Sub Kategori Spesifik : PENYEBAB PC RESTART dan 27 artikel pendukungnya yg edukatif.

    Komputer kalau bunyi ngorok biasanya karena fan HDD atau processor yang kotor atau bahkan over rotate biasanya karena processoer overheat. Kalau dibiarakan begitu saja maka bisa menyebabkan sering restart mendadak alias ujug-ujug. Selain itu suhu yang panas karena kipas ngorok bisa menyebabkan vga dan motherboard menjadi lemah dampaknya OS jadi lambat loadingnya dan supaya pc optimal harus segera diperbaiki dan pastikan tidak ada ram timpang karena kalau perangkat sudah bagus ram jelek maka sering nggajet-nggajet.

    RAM yang timpang kadang bisa menyebabkan PC menjadi gagal start, meskipun sebelumnya normal, cara mudah mengatasinya yaitu : dengan menggunakan RAM baik SD maupun DDR yang sejenis baik FSB maupun kapasitasnya, terutama jika motherboard anda men-support dual chanel, komputer anda akan lebih gegas dari biasanya dan proses starting bisa lebih singkat. silahkan cek dan coba tips ini.

    Faktor utama yang paling signifikan menyebabkan komputer mati total adalah dari sisi hardware dan biasanya dominan pada processor maupun PSU-nya, maupun perpheral lain seperti vga, dan biasanya jika sudah terlampau serius yang terkena adalah southbird dan northbirdnya, silahkan untuk lebih lengkap bisa simak langkan diagnosanya, dari awal cek sampai selesai, terutama pada bagian komponen yang overheat.

    Cara mengatasi motherboard komputer yang terlalu panas pada bagian southbird dan northbirdnya, dengan memasang store age sesuai dengan kapasitas dan jenis interface serta memilih vga dengan multiplier yang cocok dengan angka FSB yang terdapat pada slot vga card motherboard. Atau jika dengan prosedur ini sudah terpenuhi, maka bisa dengan langsung cek sumber catu daya PSU, karena biasanya PSU yang di cek dengan Avometer memiliki tegangan normal pada AC 220 dan output 12v, 5v, 0.3v, 1.5V, tapi ternyata ampere tidak memenuhi standar, jika hal ini terjadi cek Travo ACMATIC pada PSU dan Bridge pada motherboard disebelah socket processor, jika ada tanda-tanda kurang wajar bisa anda replace jika memungkinkan.

    Langkah Dasar dalam Menangani bagian-bagian Komputer yang cepat Rusak antara lain : vga, ram, cpu, psu, Cara mengatasinya adalah : melakukan cek peripheral terutama pada catu daya dan liniearitas komponen.

    Cara supaya komputer awet dan tidak cepat rusak diantaranya merawat hardware untuk meminimalisir agar komputer tidak sering restart. Selain itu : memasang software atau aplikasi yang tepat dengan komposisi peripheral yang digunakan. Terutama processor, vga dan ram. Gunakan PSU dengan daya atau watt yang sesuai dengan motherboard. Karena hdd juga komponen yang krusial menjadi penyebab komputer cepat rusak jika dialiri tegangan dan daya yang tidak sesuai kapasitasnya. Simak selengkapnya supaya komputer anda tidak cepat rusak dan optimal untuk bekerja, stabil dan tidak sering restart sendiri. Update at 2041-1804-2017 on PC-Desktop.

    Untuk memilih RAM komputer sebaiknya sesuai dengan jenis socket motherboard supaya tepat dan linear. Terutama jika MB anda adalah berjenis dual chanel, karena pemilihan yang tepat sekaligus linear dapat meminimalisir dampak keseringan restart maupun blue screen maupun blank total, Ram yang linear akan meningkatkan kecepatan akses antara processor dengan bridge pada motherboard, sehingga waktu loading semakin gegas.

    Mengurangi beban catu daya PSU dengan memasang komponen maupun peripheral yang linear, maupun mengontrol sirkulasi udara dalam cpu, merupakan salah satu dari beberapa cara untuk PSU komputer agar awet. Jika PSU tidak terlampau panas, maka komputer lebih stabil dan tidak mudah restart.

    Dengan mengurangi suara bising pada komputer bisa meminimalisir getaran pada heatsink dan fan yang kadang bisa menyebabkan kelonggaran processor dan heatsink yang bisa menjadi terlalu panas, dan dengan mengurangi bising komponen dalam cpu bisa lebih awet karena silent dan stabil penempatannya.

    Penyebab utama PC blue screen atau black tidak ada tampilan atau bahkan sering ngelag, sehingga tidak lancar penggunaannya dengan cek kompatibilitas komponen.

    Processor yang overheat akan mengeluarkan suhu terlalu tinggi yang akan terdeteksi oleh sensor suhu yang kemudian ditransmisikan ke BIOS sebagai beep atau tanda bahwa processor tidak layak bekerja, dalam kondisi ini chip BIOS akan memutus IRQ (Interupt Request) secara mendadak.

    Jika anda memilih RAM maka perhatikan jenisnya dari slot motherboard single atau dual chanel, proporsionalitas pemilihan dan kecocokan keduanya dengan mainboard akan mengoptimalkan kinerja PC dan tidak menyebabkan komputer sering restart mendadak.

    Efek yg ditimbulkan pada konfigurasi PC yg tidak sesuai selain sering restart juga kinerja pc kurang optimal. Cek konfigurasi utama hardware terutama pada motherboard maupun processor yg digunakan. Serta gunakan RAM maupun VGA yg tepat. Sehingga jika OS sudah stabil pasti PC compatible untuk beragam aplikasi.

    Cara utama untuk menjaga processor agar tidak cepat panas alias overheat. Yaitu memastikan linearitas konfigurasi hardware pada RAM kemudian VGA dan Motherboard. Karena komponen ini paling signifikan menyebabkan processor overheat. Jika sudah overheating biasanya OS sering restart. Simak supaya PC Optimal dengan hardware standar sekalipun.

    Supaya heatsink (pendingin) maksimal dalam menyalurkan suhu berlebih maupun menghantarkan panas lebih cepat maka bisa menambahkan thermal paste silicon, karena tambahan ini bisa menutup celah mikroskopis udara dan mempercepat merambatkan panas sehingga mengurangi panas processor, seperti CPU/GPU.

    Cara mengetahui penyebab komputer yang cepat panas, pada bagian hardware seperti processor, RAM, Vga, maupun pada southbird dan northbird motherboard.

    Cara mengurangi panas yang berlebihan pada komputer bisa dengan menambahkan fan atau heatsink pada komponen vital seperti GPU Vga, Processor maupun pada southbird dan northbird motherboard, Karena bagian ini adalah yang paling memicu PC cepat sekali panas. Atau bisa juga membersihkan fan dari debu yang mungkin menumpuk, sehingga mengganggu sirkulasi udara di CPU.

    Cara mengatasi laptop hang yg pertama hard restart, jika masih tetap maka cek hardware yg memicu penyebabnya : processor terlalu panas, ram nuked alias sekarat, vga overheat, komponen motherboard ada yang soak dan angus contohnya cpacitor melenthung bocor, resistor hangus. Periksa juga HDD led nyala kedip apa monoton? kalau monoton berarti bad sector. Cek PSU adaptor dan charger kalau panas banget dan kalau lagi ngecas baterai penuh tapi sebentar aja drop ya bisa dari sini penyebabnya. Kalau perangkat keras sudah dicek semua tinggal instal ulang OS dan software aplikasi dengan yg fresh sehingga laptop optimal berhubungan dengan OS : sering hang, bikin laptop sering restart. Update 280720150622 on Laptop Hp Compaq C420.

    Lag maupun ngelag memiliki pengertian yang bisa didefinisikan sebagai proses cache shadowing yang terhambat atau deadlock, jadi pada saat processor sedang meminta data dari memory storeage maupun ram, rom, prosesnya terhambat dan dalam satu waktu (One Cycle) banyak proses yang menunggu yang ber-arti harus dikerjakan processor secara simultan, dan sudah mencapai batas waktu, Sehingga dalam waktu bersamaan data cache yang seharusnya diterjemahkan processor sebagai output matang menjadi deadlock / interrupted, Sehingga kadang tampilan di layar monitor bisa : tiba-tiba keluar dari aplikasi utama, tiba2 macet, tiba-tiba restart, Etc. Proses ini lazim dan biasanya diistilahkan ngelag. Proses ini hampir identik dengan Hang, Namun jika prosess hang, CPU benar-benar deadlock dan proses yang terhambat adalah pada result utamanya. Kalau secara umum ngelag itu supaya lebih mudah dipahami, proses keluarnya suatu aplikasi dari frame utama tanpa diberi perintah. Kalau proses hang, aplikasi benar-benar berhenti karena interrupt yang salah atau tidak sesuai dengan alokasi memory, penyebabnya bisa karena program crash, bentrok antara program yang seharusnya diprioritaskan dan dikerjakan procesor dihentikan oleh proses lain yang sebenarnya tidak ter-jadwal di ROM maupun cache untuk ditugaskan ke processor.

    Cara mengatasi dampak kerusakan cpu komputer yang menyebabkan monitor menjadi blank screen maupun black screen, dengan mencari faktor utama yang menyebabkan komputer mendadak ngelag maupun overheating.

    Cara mengatasi processor overheat sampai kepanasan yaitu cek penyebabnya : apakah karena penggunaan waja atau overclock, Jika overclock turunkan dan sesuaikan mutiplier dan fsbnya, jika kondisi normal tetap panas apalagi kepanasan, cek dahulu PSU apakah tegangan 12v 5v 3v 1.5v normal, jika normal maka cek heatsink dan pastanya, kalau sudah ok kemudian cek FAN dan ketebalan debu.

    Komputer kalau sering ngelag coba untuk pertama kali cek processor dan vga mungkin overheat, kenapa? ya - karena dua komponen ini yang kadang sudah bagus saat booting dan masuk OS tapi nanti kalau sudah masuk aplikasi maupun game 3d biasanya baru kerasa ngelag. Simak selengkapnya faktor utama yang paling membuat pc sering restart bahkan ngelag, sekaligus cek motherboard bahkan service pack OS yang digunakan, serta cara mengatasinya agar pc lebih optimal dan lebih stabil. Terima kasih atas kepercayannya. Hope it help.

    Kalau komputer hidup dan mati sendiri padahal dibiarin aja maka coba hard reset pada hardware yg biasanya bermasalah antara lain : processor yang overheat, ada kombinasi RAM dipasang tidak seimbang baik dari sisi FSB dan channel serta kapasitasnya, fan vga card macet akibatnya panas berlebihan, komponen elektronik motherboard ada yang bocor atau hangus seperti capacitor resistor, PSU drop akibat beban yg berlebihan pada mainboard, dan HDD terkena bad sector juga bisa parah menyebabkan komputer hidup mati sendiri. Selain itu anda bisa coba di sisi software dengan instal ulang OS yg masih fresh. Usahakan melakukan perawatan rutin agar komputer lebih optimal dan preventif kedepannya.

    Kalau komputer booting terus padahal gak diapa-apain maka coba hard restart mungkin masalah ada di software atau OS butuh refresh. Kalau ternyata masih tetap maka cek hardware yg biasanya bermasalah antara lain : processor yang terlalu panas, ada 2 RAM dipasang tidak seimbang baik dari sisi FSB dan channel serta kapasitasnya, fan vga card macet akibatnya overheat, komponen elektronik motherboard ada yang bocor atau hangus seperti capacitor resistor, PSU ngedrop akibat beban berlebihan di mainboard, dan HDD kena bad sector itu juga penyebab terparah komputer booting trus. Lakukan perawatan rutin supaya komputer anda optimal dan lebih preventif.

    PC yang sering reload maupun restart sendiri penyebabnya beragam. Mengapa tidak anda cek satu persatu saja mulai dari yang pertama adalah processor overheat, kemudian VGA. Karena kedua komponen ini lazimnya menjadi penyebab komputer suka restart sendiri. Langkah selanjutnya, cek komposisi dan keseimbangan jumlah RAM karena jika timpang nilai FSB maupun clocknya, juga bisa jadi pemicu utama motherboard maupun system pc keseluruhan jadi kurang optimal. Simak selengkapnya, Hope it help fully.

    Cara mengatasi komputer restart sendiri dari dua jenis penyebab kerusakan di sisi hardware dan software. Yang paling sering menjadi biangkeladi komputer restart sendiri adalah processor yg overheat, RAM yang tidak seimbang kapasitas dan mode channel, card vga terlalu panas, komponen elektronik motherboard rusak biasanya capacitor ada yg bocor atau aus, dan yang paling terasa adalah hdd kena bad sector. Selain itu ada yg lebih vital lagi adalah PSU (Power Supply Unit). Silahkan simak selengkapnya penyebab komputer restart dan cara mengatasinya sendiri dengan referensi terbaru ini. Cara ini juga bisa dipakai untuk : komputer sering hang dan restart terus menerus. Update Ph 280720150937 Hp Compaq 420.

    Cara mengatasi komputer restart sendiri reboot ataupun hang karena kerusakan hardware berawal dari processor overheat. Selain itu juga ada pada bagian motherboard yg cukup vital seperti onboard vga yg kadang menyebabkan OS blue screen. Simak sampai konfigurasinya hingga pc optimal baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access