisi jumper merupakan gate penghubung dua kutub konduktor berdekatan atau berbeda jarak fungsinya untuk menghubungkan langsung atau sebagai alternatif konduktor tanpa melewati apa yg seharusnya. Jenis jumper sendiri ada yang sifatnya permanen dan ada yang bersifat temporer bisa di buka tutup. Jumper pada MB PC contohnya bisa digunakan untuk reset bios maupun cmos jika diperlukan. Karena melakukan jumper selain ada manfaat untuk efektifitas juga ada resikonya.

    Cara mengatasi BIOS yang terpassword sebenarnya umum meskipun setiap motherboard memiliki karakteristik tersendiri pada pengaturan dan konfigurasi BIOS. Reset bios anda perlukan hanya jika anda membutuhkan konfigurasi spesifik pada peripheral baru atau setting lain tapi lupa password dan terkunci. Karena selain memiliki manfaat melakukan reset bios yg terpassword juga ada dampak melakukan reset bios jika berlebihan. Untuk mengatasi bios yg terpassword bisa dengan melepas baterai cmos dan juga dengan jumper yg disediakan di motherboard. Bagi yg memahami debug melalui DOS prompt reset bisa dilakukan tanpa bongkar dan jumper pin motherboard.

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access