Sub Kategori Spesifik : MEKANISME DASAR PROSES DEFRAG OS dan 12 artikel pendukungnya yg edukatif.

    Defrag memiliki pengertian sebagai mekanisme fragmentasi file sesuai dengan alfabet, digit, deret, cluster tertentu sesuai dengan kapasitas hard disk, supaya file lebih rapi.

    Bagian inti dalam Hardisk Keping Piringan Magnetis pada HDD adalah Track, Sector dan Cluster.

    Manfaat defrag/defragmentasi : Mempercepat proses pembacaan data hardisk, karena dengan defrag file tersusun terpusat sesuai dengan digit alfabet.

    Dampak terlalu sering melakukan Defrag : HDD akan lebih cepat panas, Bisa menimbulkan Bad Shadow (Bad Marking), Bisa mempengaruhi firmware HDD. Selengkapnya efek melakukan defragment!

    Kalau defrag itu selain melakukan scan pada disk juga mengurutkan file (Shorting), Tapi kalau scandisk hanya melakukan cek pada cluster dan track saja dan menandai bad sector. Kiranya sih itu bedanya, untuk apa saja yang ada di dalamnya silahkan simak.

    Definisi scandisk, Defrag akan melakukan cek track sector cluster hardisk dan merapikan struktur file, Scandisk hanya melakukan cek pada track sector cluster tanpa merubah struktur file.

    Selain kelebihan defrak memiliki resiko jika terlalu sering dilakukan pada harddisk (HDD), antara lain : menurunkan rotasi hdd, mengurangi umur hdd, menimbulkan bad shadows, mempengaruhi firmware hdd. Silahkan simak selengkapnya.

    Komputer membutuhkan defragment karena dengan defrag maka cluster dan partisi harddisk (hdd) akan tepat dalam menempatkan file secara simetris sesuai susunan (shortlisted). Namun defrag juga memiliki dampak yang perlu diperhatikan, simak saja selengkapnya.

    Ya benar defrag bisa mempercepat kinerja komputer tapi jika berlebihan akan MEMPERPENDEK UMUR HARDISK! Karena proses defrag akan memperkeras kinerja bagian mekanik hardisk. Manfaat utama setelah hardisk di defrag memang membuat processor lebih cepat membaca dan mengakses data di hardisk tapi ada dampak negatif yang ditimbulkan, dan sebaiknya untuk maintenance cukup scandisk saja karena lebih aman untuk umur hardisk.

    Karena bagian inti hardisk dipaksa bekerja lebih keras daripada sekedar scandisk itulah alasan mengapa defrag bisa mengakibatkan hardisk cepat rusak. Selain dampak negatif, defrag juga bermanfaat positif merapikan file dan folder yang berserakan secara alfabet. Baca ulasan ini dan terserah mau didefrag atau gak itu hak dan pilihan anda loh.

    Pengertian dan definisi Track adalah lintasan harddisk dan jika diilustrasikan pada buku tulis maka track adalah garis tempat dimana pijakan anda menulis huruf. Sedangkan sector merupakan jumlah lintasan yang terdapat dalam sebuah track, kalau Cluster adalah banyaknya lintasan yang terdapat dalam sector, Simak selengkapnya untuk referensi lebih lengkap pengertian defrag sebagai bagian proses fragmentasi isi hardisk tersebut yang memiliki manfaat maupun dampak dan cara kerja yang berbeda dengan proses scandisk. Semoga bermanfaat positif dan aplikatif.

    Cara perawatan komputer anda dengan disk defragmenter memang cukup bagus tapi kalau bagian hardisk belum terisi penuh file. Tapi kalau sudah ada banyak files di hardisk anda sebaiknya pakai scandisk saja. Karena defrag selain memuat manfaat untuk untuk merapikan file di HDD tapi juga mengandung dampak yg ditimbulkan dalam jangka pendek dan panjang. Simak selengkapnya mulai dari pengertian defrag terlebih dahulu. Sehingga nanti lebih mudah dipahami bagaimana langkah yang pas untuk perawatan komputer anda sesuai dengan spek perangkat yg digunakan.

Statistic And Geographics


Simple Content For Fast Access